5 Tips Menerbangkan Drone untuk Pemula
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Tips Menerbangkan Drone untuk Pemula

5 Tips Menerbangkan Drone untuk Pemula

Seiring dengan perkembangan teknologi drone, banyak juga yang ingin menjajal menjadi pilot drone. Menjadi pilot drone memang bukan hal yang mudah. Namun semua hal di dunia ini pasti bisa dipelajari, kok.

Saat ingin mencoba menerbangkan drone, pastikan kamu tidak asal. Penasaran? Berikut 5 tips menerbangkan drone untuk pemula. Yuk, yang pengen jadi pilot drone belajar!

Pelajari teknik dasar

Pastikan kamu secara sadar mengetahui fungsi dari masing-masing tombol di stick drone. Stick kiri umumnya mengontrol dua aspek penerbangan drone, yakni yaw dan throttle. Yaw adalah berputarnya multirotor kiri dan kanan. Jadi jika Anda mendorong stick kiri atau kanan, maka drone akan berputar ke arah yang kamu inginkan.

Sedangkan throttle adalah untuk menggerakkan multirotor naik atau turun. Saat terbang, kamu akan butuh menghafal (dan mensetting) kecepatan throttle quadcopter (baling-baling). Dari sisi keamanan, gerakan tilt naik-turun adalah gerakan kamera paling dasar dalam videografi. Semakin smooth dan semakin ahli Anda mengendalikan throttle, maka besar kemungkinan video kamu juga lebih bagus.

Lain lagi stick kanan. Stick kanan memegang fungsi untuk roll dan pitchRoll adalah pergerakan quadcopter ke samping. Saat menggerakkan stick ini ke kiri atau kanan maka drone akan berguling memiringkan badan sambil bergeser ke samping ke arah yang kamu pilih.

Sedangkan pitch adalah pergerakan maju dan mundur quadcopter. Jika kamu menekan stick kanan ke atas / bawah maka drone akan bergerak maju atau mundur. Sebelumnya, kamu harus pelajari dulu mana bagian depan dan mana yang belakang. Kelihatannya rumit, namun bisa dipelajari, kok.

Belajar take off dan landing

Layaknya pilot pesawat sungguhan, teknik lepas landas dan mendarat drone adalah hal pertama yangharus dikuasai pilot drone. Alasannya sederhana. Drone bisa terbang kalau ada take off, dan saat ingin sampai dengan selamat harus melalui proses landing. Bagian ini pasti bikin kamu tertantang jadi pilot drone!

Pastikan baterai terisi penuh

Pastikan baterai sudah terisi penuh sebelum terbang. Kamu juga wajib menggunakan baterai dan charger dari produsen resmi. Jika ada masalah jangan langsung membeli asal-asalan, lebih baik kontak ke pihak produsen resmi.

Bayangkan kamu drone itu sendiri

Menerbangkan quadcopter itu gampang-gampang susah, apalagi memahami arahnya. Kamu bisa memperhatikan bagaimana pilot drone profesional bisa bermanuver dengan luwes saat menerbangkan dronenya.

Caranya adalah membayangkan kamu sendiri (sebagai pilot) duduk di drone. Dengan begitu kamu nggak akan bingung ketika bermanuver ke segala arah.

Pakai DJI Mavic Mini

Produsen drone komersial DJI meluncurkan drone DJI Mavic Mini di Indonesia. Perusahaan asal China ini kembali menunjuk Erajaya sebagai distributor resminya. DJI Mavic Mini diperuntukkan bagi para beginners alias pengguna drone pemula.

Mavic Mini dibekali kemampuan menangkap rekaman berkualitas tinggi termasuk video 2.7K pada 30 frame per second, 1080p pada 60 frame per second, atau foto 12-megapiksel menggunakan sensor 1/2,3 inci. Drone ini juga dilengkapi gimbal bermotor tiga sumbu mendukung dan menstabilkan kamera sekaligys memastikan rekamannya halus dan sinematik. Cocok, nih, buat content creator pemula.

Mavic Mini dibentuk berdasarkan inovasi teknologi dalam serangkaian drone lipat Mavic DJI yang sudah ada. Mulai dari Mavic Pro hingga Mavic Air dan Mavic 2, untuk menciptakan fitur drone berkualitas profesional ke dalam badan yang seringan mungkin. Fyi, DJI Mavic Mini hanya berbeban 249 gram, lho.

Hal tersebut  menempatkan Mavic Mini dalam kategori drone teraman, yang di beberapa daerah tertentu dibebaskan dari peraturan namun berlaku untuk drone yang lebih berat. Pilot drone juga harus selalu memahami dan mematuhi hukum dan peraturan setempat.

DJI Mavic Mini akan dipasarkan dua versi yakni seharga Rp 5.499.000 untuk versi standar yang mencakup Mavic Mini, remote kontrol, satu baterai, baling-baling tambahan dan semua alat serta kabel. DJI Mavic Air bisa dibeli dengan pre-order pada periode 12 – 24 November di toko retail Urban Republic terdekat dan online di eraspace.com & blibli.com.

Lalu versi kedua seharga Rp 6.999.000 yakni Mavic Mini Fly More Combo yang mencakup semua komponen dari versi standar dengan tambahan Cage Baling-baling 360, hub pengisian dua arah, dua baterai tambahan, tiga set baling-baling ekstra dan tas jinjing. Pembelian DJI Mavic Mini dapat dilakukan di toko retail Urban Republic dan online di eraspace.com dan blibli.com.

Adapun, selama periode pre-order yang dimulai 12 November – 24 November 2019, ada penawaran khusus bagi pengguna kartu kredit BCA, CIMB Niaga, Mandiri, BRI dan Citibank berupa cashback hingga Rp 500 ribu. Yuk, belanja di Erafone.com. Barang berkualitas, harga bersaing, dan bergaransi!

 

 

 

 

Related Post