home Inside Kurio, Kurio Tips 4 Spot Wisata Budaya di Makassar yang Wajib Dikunjungi

4 Spot Wisata Budaya di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Di mana ada kumpulan manusia, di situ ada budaya. Itulah hidup bermasyarakat. Sebagai destinasi lokal yang terkenal hingga mancanegara, Makassar tak hanya memiliki keindahan alam dan kuliner yang menggugah selera. Tapi juga kekayaan budaya dan sejarah. Berikut spot destinasi wisata budaya di Makassar yang sayang jika dilewatkan.

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam – Makassar

Bangunan yang kerap disebut Benteng Ujung Pandang ini adalah salah satu benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Belanda yang datang ke terlibat konflik yang berujung perjanjian Kerajaan Gowa-Tallo yang harus menyerahkan benteng ini kepada Belanda. Kedatangan Belanda tak lain adalah ingin menguasai jalur distribusi rempah-rempah.

Saat menguasai tempat ini, nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam. Cornelis Speelman memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Pemakaman Lemo

Pemakaman Lemo – Tana Toraja

Siapa bilang kuburan Instagramable cuma ada di San Diego Hills? Berpetualang lebih jauh ke Tanah Toraja, kamu bisa menemukan Pemakaman Lemo. Kamu harus menempuh waktu perjalanan 6 jam untuk sampai ke tempat ini.

Desa Lemo telah lama menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Di tempat ini kamu bisa menemukan tau-tau (patung kayu) yang dipajang pada bagian dinding tebing. Tau-tau didesain semirip mungkin dengan jenazah semasa ia hidup.

Tidak semua orang yang meninggal dapat dibuatkan tau-tau, hanya kalangan bangsawan saja yang berhak atas tau-tau. Untuk proses pemakaman jenazah yang sudah dibungkus peti mati biasanya ditempatkan di dalam gua, dimakamkan di kubur batu, atau disemayamkan di tebing.

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Benteng ini juga termasuk dalam peninggalan Kerajaan Gowa. Lokasi Benteng Somba Opu terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Hanya memakan waktu 30 menit dari pusat kota Makassar.

Baby Grave Kambira

Pohon Tarra, kuburan bayi di Toraja.

Tana Toraja memiliki kebudayaan tersendiri soal pemakaman. Tak hanya orang dewasa, bayi yang meninggal pun benar-benar dihormati. Orang Toraja percaya, bayi yang belum tumbuh gigi masih suci.

Mereka dikubur pada batang pohon Tarra yang melambangkan rahim seorang ibu. Meski jenazah terus bertambah, masyarakat tak pernah kehabisan pohon. Uniknya, meski hanya ditutupi ijuk dan tali, kuburan tak pernah mengeluarkan bau busuk.

Semakin tinggi letak jenazah bayi di Pohon Tarra, berarti semakin tinggi kasta keluarganya. Kalau kamu ingat, spot ini pernah menjadi lokasi syuting film Filosofi Kopi 2.

Berpetualangan ke di sekitar Makassar dan Toraja, paling seru sambil dengerin lagu atau podcast. Sembari perjalanan, paling asyik dengerin lagu pakai Earphone Powerbeats Pro.

Powerbeats Pro

Udah bukan zamannya pakai headset kabel, saatnya kamu beralih ke Powerbeats Pro, earphone bluetooth yang tahan air dan keringat. Powerbeats Pro menghadirkan suara yang kuat dan seimbang dengan rentang dinamis dan isolasi suara dari luar untuk pengalaman premium mendengarkan musik.

Setiap earbud memiliki hingga 9 jam waktu pemakaian. Dengan casing pengisian, kamu bisa menggunakan earphone bluetooth ini lebih dari 24 jam. 

Menjelajahi kekayaan budaya Makassar, rasanya akan menyesal bila tak mengabadikan momen dengan GoPro HERO8 Black.

GoPro HERO8 Black & GoPro MAX


Fitur HyperSmooth yang menjadi keunggulan HERO7, seri GoPro sebelumnya, diperbaharui oleh GoPro di kamera aksinya yang terbaru ini. Untuk memudahkan kita mengabadikan momen-momen memacu adrenaline, HERO8 dilengkapi HyperSmooth 2. So, recording momen underwater kamu bakalan halus banget!

Penasaran dengan HERO8 Black dan Powerbeats Pro? HERO8 Black bisa kamu beli dengan harga Rp 6.999.000, GoPro MAX seharga Rp 8.699.000, dan Powerbeats Pro Rp 3.999.000. Ketiga sobat setia travelingmu ini tersedia di EranyaGoPro.com dan eraspace.com

Yang nyenengin lagi, ada promo akhir tahun dan liburan, lho! Dapatkan HERO8 black holiday bundle hanya Rp 7.800.000. Dengan harga segitu kamu dapat paket  HERO8 + 32GB SD Card + Shorty + Spare Battery + Headstrap (hemat Rp 795.000). Murah banget kan?