Olahraga Pagi atau Malam, Lebih Bagus Mana?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Olahraga Pagi atau Malam, Lebih Bagus Mana?

Olahraga Pagi atau Malam, Lebih Bagus Mana?

Makan makanan sehat tanpa olahraga tak akan memberi dampak apapun untuk tubuh. Ada beragam pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan, misalnya berlari, bersepeda, berenang, atau masih banyak lagi.

Padatnya aktivitas dan rapatnya jeda kegiatan membuat banyak orang (mungkin termasuk kamu) kebingungan menentukan waktu yang pas untuk berolahraga.

Ada yang bilang olahraga bagusnya di pagi hari, ada juga yang mengatakan sore hari. Lalu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Sisi positif olahraga pagi

Waktu pagi tubuh terasa lebih fit untuk beraktivitas. Makanya, pagi hari dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berolahraga. Saat olahraga pagi, otak melepaskan hormon endorfin dengan baik yang menyebabkan perasaan bahagia.

Berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan metabolisme yang membantu kamu membakar lebih banyak kalori.

Proses ini berperan besar untuk kamu yang lagi menjalani diet. Oh iya, berolahraga di pagi hari dengan perut kosong juga dapat membakar lebih banyak lemakhingga 20 persen. Selain itu, waktu sore atau malam hari lebih tidak terganggu karena dapat langsung beristirahat.

Sebuah penelitian menunjukkan berolahraga pada pukul 7 pagi dibandingkan sore atau malam hari, dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu orang yang berolahraga di pagi hari memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Sisi positif olahraga sore / malam hari

Bukan karena olahraga pagi punya banyak manfaat dan olahraga malam nggak bagus, lho ya. Olahraga sore atau malam ini juga memiliki beragam manfaat.

Pada saat itu, suhu tubuh naik bahkan berada di kisaran yang tertinggi di antara pukul 2-6 sore.  Selain itu, ini juga dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, serta daya tahan sehingga kondisi fisik siap untuk berolahraga ketika sore hari.

Detak jantung dan tekanan darah juga berada di fase paling rendah pada saat ini sehingga mengurangi kemungkinan kamu untuk cedera. Saat malam hari, oksigen dapat diserap lebih cepat ketimbang pagi sehingga penggunaan energi pun menjadi lebih efektif.

Baik olahraga pagi atau malam, keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tinggal kamu aja, nih, yang nentuin olahraga apa.

Biar olahraga makin seru , jangan lupa pakai Garmin Fenix 6 Series! Fenix 6 Series yang terdiri dari Fenix 6S, Fenix 6, dan Fenix 6X Pro yang bisa jadi pilihan kamu.

Fenix 6 dilengkapi dengan Power Manager untuk daya tahan baterai lebih lama, teknologi PacePro terbaru yang memungkinkan pelari untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan ketinggian, serta tampilan layar bulat paling besar di kelasnya.

Kerennya lagi, Fenix 6X Pro juga dilengkapi fitur pengisian daya tenaga surya, lho. Fenix 6X Pro Solar dilengkapi dengan Power Glass, yaitu lensa solar charging transparan yang memanfaatkan energi matahari untuk memperpanjang daya tahan baterai. Kepoin smartwatch Garmin lainnya di Urban Republic atau Eraspace.com!