Pengen Wisata Budaya? Ini 5 Kebudayaan Unik yang Cuma Ada di Lombok
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Pengen Wisata Budaya? Ini 5 Kebudayaan Unik yang Cuma Ada di Lombok

Pengen Wisata Budaya? Ini 5 Kebudayaan Unik yang Cuma Ada di Lombok

Traveling nggak cuma untuk mengusir penat dan stres. Tetapi juga memperluas wawasan, khususnya wawasan budaya di destinasi yang kita kunjungi. Dengan budaya, kita dapat mengetahui bagaimana cara orang berpikir dan bertahan hidup.

Selain terdapat keindahan alam, Lombok juga tempat yang cocok untuk menggali wawasan budaya. Selain pantai dan pegunungan, kamu bisa melihat kebudayaan Lombok di desa-desa yang masih memegang teguh tradisi leluhur dan adat istiadat. Penasaran? Yuk, disimak!

Cenderamata Gerabah

Liburan terasa kurang afdol jika tak membawa buah tangan. Jika puas berwisata alam, mampirlah ke Desa Banyumulek untuk mencari oleh-oleh. Desa ini merupakan sentra oleh-oleh kerajinan dari gerabah. Kamu bisa mencari cinderamata untuk hiasan pribadi atau buah tangan untuk orang tersayang.

Tak hanya oleh-oleh, hampir seluruh bangunan di desa yang berada di Lombok Barat ini telah dihiasi dengan berbagai jenis gerabah. Unik bukan?

Festival Bau Nyale

Tradisi yang satu ini beneran seru dan unik, namanya Festival Bau Nyale. Tradisi ini bermula dari suatu legenda Putri Mandalika, putri Raja Tonjang Baru, yang ayu parasnya sehingga banyak pangeran yang berusaha memilikinya. Terjadilah konflik antar kerajaan demi memperebutkan sang putri.

Demi mencegah perang terjadi, Putri Mandalika nekad melompat ke laut. Alih-alih menyelamatkan, mereka yang ikut melompat justru terjerat cacing Nyale karena dikira rambut Sang Putri. 

Perayaan tahunan ini diadakan antara bulan Februari dan Maret di Pantai Seger dan di pantai Lombok lainnya. Dalam festival ini pengunjung akan diajak berburu cacing, memberikan sesuatu untuk orang yang kamu cintai, dan menyanyikan lagu rakyat. Filosofis banget!

Rumah Warga Sade

Desa Sade merupakan desa tempat tinggal Suku Sasak, suku asli Lombok. Terdapat sekitar 700 jiwa masyarakat yang tinggal di desa ini. Pernikahan di Desa Sade dilakukan dalam satu rumpun, sehingga keaslian warganya masih terjaga.

Rumah-rumah warga Desa Sade dibangun dengan konsep yang sangat sederhana. Beratap alang-alang kering, dinding anyaman bambu, dan berlantaikan tanah liat. Meski sederhana, bangunan rumah di Desa Sade terbukti tahan gempa. Penasaran dengan apa yang membuat rumah di sana begitu kokoh? Yuk, mampir ke Desa Sade.

Rumah Ilalang 

Selain di Desa Sade, kamu bisa menemui orang Suku Sasak di Desa Bayan. Kamu nggak butuh mesin time travel-nya Avengers kalau pengen ngerasain suasana 5000 tahun sebelum masehi. Terbang ke Lombok, dan main ke Desa Bayan aja! 

Semua bangunan yang menyerupai lumbung padi, menjadi tempat tinggal masyarakat Desa Bayan sama seperti di abad ke-17. Semua unsur bangunan terbuat dari bahan-bahan alami. Dindingnya terbuat dari campuran tanah lempung dan kotoran sapi, sedangkan atapnya menggunakan ilalang. Bagi masyarakat Suku Sasak, rumah adalah hal yang private makanya kamu harus menjaga sopan santun saat ke tempat ini.

Belajar Tenun Kain Lombok

Mau belajar buat kain tenun? Mampir ke Desa Sukarara aja! Desa Sukarara yang letaknya di Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, dikenal sebagai pusat pembuatan kain songket khas Lombok. Lokasi Desa Sukarara ini berjarak sekitar 25 Km dari Kota Mataram dan bisa diakses dengan kendaraan bermotor sekitar 30 menit. 

Kamu juga bisa membeli kain tenun di desa ini untuk buah tangan. Harga kain tenun tergantung dari motif dan tingkat kesulitannya. Kualitas kain tenun atau songket di Desa Sukarara telah diakui hingga ke mancanegara, lho.

Nggak sabar ingin wisata budaya ke Lombok? Jangan ragu terbang ke Lombok, karena AirAsia sudah ada direct flight Jogja-Lombok, lho! Nikmati penerbangan dari Jogja ke Lombok dengan harga murah, aman dan nyaman.

Nikmati free bagasi 15 kg dan kabin sebesar 7 kg dari AirAsia. Terbang langsung Yogyakarta – Lombok dengan harga terjangkau bukan mimpi lagi. Booking di sini untuk terbang bersama AirAsia dan nikmati wisata budaya di Lombok. AirAsia: Now Everyone Can Fly!

Related Post