Selain Sehat, Ini 4 Alasan Kamu Harus Makan Ikan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Selain Sehat, Ini 4 Alasan Kamu Harus Makan Ikan

Selain Sehat, Ini 4 Alasan Kamu Harus Makan Ikan

Ikan merupakan makanan yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan protein, kalsium, dan Omega 3 adalah nutrisi yang dibutuhkan manusia. Hal tersebut juga menyebabkan ikan menjadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Kandungan nutrisi yang ada pada ikan juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai makanan penurun kolesterol, mengonsumsi ikan juga memiliki manfaat lain. Berikut ini alasan kenapa kamu harus makan ikan.

Harga lebih murah daripada daging

Untuk kamu yang belum berumahtangga, mungkin bakal gampang protes ke pembantu atau siapa pun yang bertugas memasak kalau lauknya bukan daging. Padahal belanja kebutuhan pangan keluarga juga pakai budget, lho.

Nah, untuk memenuhi kandungan protein hewani, ikan bisa jadi pilihan. Selain kandungan minyak ikan Omega 3 pada ikan, harga ikan lebih murah dibandingkan daging. Harga daging sapi Rp 100.000 per kilo. Sedangkan harga Ikan Tuna ada di kisaran Rp 45-55 ribu rupiah per kilogram. Kalau dibelanjakan ikan, sudah dapat 2 kilogram!

Menaikkan ekonomi nelayan

Para nelayan berlayar dini hari hingga subuh juga untuk memenuhi konsumsi ikan masyarakat. Maka dengan membeli dan mengonsumsi ikan kita juga turut menaikkan ekonomi para nelayan.

Menjaring ikan di tengah laut bukan pekerjaan tanpa risiko, lho. Nelayan juga tak jarang bertaruh nyawa di tengah lautan luas. Makan ikan membantu kehidupan nelayan Indonesia. Sehingga pemberdayaan masyarakat pesisir juga meningkat dan nggak perlu lagi jauh-jauh ke kota untuk menyambung hidup.

Mencegah Depresi

Untuk kamu yang sering mengalami stress berat akibat kerjaan atau tugas kuliah, makan ikan bisa membantumu mencegah depresi. Kandungan asam amino dan minyak ikan Omega 3 yang terdapat pada seafood akan membantu otak untuk bekerja lebih tenang dan rileks. Jadi otak bisa diajak berpikir dengan lebih jernih setelah kamu makan ikan.

Supaya Tidak Ditenggelamkan!

Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti pernah mengajak kita semua untuk mengkonsumsi ikan. “Mari kita makan ikan banyak-banyak karena sehat, kalau nggak makan ikan, saya tenggelamkan,” kata Susi di Istana Bogor, Rabu (21/11/2018) dilansir dari Detik.com.

Kalau suruh pilih, mending hidup sehat dari makan ikan atau ditenggelamkan Menteri Susi Pudjiastuti? Menteri Susi bahkan pernah mengajak Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menjadi nelayan. Karena profesi nelayan sudah mendapat perhatian dan jaminan dari pemerintah.

Nelayan akan memperoleh bantuan kapal nelayan tangkap ikan untuk menunjang kebutuhan tangkap ikan. Hal tersebut dilakukan karena kapal merupakan hak nelayan Indonesia. Sehingga kebutuhan ikan terpenuhi, pemberdayaan nelayan dan masyarakat pesisir berjalan, sehingga kekayaan laut Indonesia bisa tepat sasaran.

Selamat Hari Nelayan Indonesia. Semoga pemberdayaan nelayan dan masyarakat pesisir Indonesia berlanjut hingga seterusnya. Sehingga pendapatan nelayan bisa terjamin oleh pemerintah pusat. Tugas memajukan kehidupan nelayan bukan semata-mata milik Menteri Susi.

Tugas kita mudah, lho. Makan ikan yang sudah menjadi tangkapan para nelayan Indonesia. Makan ikan sehat dan mencerdaskan!