Tips Olahraga Saat Berpuasa Biar Nggak Lemes
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips, Stories Tips Olahraga Saat Berpuasa Biar Nggak Lemes

Tips Olahraga Saat Berpuasa Biar Nggak Lemes

Jika Ramadan sebelumnya kita biasa menghabiskan waktu dengan ngabuburit, berburu takjil atau nongkrong sambil nunggu tarawih.

Tapi karena ada himbauan physical distancing di tengah pandemi, kenapa nggak mengisi waktu dengan olahraga?

Sejatinya olahraga memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk kesehatan fisik, exercise dapat membuat hormon endorfin meningkat dan membuat perasaan bahagia.

Namun olahraga saat puasa perlu memperhatikan waktu dan jenis olahraga, asupan makan dan minum, hingga waktu istirahat.

Berikut tips olahraga anti-lemas saat berpuasa yang bisa kamu coba. Sila disimak!

Olahraga setelah sahur atau sebelum buka?

Nggak ada aturan
saklek soal waktu olahraga saat berpuasa. Namun hindari berolahraga setelah
sahur ketika menunggu imsak atau adzan Subuh. Karena kamu nggak punya waktu
untuk menggantikan cairan yang hilang selama exercise.

Berolahraga sebelum
buka jadi opsi yang banyak diambil orang untuk berolahraga. Hanya saja olahraga
sebelum buka puasa bisa bikin lemas karena sisa energi yang tinggal sedikit.

Terus kapan dong
waktu yang aman buat olahraga? Olahraga setelah berbuka jadi pilihan yang
paling aman. Tapi jangan diforsir juga, lho. Lari di tempat, naik tangga, atau
sepeda statis bisa jadi pilihan untuk olahraga kardio.

Sebenarnya sah-sah aja olahraga sebelum buka. Namun jangan terlalu memaksa diri dengan latihan kardan waktu olahraga disarankan nggak lebih dari 30 menit.

Perhatikan menu sahur dan buka puasa

Untuk menjaga kandungan energi dalam tubuh, kamu juga harus menjaga asupan gizi saat sahur dan berbuka.

Seperti halnya mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks dan dilengkapi dengan makanan berprotein dan lemak sehat.

Nah, ketimbang nasi putih dan turunannya seperti nasi uduk, nasi goreng, maka pilih nasi merah dengan lauk plus sayur dan buah. Sayur dan buah berserat tinggi yang lambat dicerna tubuh.

Asupan makanan itu
bisa kalian konsumsi baik ketika makan sahur maupun malam hari untuk berbuka
puasa. Untuk mencukupi kebutuhan sayur dan buah dalam satu hari, meskipun
sedang menjalani puasa, seseorang setidaknya butuh 3-5 porsi buah-buahan juga
sayur-sayuran.

Mudahnya porsi porsinya dapat diatur untuk buah, satu porsinya bisa berupa 1 buah apel atau 1 buah jeruk juga pisang. Bisa juga satu porsi itu terdiri dari 10 buah anggur, dan sebagainya.

Sementara untuk sayuran misalnya sejumlah kacang-kacangan, salad sayur, lalapan, dan sebagainya. Hmmmm, sederhananya saat sahur maupun buka harus ada sayur dan buah-buahan.

Mencoba exercise baru

Himbauan physical
distancing membuat kita harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, termasuk
olahraga. Nah, untuk kamu yang terbiasa jogging, futsal, badminton, atau
olahraga berat lainnya, kamu perlu mencoba olahraga yang baru di rumah.

Sekarang banyak
banget channel olahraga di rumah yang bisa kamu akses gratis hanya dengan
bermodal internet. Seperti Blogilates, POPSUGAR Fitness, SKWAD Fitness, dan
masih banyak banget!

Melakukan hal baru
selama karantina juga hal yang baik saat karantina, lho. Mengakses video sambil
olahraga bakal terbantu banget dengan tablet Apple Ipad 7.

Dilengkapi layar
Retina 10,2 inci yang lebih besar performa luar biasa dari chip A10 Fusion
bikin iPad 7 jadi teman yang seru untuk olahraga di rumah. Teknologi layar
Retina Apple juga membantumu melihat layar dari sudut mana pun. Jadi nggak
perlu ubah posisi iPad 7!

Tablet iPad 7 juga
kompatibel dengan smart keyboard dari Apple, Apple Pencil, dan stick bluetooth
PlayStation 4! Jadi makin nyaman nge-game di iPad 7! Dengan kekuatan baterai
hingga 10 jam, kamu dapat mengakses banyak hal dengan sekali pengisian daya.

Biar olahraga tambah semangat, mendengarkan lagu atau podcast jadi opsi yang bisa kamu terapkan. Olahraga setelah berbuka tambah seru ditemenin Apple Airpods Pro!

Sebagai penyempurnaan Airpods generasi sebelumnya, Apple menambahkan earbuds agar saat dipakai olahraga atau aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi, earphone tidak mudah jatuh.

AirPods Pro adalah satu-satunya headphone in-ear dengan Peredam Kebisingan Aktif yang terus beradaptasi di telingamu yang pas dikenakan. Peredam suara ini berfungsi untuk mencegah masuknya suara dari luar supaya suara yang dihasilkan jadi lebih fokus.

Minum air mineral yang cukup

Selain makanan,
tubuh juga membutuhkan cairan agar tak dehidrasi. Pastikan saat sahur dan
berbuka kamu mengkonsumsi air putih yang cukup. Yup! Kalian bisa mencoba pola
2-4-2 (dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas
saat sahur).

Tidak hanya air putih lho, kalian juga bisa mengonsumsi buah-buahan atau yogurt untuk menambah asupan cairan. Hindari minuman berkafein dan soda saat puasa ya!

Karena keduanya bisa bikin kamu kafein dalam kopi, minuman bersoda, maupun teh yang dikonsumsi 3-6 jam sebelum tidur dapat membuat kalian sulit tidur.

Perhatikan waktu tidur

Untuk menjaga tubuh tetap prima saat bulan Ramadan, waktu tidur harus cukup. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari.

Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap agar tetap sehat.

Kamu bisa membuat
schedule kegiatan selama sehari yang sesuai agar waktu istirahat tetap terjaga
di bulan Ramadhan. Kalian juga bisa memasang alarm agar dapat bangun tepat
waktu.

Itu tadi tips biar nggak lemas saat berolahraga di bulan puasa. Semua gadget lifestyle yang kamu butuhkan tersedia semua di www.eraspace.com

Eraspace adalah lifestyle dan smart retailer terbesar di Indonesia yang memberikan pelayanan istimewa melalui pengalaman terintegrasi dengan retail Erajaya Group (Erafone, iBox dan Urban Republic).

Dengan Eraspace kamu bisa belanja produk original dan bergaransi dengan berbagai metode pembayaran, dan bebas biaya pengiriman.

Nikmati juga Home
Delivery Service EraXpress di berbagai daerah di Indonesia dengan pemesanan via
nomor Whatsapp di Jabodetabek (0877 3018 8777), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa
Timur (0877 3018 8808), Bali, Sulawesi, Kalimantan, Ambon dan Kupang (0877 3018
8818), Area Sumatra (0877 3018 8800) dan produk akan diantar langsung oleh kurir
Eraspace ke depan rumah kalian dengan tetap menggunakan standart kebersihan dan
sanitasi yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus. Untuk pertanyaan
seputar informasi produk dan e-catalog hubungi Erica, asisten virtual Eraspace
di 0812-9077-7722.