home Inside Kurio, Kurio Tips Corona Kian Meluas, Narasi Gelar Konser #dirumahaja

Corona Kian Meluas, Narasi Gelar Konser #dirumahaja

Angka penyebaran COVID-19 kian meningkat. Menyikapi situasi tersebut, Narasi bersama para musisi ternama tanah air akan menggelar konser online #dirumahaja yang didedikasikan untuk teman-teman yang sedang berjuang dan tidak punya pilihan #dirumahaja karena harus menjaga rumah kita semua, Indonesia.

Soliter adalah solidaritas, itu sudah jelas. “Konser Musik #dirumahaja” dimaknai sebagai  urun tindakan solider yang lain. “Konser Musik #dirumahaja” dirancang sebagai simpul solidaritas yang mempertemukan orang-orang yang punya kemampuan, kesempatan, dan niat baik membantu sesama di tengah pandemi.

Sederet musisi akan bernyanyi lewat berbagai platform pendukung, para penonton (individu, perusahaan, dan organisasi lainnya) berkontribusi melalui donasi, dan organisasi kemanusiaan yang sudah bergerak membantu kelompok rentan.

Jurnalis senior sekaligus Co-Founder Narasi, Najwa Shihab, menuturkan bahwa konser #dirumahaja didedikasikan untuk teman-teman yang berjuang di luar, yang tidak punya pilihan #dirumahaja.

“Ini adalah rangkaian Konser Musik #dirumahaja mulai tanggal 25-28 Maret 2020, suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan Corona. Sejumlah musisi akan live perform dari rumah masing-masing secara bergantian, sembari mengajak penonton untuk ikut berdonasi lewat https://kitabisa.com/konserdirumahaja. Waktunya saling menguatkan sambil saling menghibur. Karena hari-hari ini, soliter adalah solidaritas.”

Sederet musisi yang akan meramaikan Konser Musik #dirumahaja, antara lain Afgan, Andien, Admesh, Anji, Ardhito Pramono, Ari Lasso, Armand Maulana, Hivi, Judika, Kunto Aji, Petra Sihombing, Rendy Pandugo, Rossa, Ridho Hafiedz & Kaka, Trio Lestari, Vidi Aldiano, Yura Yunita, Iwan Fals, dan masih banyak lagi.

Four your information, Konser Musik #dirumahaja ini akan berlangsung dari tanggal 25 – 28 Maret 2020 dan bisa ditonton dengan mengakses website Narasi www.narasi.tv.

Seluruh biaya produksi konser dan seluruh musisi yang terlibat sepenuhnya berkontribusi secara probono. Sehingga, 100 persen donasi yang terhimpun dalam konser ini dapat disalurkan pada kelompok yang paling rentan, terutama tenaga medis dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. Donasi akan didistribusikan kepada program-program yang sudah dijalankan sejumlah lembaga yang sudah dikurasi bersama Kitabisa.com.

Nantinya donasi yang terkumpul akan digunakan untuk 4 program lain, di antaranya:

#BisaMakan:

Tenaga kesehatan dan pegawai rumah sakit adalah garda terdepan yang bekerja keras merawat pasien yang terus bertambah. Melalui program ini kita ingin memastikan tenaga kesehatan mendapat asupan gizi yang cukup sehingga lebih terlindungi dari virus corona. Program ini menargetkan 100 ribu kotak makanan yang akan didistribusikan ke 132 Rumah Sakit rujukan pemeriksaan corona.

#BisaSteril

Virus corona sangat mudah tersebar sehingga fasilitas publik seperti sekolah dan rumah ibadah sangat mungkin terinfeksi. Melalui program ini kita bermaksud mensterilkan ruang-ruang rentan dengan menyemprotkan disinfektan. Ditargetkan program ini bisa diterapkan di 20 sekolah, 20 pesantren, dan 80 masjid di daerah-daerah episentrum/rentan (Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, dan Yogyakarta).

#Sembako14Hari

Setidaknya masa 14 hari menuntut para pekerja informal dan masyarakat kecil untuk membatasi aktivitasnya. Program ini berusaha membantu memenuhi kebutuhan pokok mereka — terutama keluarga yang kepala keluarganya harus mengisolasi diri karena berstatus pasien positif, orang dalam pengawasan (ODP), pasien dalam pemantauan (PDP). Sasaran program ini adalah pengendara ojek online, pekerja harian, dan pedagang keliling di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

#RantangHati

Program ini bermaksud membagikan makanan gratis kepada para pekerja di luar, sekaligus membuat pedagang warung makan tetap laku dan terhidupi. Hasil penggalangan dana akan dikoordinasikan oleh layanan warung makan digital Wahyoo lewat jaringan warung makannya.

Makanan yang sudah disediakan akan dibagikan kepada keluarga tidak mampu dan para pekerja yang kehilangan nafkahnya. Sasaran wilayah program ini adalah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Targetnya akan didistribusikan untuk 500 KK selama 14 hari dalam bentuk per paket bantuan seharga 50 ribu, yang di dalamnya berisi lauk untuk makan siang dan malam, serta nasi 2,5 porsi. 

#Belajardirumah

Program ini meruapkan bagian dari program #semuamuridsemuaguru yang nantinya akan memberikan pengalaman #belajardarirumah yang bermakna bagi anak-anak rentan di pemukiman marginal, yang memiliki keterbatasan akses belajar daring agar mereka dapat #merdekabelajar.

Program ini menargetkan dapat memberikan alat belajar sederhana non-digital (lembar mewarnai, pensi warna, alat permainan belajar) dengan tema edukasi virus corona maupun materi pelajar lainnya kepada  5.000 anak (prasekolah, TK dan SD kelas 1&2) di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam 15 hari #kerjabarenganlawancorona.

Social movement #dirumahaja secara khusus digagas oleh Narasi sejak Jumat (13/3). Melalui social movement ini, Narasi berharap setiap orang bisa memiliki self awareness, turut memperlambat penyebaran virus, menerapkan social distancing, dan bekerja dari rumah sehingga bisa menekan peningkatan infeksi baru dan membuat kurva penyebaran virus Corona bisa kian melandai.