5 Spot Wisata Alam di Kulon Progo yang Sayang Jika Dilewatkan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Spot Wisata Alam di Kulon Progo yang Sayang Jika Dilewatkan

5 Spot Wisata Alam di Kulon Progo yang Sayang Jika Dilewatkan

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar Kota Jogja? Mungkin kota budaya, pendidikan, dan tempat wisata kuliner. Namun keistimewaan Jogja tak berhenti sampai di situ.

Jika kamu menginginkan wisata alam yang untuk menyegarkan mata, kamu wajib ke Kulon Progo. Yap, berbeda dengan pusat kota Jogja, di Kulon Progo terdapat banyak keindahan pemandangan alam. Yang lebih seru lagi, spotspot ini dekat dengan Bandara International Yogyakarta Kulon Progo. Sumonggo!

Waduk Sermo

Lokasi satu ini cocok banget buat kamu yang suka banget camping. Nge-camp di pinggiran Waduk Sermo bersama orang-orang tercinta jadi obat yang mujarab untuk mengusir penat. Waduk Sermo juga jadi wisata kebanggaan masyarakat Kulon Progo, lho.

Dari Bandara Kulon Progo, kamu cukup menempuh perjalanan dengan sepeda motor atau mobil yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Deket banget kan?

Waduk Mini Kleco

Waduk yang satu ini adalah waduk buatan di daerah Girimulyo. Selain menikmati suasana tenang waduk dari dataran tinggi, Embung Kleco juga jadi spot favorit menikmati suasana Kulon Progo dari ketinggian.

Volume air Embung Kleco memang tidak sebesar Waduk Sermo. Namun kamu juga harus berhati-hati saat berdiri di dekat pinggiran waduk buatan ini. Dari Kulon Progo daerah perkotaan, kamu bisa menempuh perjalanan darat yang memakan waktu kira-kira satu jam. 

Goa Sriti

Untuk kamu yang belum tahu, Goa Sriti pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat bergerilya dengan pasukan kolonial Belanda. Selain jadi tempat persembunyian, Goa Sriti menjadi saksi bisu Sultan Abdul Hamid.

Wisata sejarah di Kulon Progo ini bisa kamu nikmati dari Bandara Kulon Progo dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar satu jam. Untuk kamu para pecinta sejarah, Goa Sriti cocok banget masuk ke dalam itinerary, nih. 

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi di Bukit Menoreh. Jalan dengan berkelok tajam, penuh dengan tanjakan diapit oleh jurang dan bukit merupakan hal yang akan menemani perjalanan anda menuju Suroloyo. 

Untuk sampai Puncak Suroloyo, kamu harus menaiki anak tangga berjumlah 286 dengan tingkat kemiringan yang cukup terjal. Begitu menginjakkan kaki di puncak Suroloyo, kamu disambut puluhan kupu-kupu, burung gereja dan capung berhamburan yang menyambut kedatangan.

Air Terjun Kedung Pedut

Spot yang satu ini juga jadi kebanggaan masyarakat Kulon Progo. Air terjun Kedung Pedut memiliki suasana yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Kucuran air yang relatif lebih tenang dibanding air terjun kebanyakan bikin tempat ini cocok buat konten media sosial. 

Untuk sampai di air terjun yang menghadirkan panorama lembah bak lukisan ini, kamu bisa menempuh perjalanan dengan sepeda motor dari Bandara Kulon Progo sekitar satu jam. 

Nggak sabar buat eksplor banyak spot keren di Kulon Progo? Terbang ke Jogja dengan AirAsia, dong! Nikmati rute baru AirAsia terbang langsung dari Lombok – Yogyakarta. Dapatkan promo tiket terbang dari Lombok ke Jogja dengan harga 499 ribu rupiah. Booking sekarang juga di sini!

Nggak usah ragu bawa banyak bawaan ke Jogja, karena terbang dengan AirAsia kamu bisa dapetin free bagasi sebesar 15 kg dan kabin 7 kg. Cuma AirAsia yang ngasih free bagasi penerbangan domestik! AirAsia: Now Everyone Can Fly.

 

Related Post