home Kurio Tips, Stories 5 Manfaat Membaca yang Nggak Banyak Diketahui

5 Manfaat Membaca yang Nggak Banyak Diketahui

“Aku rela dipenjara, asal bersama buku. Karena dengan buku aku bebas.”

Kutipan dari mantan Wakil Presiden Pertama Indonesia, Mohammad Hatta di atas banyak menginspirasi orang. Dengan banyak membaca buku, kita memperoleh banyak wawasan.

Menurut berbagai penelitian, membaca juga merangsang otak untuk terus berimajinasi. Sayangnya, banyak orang yang masih menganggap remeh manfaat membaca.

Menurut UNESCO, Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!

Now let us tell you kenapa membaca itu penting banget?! Yuk, disimak!

Banyak topik obrolan

Mau PDKT sama orang yang kamu suka? Smart is the new sexy. Nah, banyak membaca penting buat kamu paham (seenggaknya tahu) topik obrolanmu. Makin banyak baca, makin banyak hal yang kamu tahu. Jadi nggak kehabisan obrolan. Kalau bahan abis bingung mau ngomong apa ntar bakalan awkward.

Melatih fokus

Membaca itu kegiatan yang gampang, lho. Kamu cukup duduk, diam dan membaca. Tapi butuh konsentrasi yang luar biasa.

Nah, kebiasaan membaca melatihmu untuk fokus. Secara nggak sadar, fokus dan konsentrasimu nanti akan berpengaruh saat ngerjain hal lain. Kegiatan sederhana tapi berpengaruh besar buat kelangsungan hidup.

Punya daya analisis

Saat membaca, kamu pasti mencermati alur dan karakter ceritanya. Nah, inilah yang dapat membuat kemampuan analisismu bertambah. Hingga kamu dapat berpikir kritis, karena sudah sering menganalisis detail dan plot di buku yang telah dibaca. Ketika melihat masalah kamu punya ‘helicopter view’ untuk mencari solusi.

Jajan produktif

Orang yang suka koleksi buku biasanya punya pemikiran unik soal mengatur uang. Mereka melihat buku sebagai investasi. Selain investasi di materi yang bisa menghasilkan uang, pengetahuan juga bisa dipandang sebagai investasi. Jadi banyak jajan buku adalah hal yang bermanfaat.

Banyak juga punya strategi beli buku banyak supaya butuh ngerti topik apa, nanti tinggal buka dan baca.

Mencegah alzheimer

Menukil situs Health Today, saat membaca orang merangsang otak. Berkaitan dengan hal yang ini orang yang suka membaca menurunkan dua setengah kali risiko alzheimer atau kepikunan.

Hal ini disebabkan ketika membaca kamu akan mengingat plot, karakter, sejarah, juga latar belakang cerita, sehingga memori otak terus diasah.

Itu tadi banyak manfaat tersembunyi dari membaca. Perkembangan teknologi memunculkan inovasi terciptanya buku elektronik atau e-book. Dengan e-book, kita hanya butuh satu gagdet tanpa perlu banyak buku.

Baca e-book paling nyaman di iPad Pro Generasi 3. Soal desain, iPad Pro 3rd Generation jelas memikat. Pada peluncuran bulan lalu, Apple menawarkan dua pilihan layar, yaitu ukuran 11 inci dan 12,9 inci. 

Tablet iPad Pro Generasi 3 juga dilengkapi sistem operasi panel Liquid Retina Display, masing-masing dengan resolusi 2.388×1.668 piksel pada 264 ppi (11 inci); serta 2.732×2.048 piksel pada 264 ppi (12,9 inci) tampilan warna di iPad elegan. 

Liquid Retina Display bikin mata semakin nyaman untuk membaca berlama-lama. Selain itu layarnya yang luas juga memberi pengalaman visual yang juga berbeda. 

Tablet iPad Pro Generasi Tiga bisa menjaga kamu tetap kreatif di Momen Penuh Berkah walau di rumah aja! Klik www.eraspace.com sekarang buat beli iPad Pro 2018! Karena Eraspace lagi ngadain cashback hingga Rp 500.000. Yuk, sebelum kehabisan!

Eraspace adalah lifestyle dan smart retailer terbesar di Indonesia yang memberikan pelayanan istimewa melalui pengalaman terintegrasi dengan retail Erajaya Group (Erafone, iBox dan Urban Republic).

Untuk mempermudah segala urusan terkait layanan Erajaya, baik sales maupun after sales, Konsumen bisa menghubungi Pusat Layanan Konsumen Erajaya Group melalui chatbot 24 jam ERICA (Erajaya Interactive Customer Assistant) di nomor WA 0812 9077 7722 atau Call Center Erajaya di 1500372 dengan jadwal operasional Senin s/d Jumat pukul 09.30 – 17.00 WIB dan Sabtu pukul 09.30 – 15.00 WIB atau melalui email customercare@erajaya.com.