4 Cara Simpel Cegah Depresi Agar Mental Selalu Sehat
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 4 Cara Simpel Cegah Depresi Agar Mental Selalu Sehat

4 Cara Simpel Cegah Depresi Agar Mental Selalu Sehat

Depresi adalah kondisi yang digambarkan sebagai suatu kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan hilangnya minat terhadap apapun. Depresi bisa memengaruhi perasaan, cara berpikir, berperilaku, dan bisa bikin kamu punya berbagai masalah emosi dan fisik.

Saat rasa sedih berlangsung dalam beberapa hari atau minggu, mengganggu pekerjaan atau kegiatan lain dengan keluarga atau teman, atau berpikir untuk bunuh diri, kemungkinan itu adalah depresi. Depresi jelas tidak bisa dipandang remeh. Berikut 4 tips mencegah depresi agar kesehatan mental selalu terjaga.

Hindari Diet yang Salah

Kelihatannya aneh. Tapi pola makan atau diet yang buruk juga dapat menyebabkan depresi, lho. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi lemak secara teratur dapat menyebabkan efek yang sama dengan stres kronis dalam hal menyebabkan depresi.

Selain itu, diet yang nggak sehat juga bisa menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh juga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Kurangi makanan yang mengandung gula tinggi dan lemak. Perbanyak protein dan serat dari sayur dan buah-buahan dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan mental. Saat rutin berolahraga kamu sudah melakukan pencegahan depresi. Seperti meningkatkan suhu tubuh yang dapat memiliki efek menenangkan sistem saraf pusat dan melepaskan zat kimia seperti endorfin, yang bisa meningkatkan mood.

Dengerin podcast atau musik pakai bluetooth earphone saat olahraga bisa bikin kamu tambah happy. Nggak perlu pasang kabel ke smartphone, kamu udah bisa nikmatin musik atau podcast favoritmu. Bluetooth Earphone ini cocok banget buat kamu yang cepet lupa kalau taruh barang. Tinggal kalungin aja di leher, dan dengerin musik di mana aja. Cek varian bluetooth earphone Erafone.com.

Kurangin Main Medsos Saat Senggang

Sering ngerasa nggak, sih, kalau lagi scrolling timeline Instagram tiba-tiba udah udah lewat 3 jam? Main media sosial memang bisa “menghipnotis” kita sampai segitunya. Menggunakan sosial media secara berlebihan dapat meningkatkan tingkat depresi, lho.

Selain bisa meningkatkan kecemburuan sosial, secara nggak sadar media sosial juga bisa bikin kamu merasa di-”bully” oleh warganet saat menulis sesuatu atau mengunggah sesuatu hal yang kurang tepat untuk disebarluaskan. Puasa medsos jadi pilihan yang tepat kalau kamu merasa capek banget main media sosial.

Istirahat yang Cukup

Makan makanan sehat udah, olahraga juga, tapi kalau kurang tidur kesehatan menta bisa terganggu. Orang yang kurang jam tidur, cenderung punya emosinya nggak stabil. Mendapatkan banyak tidur yang berkualitas tinggi diperlukan untuk kesehatan mental dan fisik.

Bahkan menurut National Sleep Foundation, orang dengan insomnia memiliki risiko sepuluh kali lipat terkena depresi dibandingkan mereka yang tidur nyenyak setiap harinya. Agar kualitas tidurmu selalu terjaga, baiknya kamu pakai Huawei Watch GT2.

Huawei Watch GT2 juga memiliki fitur untuk mendeteksi kualitas tidur penggunanya melalui aplikasi True Sleep. Jam pintar ini bisa mendeteksi apakah pengguna sedang tidur ayam atau REM sleep, light sleep, atau deep sleep. Selain itu, Huawei Watch GT2 juga mampu membaca tingkat stres penggunanya.

Huawei Watch GT2 hadir dengan dua varian yang bisa kamu sesuaikan. Di antaranya, Huawei Watch GT2 Male Fashion Latona dengan harga Rp 2,999 juta dan Huawei Watch GT2 Male Sport Latona dengan harga Rp 2,799 juta.

Dengan harga 2,7 sampai 2,9 juta rasanya Huawei Watch GT2 worth it banget buat di beli. Pengen Huawei Watch GT2 jadi sobat setia aktivitasmu sehari-hari? Kamu bisa beli Huawei Watch GT2 di Erafone, Urban Republic, dan toko Huawei. Kalau kamu males, tinggal buka Erafone.com dan beli Huawei Watch GT2. Belanja gadget di Erafone.com, barang berkualitas harga bersaing.

Related Post