home Kurio Tips Tips Bersihin Smartphone dari Kuman dan Bakteri

Tips Bersihin Smartphone dari Kuman dan Bakteri

Mengkonsumsi makanan sehat dan rutin mencuci tangan jadi hal yang wajib dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19. Kalau udah rajin cuci tangan, gimana dengan smartphone yang hampir setiap saat selalu digenggam? Hmmmm, pasti banyak yang lupa, deh. But it’s okay.

Fyi, melansir informasi dari The Huffington Post, bagian luar handphone bisa mengandung hingga 33,200 CFU (colony-forming units/unit pembentuk koloni) bakteri. Pegangan pintu kamar mandi aja pada umumnya hanya memiliki 4 CFU. It means, smartphone itu jorok banget!

Yang jadi biang penyakit biasanya perpindahan bakteri, baik dari satu benda ke ponsel Anda (dan sebaliknya) atau pinjam-meminjam ponsel. Yuk, rutin bersihin bagian luar smartphone-mu!

Yang kamu butuhkan hanya kain tanpa serat seperti kain kaca mata, cotton bud, air mineral, alkohol, dan screen protector baru (in case kalau kamu menggunakannya)

Jangan menggunakan tissue karena tissue memiliki serat yang bisa menggores layar smartphone! Oh ya, hindari juga penggunaan air keran. Karena air keran mengandung bakteri dan residu bahan kimia dan bisa meninggalkan lapisan (film) di permukaan layar ponsel.

Menukil informasi dari Hellosehat.com, ini yang harus kamu lakukan:

  1. Mematikan smartphone dan lepas casing tambahan.
  2. Lepas screen protector jika kamu menggunakannya. Tapi kalau layar smartphonemu sudah retak, mending nggak usah dilepas. Bisa-bisa layar smartphone retaknya semakin merata.
  3. Mulai bersihkan badan plastik ponsel dengan alkohol. Jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari lapisan cat ikut terkikis! Permukaan baterai ponsel aman untuk dibersihkan dengan alkohol.
  4. Bersihkan bagian besi pada bodi smartphone dengan cotton bud yang telah dicelupkan alkohol.
  5. Untuk membersihkan bagian kamera belakang dan flash, gunakan cotton bud yang dicelup air bersih dan gosok dengan gerakan memutar. Begitu lensa kering, segera keringkan dengan sisi lain dari cotton bud supaya nggak mengering dan membekas di lensa.
  6. Basahi sedikit kain lap kacamata, namun tidak sampai basah menetes. Usapkan lap tersebut di sepanjang layar dengan gerakan satu arah dari atas ke bawah. Gerakan ini akan menghindari kuman menyebar ke sisi lain ponsel. Jangan mengusap dengan gerakan memutar karena akan menggores layar ponsel.
  7. Untuk kamu yang layar ponselnya retak, hati-hati saat mengusap bagian layar. Bisa-bisa layarnya makin retak. Cukup hati yang retak, layar hp jangan. (lha?)
  8. Jika melepas screen protector, pasang kembali yang baru sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di label produk. Terus beli di mana screen guardnya? Tenang, klik Eraspace.com aja!

Saat begini penting banget buat nggak keluar rumah kalau nggak penting-penting amat. Untunya ada Eraspace.com, kamu bisa beli screen protector dari rumah!

Kunjungi www.eraspace.com, dan pilih screen protector yang kamu butuhkan. Kerennya lagi, Eraspace lagi ada gratis ongkir ke seluruh Indonesia!

Gratis ongkir ini tanpa minimum transaksi dan maksimum berat untuk setiap transaksi di eraspace.com dan maksimal Gratis Ongkos Kirim Rp.100.000 kalau belanja iBox.co.id. Program Gratis Ongkos Kirim ini berlaku sampai dengan 31 Maret 2020.

Setelah memasang screen protector, kamu bisa membersihkan dulu casing tambahan smartphone dengan tissue yang diberi sedikit alkohol. Sehingga casing bisa lebih steril.

Biar belanja gadget makin untung kamu kamu bisa ikutan member Eraclub. Enaknya jadi member, kamu berhak mendapat banyak penawaran belanja gadget menarik lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa dapetin poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.

Nggak ketinggalan juga ada Cicilan 0% hingga 24 bulan untuk kartu kredit dan cicilan tanpa kartu kredit. Selain smartphone dan aksesorisnya, Erajaya Retail Group juga menyediakan lifestyle technology dan Internet of Things (IoT) produk, seperti wearable products, drone, action camera, robotic, ecosystem smarthome, yang kamu butuhkan kalau lagi work from home, nih!