Selain Berolahraga, 4 Kebiasaan Ini Bantu Kamu Hidup Sehat
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Selain Berolahraga, 4 Kebiasaan Ini Bantu Kamu Hidup Sehat

Selain Berolahraga, 4 Kebiasaan Ini Bantu Kamu Hidup Sehat

Tahu nggak kalau setiap tanggal 7 April, kita merayakan Hari Kesehatan Sedunia? Yap, Hari Kesehatan Sedunia digagas agar manusia di muka bumi ini menjaga kesehatan tubuhnya. Ngomongin hidup sehat ada banyak cara untuk menerapkan gaya hidup sehat. Investasi nggak cuma nabung saham atau reksadana. Kesehatan juga investasi yang patut dijaga dan dipelihara.

Nge-gym, bulutangkis, bersepeda, lari, adalah aktivitas yang menunjang gaya hidup sehat. Nah, selain berolahraga kamu bisa menerapkan 4 kebiasaan sederhana ini untuk tips sehat sehari-hari. Kebiasaan ini simpel, tapi banyak orang lupa melakukannya.

Banyak Minum Air Putih

Air putih atau air mineral penting banget untuk menjaga kesehatan tubuh. Penelitian membuktikan manusia masih bisa hidup tanpa makan. Tapi bisa mati jika tidak minum air putih. Minum air putih minimal 8 liter per hari membantu menjaga cairan tubuh sehingga tubuh selalu terhidrasi saat beraktivitas.

Aktivitas di depan layar komputer juga nggak jarang membuat mata menjadi jenuh. Jangan lupa banyak minum air putih saat aktivitas di depan layar. Banyak minum air saat aktivitas bikin tubuh kita lebih rileks.

Tidur yang Cukup

Rhoma Irama pernah bilang, nggak usah begadang kalau tak ada artinya. Jadi, membiasakan tidur yang cukup juga berguna untuk menjaga kesehatan. Akibat sering begadang, jam tidur berkualitas menjadi kurang. Lebih parah efek begadang juga berpengaruh pada fokus manusia beraktivitas.

Nah, untuk menghindari insomnia disarankan untuk tidak minum air putih terlalu banyak saat ingin tidur. Karena terlalu banyak minum air mineral menyebabkan kamu pengen buang air kecil. Hal itu bikin tidurmu jadi terganggu. Kurang tidur bisa menyebabkan kamu jadi gampang marah, lho.

Atur prioritas kamu supaya kamu bisa tidur 6-8 jam per hari. Jam tidur yang paling baik antara jam 22.00-05.00 atau 23.00-06.00. Akan lebih bagus lagi kalau kamu biasakan tidur siang kalau punya aktivitas yang lumayan berat di malam hari.

Makan Makanan Sehat

Kayak apa, tuh, makanan sehat? Makanan sehat itu makanan yang mengandung serat. Makanan berserat tinggi bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan seperti pisang, pepaya, tomat, jambu, kacang merah, dan masih banyak lagi.

Makanan kaya serat membantu menangkal tubuh dari radikal bebas. Untuk kamu yang mau diet dan menjaga nutrisi tubuh kamu bisa mengganti nasi dengan gandum atau oatmeal. Kacang-kacangan dan kuaci juga termasuk makanan yang mengandung serat tinggi untuk diet. Jadi diet jalan, nutrisi tubuh bisa terpenuhi.

Menjaga Lingkungan Hidup

Hidup di daerah perkotaan membuat kita sulit terhindar dari polusi udara. Pencemaran udara dan air memang selalu menghantui aktivitas kita. Ada baiknya kamu menggunakan masker saat berkendara atau naik transportasi umum.

Untuk terhindar dari pencemaran air, kamu bisa mengatasinya dengan memasang filter air di keran rumah. Kalau mau cek airnya bersih atau nggak memang mesti dicek di laboratorium. Yang penting air tidak berwarna dan berbau berarti bisa digunakan.

Untuk kamu semua, Selamat Hari Kesehatan Sedunia. Kesehatan adalah investasi yang tak ternilai harganya. Kalau kamu bisa punya investasi sana-sini tapi nggak sehat buat apa coba?

Related Post