home Kurio Tips, Stories Mengapa Mengenalkan Gadget Pada Anak Itu Penting

Mengapa Mengenalkan Gadget Pada Anak Itu Penting

Smartphone atau gadget lainnya makin hari makin sering digunakan oleh anak-anak, bahkan balita. Tampilan bercahaya dan bergerak sangat menarik untuk anak-anak. Nggak jarang kita melihat anak di bawah umur namun piawai dalam gim e-sport.

Mempertimbangkan kepribadian yang belum matang dan tumbuh kembang anak, sebenarnya boleh nggak, sih, memperkenalkan gawai pada anak?

Perkembangan teknologi, terutama teknologi komunikasi seperti handphone semakin hari semakin canggih. Semakin banyak fitur menarik yang dihadirkan oleh para pelaku pasar digital. Ponsel pintar pun seketika menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang, bahkan anak-anak.

Menukil survei Babies.co.uk, 55% orang tua membiarkan anak bayi mereka menggunakan HP atau gadget. Padahal membiarkan anak bermain HP dengan bebas bisa menimbulkan dampak negatif, di antaranya membuat hubungan orangtua dan anak menjadi renggang.

Papa mama pastinya pengen yang terbaik untuk anak, kan? Pengenalan gadget pada anak memiliki dampak berbagai dampak positif. Menekan tombol keyboard atau menggerakkan mouse pada laptop akan mempercepat perkembangan motorik dan melatih mengkoordinasikan tangan serta mata anak.

Orang tua di rumah bisa, nih, melatih kemampuan motorik anak dengan games Belajar Bentuk + Suara. Gim besutan Solite Kids ini memiliki konsep membantu anak agar memahami bentuk benda yang juga dilengkapi dengan suara. Game ini diperuntukan untuk anak usia 2-5 tahun yang dirancang secara interaktif disertai juga permainan menarik yang tidak membuat anak bosan.

Melalui games di smartphone yang melatih motorik, panca indera anak akan terlatih karena mulai terbiasa mengenal warna, bentuk, tekstur, bunyi, dan rasa. Secara nggak langsung, permainan melatih motorik melatih anak untuk menganalisis suatu proses yang mereka lakukan.

Selain melatih skill motorik, gadget memiliki unsur kejutan yang akan merangsang rasa ingin tahu anak. Contohnya, ia akan terus-menerus menekan tombol yang dapat mengeluarkan bunyi, karena ingin mencari tahu sumber suaranya. Rasa ingin tahu sendiri adalah salah satu kunci tumbuh kembang anak.

Mengenalkan gadget pada anak, juga bisa menjadi kesempatan orang tua untuk mengenalkan literasi digital sedini mungkin. Jika dulu papa mama hidup di era keterbatasan informasi, sekarang eranya kebanjiran informasi. Rasanya ingin tahu tentunya memancing anak-anak untuk mengetahui banyak hal.

Nah, tugas orang tua tentunya mendampingi anak-anak agar bisa menerapkan saring sebelum sharing. Bukan nggak mungkin, teknologi informasi dan komunikasi akan terus berkembang pesat. Jadi tugas orang tua juga mendampingi anak-anak memperoleh informasi yang berangkat dari rasa ingin tahunya.

Orang tua juga harus berani membuat aturan yang jelas untuk mengakses gadget bagi anak-anak. Jangan lupa juga untuk mengimbangi aktivitas anak dengan kegiatan offline yang mengeratkan bonding antara orang tua dan anak.

Belanja gadget berkualitas dan bergaransi? Jelas di Eraspace.com, dong! Mau belanja gadget tapi untung terus? Daftarkan dirimu di member Eraclub. Enaknya jadi member, papa mama bisa dapet penawaran menarik untuk belanja gadget.

Selain itu, kamu juga bisa dapetin poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.