home Inside Kurio Pesan 3 Mas Menteri untuk Anak Muda di #1DekadeMataNajwa

Pesan 3 Mas Menteri untuk Anak Muda di #1DekadeMataNajwa

Wishnutama, Nadiem Makarim, Erick Thohir, adalah sosok 3 menteri muda di Kabinet Indonesia Maju. Ketiganya kerap disapa “mas menteri” oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai Menteri termuda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan punya tiga pesan khusus untuk anak muda saat menghadiri #1DekadeMataNajwa yang disiarkan langsung di Trans7, Rabu (19/2/2020).

“Ada tiga hal yang dibutuhkan anak muda. Pertama, keberanian untuk mengikuti kata hati. Tidak terdorong dari hal-hal di luar diri. Kedua, punya kemampuan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan. Ketiga, kemampuan untuk kerja sama dan kolaborasi. Apa pun itu, baik dalam dunia kerja atau rumah tangga, membutuhkan collaborative effort,” tutur Nadiem.

Whisnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kemudian menimpali Nadiem dengan kalimat,”Pasti ada jalan,” yang langsung direspons penonton dengan tawa. Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa kemudian mempersilakan Wishnutama menyampaikan pesan khususnya untuk anak muda.

“Untuk mencapai tujuan memang butuh waktu. Yang penting niatnya dulu. Niat untuk melakukan perubahan. Anak muda harus menjadi motor bagi perubahan. Yang muda-muda pasti lebih mudah untuk berubah. Namanya inovasi tidak pernah terjadi dengan cara lama. Anak muda selalu saya jadikan semangat melakukan perubahan,” beber Whisnutama.

Sedangkan bagi Erick Thohir sang Menteri BUMN lebih fokus kepada akhlak anak muda. “Kuncinya satu: akhlak. Bagaimana anak muda mengelola secara profesional dan transparan. Kalau bisa tambah banyak direksi yang milenial, sekarang baru lima. Target saya 10 sampai 15 orang. Tidak susah asal diberi kesempatan. Saya sedang mencoba membuat forum milenial, training-training, kita bawakan speaker global agar pandangan mereka terbuka,” ujar Erick Thohir.

Perayaan #1DekadeMataNajwa mengangkat tema “Kita Bisa Apa” untuk mengingatkan anak muda pada gerakan nyata yang bisa dilakukan untuk satu dekade ke depan.

“Sepuluh tahun mengudaranya Mata Najwa tidak dirayakan sekadar sebagai nostalgia dan selebrasi mundur. Sepuluh tahun Mata Najwa adalah rentang pembelajaran untuk setidaknya sepuluh tahun ke depan. Dan salah satu hasil pembelajaran yang kian kami yakini, anak muda adalah rekan terbaik untuk menyongsong itu,” ungkap Najwa Shihab.