home Stories 4 Kuliner Surabaya yang Siap Manjain Lambungmu

4 Kuliner Surabaya yang Siap Manjain Lambungmu

Surabaya memang istimewa. Makanya, kota ini juga dijuluki Kota Pahlawan. Selain menjadi tempat lahirnya banyak pahlawan Indonesia, Surabaya juga istimewa karena kulinernya, lho.

Berani jamin, deh, abis baca artikel ini kamu pengen langsung cus ke Surabaya. Siap? Berikut kuliner Surabaya yang bikin kamu auto-ngiler.

Rujak Cingur

Dosa besar kalau udah sampe sini nggak nyobain kuliner yang ada lirik lagu Rek Ayo Rek ini. Makanan yang berbahan dasar hidung sapi ini sudah menjadi kuliner Surabaya yang khas.

Kuliner yang sepintas mirip gado-gado ini sangat mudah ditemukan di banyak tempat. Tapi ada satu tempat makan rujak cingur yang wajib kamu kunjungi saat berada di Surabaya.

Yakni, Warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berada di jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Rasa khas yang ada dari rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari empunya warung yaitu Nyonya Giok Tjoe.

Pecel Rawon

Nggak ngapusi rek (artinya: nggak bohong bro) ini kuliner Surabaya yang “jahat” banget! Kenapa? Soalnya, bikin nagih! Nasi beserta sayuran yang disiram bumbu kacang pecel kemudian disiram lagi dengan kuah dan daging dari rawon jadi ‘perkawinan’ yang pas untuk memulai hari.

Kuliner Surabaya ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. Nikmat tiada tara!

Nggak mau kan momen menikmati kuliner Surabaya ini lenyap begitu saja? Abadikan dengan iPhone 11 series-mu. Untuk kamu yang mager bawa kamera macem-macem, kamera iPhone 11 series bisa jadi andalan selama traveling or food hunting.

Dengan baterai sebesar 3110 mAh, iPhone 11 akan bertahan hingga 17 jam penggunaan normal, dan 10 jam pemutaran video yang terus-menerus. Jadi aman banget petualangan ke mana aja!

Sedangkan iPhone 11 Pro dapat bertahan 4 jam lebih lama dan iPhone 11 Pro Max 5 jam. Hal tersebut karena 11 Pro dibekali baterai 3190 mAh dan 11 Pro Max 3500 mAh. Jadi aman banget dipakai motret makanan dan momen seru selama jalan-jalan.

Semua gadget keren dan aksesoris lainnya bisa kamu temukan di retail Urban Republic, Erafone, iBox atau klik www.eraspace.com ! Nikmati beragam penawaran dan promo cashback lain dengan menjadi member Eraclub.

Dapatkan poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.

Lontong Balap

Tenang, meskipun namanya ‘balap’ kamu nggak disuruh cepet-cepetan makan, kok.
Disebut dengan lontong balap karena dahulu para pedagang lontong berjualan pada satu tempat dengan bergantian ketika menggunakan peralatan, dan pengen cepat selesai yang macem orang “balapan”.

Lontong dicampur dengan bahan rebusan lain seperti tahu, toge, kuah, kecap manis, kerupuk dan pelengkap lainnya seperti makanan lontong balap khas surabaya yang satu ini. Rasanya nikmat, cocok dijadikan ganjal perut.

Salah satu yang terkenal adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Telah berjualan lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap Warung Pak Gendung tetap terjaga.

Lontong Kupang

Masih dari keluarga lontong, tapi bukan Cak Lontong (apaan sih?!). Makanan yang sumber karbohidratnya dari lontong ini berasal dari Sidoardjo ini dipadukan dengan kupang putih.

Kupang putih ini hewan laut seperti kerang. Hewan ini berukuran kecil seperti beras.
Kupang hanya bisa ditemukan di pesisir timur Jawa Timur khususnya di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan sehingga kuliner ini menjadi ciri khas tersendiri di Jawa Timur.

Menukil IDN Times, Kupang merupakan sumber asam amino esensial yang baik. Kupang memiliki 17 asam amino. Dimana 10 diantaranya ialah asam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh, antara lain : treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin. Asam amino esensial tidak berasal dari tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan sehari-hari.

Jelajahi kuliner khas Surabaya bersama BMW X3! Memperingati “Year of The X”, generasi ketiga dari BMW X3 pun akhirnya resmi diperkenalkan kepada publik Tanah Air pada 11 Januari 2020 lalu.

Model terbaru garapan BMW ini hadir sebagai Medium Sport Activity Vehicle (SAV) dan mengusung konsep desain yang sangat cocok untuk dikendarai di dua medan jalan, yaitu on-road dan off-road. Hmmm, ke mana pun liburannya, bisa tuh libas jalan pakai BMW X3.

BMW X3 memiliki desain yang lebih tajam dan sporty. Perubahan sangat terlihat pada bagian lampu-lampunya dari yang sebelumnya membulat kini menjadi lebih memanjang dan menyipit tajam serta dilengkapi dengan teknologi LED.

Senada dengan bagian eksterior, bagian kabin SAV buatan Jerman ini juga menawarkan kesan yang begitu mewah dan futuristik.

Kali ini BMW X3 akan mengusung sistem full AI operation BMW X3 menghadirkan navigasi opsional versi terbaru dari teknologi iDrive. Dengan layar sentuh canggih instrumen opsional 8,8 inci atau layar 12,3 inci dan tampilan interface yang lebih intuitif yang merespons sentuhan, perintah suara, atau Kontrol Gesture opsional, membuat mengendarai BMW semakin nyaman. Kunjungi dealer BMW terdekat dan nikmati road trip nyaman dengan BMW!