home Inside Kurio, Kurio Tips Biar Selalu Awet, Ini Cara Merawat Headset

Biar Selalu Awet, Ini Cara Merawat Headset

Smartphone rusak itu nyebelin. Tapi ada satu aksesoris yang bakalan bikin emosi kalau nggak berfungsi: headset. Kalau headset rusak, momen santuy dengerin lagu sambil merem bayangin gebetan (atau mantan?) ambyar seketika.

Bersama smartphone, headset atau earphone menjadi senjata ampuh pengusir bosan. Entah mau dengerin lagu, podcast, atau Netflix and chill aja. Bak belahan jiwa, headset juga perlu dirawat agar selalu awet. Biar nggak tiap tahun ganti earphone terus. Berikut cara merawat headset agar langgeng terus bareng kamu.

Gulung kabel dengan rapi

Pernah ngalamin kabel headset nggak putus nggak apa, tapi nggak berfungsi? Ketidakrapian menggulung kabel headset jadi penyebab headset nggak berfungsi dengan baik.

Untuk kamu yang masih memakai earphone kabel, gulunglah kabel dengan rapi tapi jangan sampai membentuk 90 derajat atau siku-siku. Bentuk gulungan siku-siku bisa merusak jaringan kabel bagian dalam. Gulungan melingkar jadi solusi untuk merawat headset.

Terlebih jika dipakai setelah berolahraga. Kamu wajib membersihkannya dengan mengelap dengan air hangat. Supaya kuman-kumannya mati dan kabel terlihat bersih.

Tarik steker, jangan kabelnya!

Nah, ini juga. Saat ingin melepas headset dari smartphone jack, cabutlah dengan menarik bagian steker jack-nya. Jangan memegang kabel lalu menariknya dari smartphone. Menarik headset dari kabelnya menimbul beban tambahan di bagian steker.

Hindari memasang volume to the max

Kebiasaan menggunakan earphone saat ramai membuatmu memasang volume ke paling pol kencengnya. Ini kebiasaan buruk yang bisa merusak earphone dan gendang telingamu, lho. Terlalu sering memasang volume keras bisa membuat suara earphone kresek-kresek alias pecah. Untuk kesehatan telinga juga nggak bagus, sob.

Bersihkan dengan cotton bud

Pernah merasa suara dari headsetmu terasa kurang nyaring? Bisa jadi debu atau kotoran telinga lainnya masuk ke lubang-lubang kepala headset. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkannya dengan cotton bud atau sikat gigi.

Oh ya, sikat giginya harus dalam keadaan kering, ya! Dengan cara ini suara headset kembali cetar membahana.

Case earphone bluetooth jangan sampai ketinggalan

Teknologi bluetooth earphone kini banyak digunakan karena kemudahan dan kepraktisannya. Cuma saking praktisnya banyak, tuh, yang headsetnya bawa eh case charger-nya ketinggalan.

Jangan sampai casenya ketinggalannya, sob. Selain sebagai medium menyimpan earphone, banyak case earphone juga berfungsi sebagai chargernya. Kalau batrenya habis, terus mau ngecharge pakai apa, dong?

Butuh earphone tapi bingung model yang kayak apa? Cek Eraspace.com, dong! Di sini, kamu bisa nemuin banyak pilihan earphone mulai dari Samsung, Apple, Apple hingga Power Beats Pro, lho! Mulai dari yang earphone jack sampai TWS (true wireless stereo) terbaik bisa kamu beli di Eraspace.com.

Mau belanja gadget tapi untung terus? Daftarkan dirimu di member Eraclub. Enaknya jadi member, kamu berhak mendapat banyak penawaran belanja gadget menarik lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa dapetin poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.