Lakukan 5 Aktivitas Ini Agar Kesehatan Jantung Terjaga
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Lakukan 5 Aktivitas Ini Agar Kesehatan Jantung Terjaga

Lakukan 5 Aktivitas Ini Agar Kesehatan Jantung Terjaga

Jantung memiliki peran penting dalam tubuh. Berfungsi untuk memompa darah, peran jantung amat vital bagi kesehatan fisik. Yang menyedihkan, Indonesia masih belum lepas dari momok penyakit jantung.

Menurut berbagai survei Kementerian Kesehatan, penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab nomor satu kematian di Indonesia, dan penyakit arteri koroner merupakan kontributor utama.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa di Indonesia sebesar 1,5% atau 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita PJK. Jika dilihat dari penyebab kematian tertinggi di Indonesia, menurut Survey Sample Registration System tahun 2014 menunjukkan 12,9% kematian akibat Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Semenyeramkan itu, lho, yang nama penyakit jantung. Nah, nggak mau kan umur singkat karena penyakit atau serangan jantung? Penyakit jantung bisa banget dicegah dengan gaya hidup sehat. Berikut 5 tips menjaga kesehatan jantung agar selalu sehat bugar.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Hindari makanan berkalori tinggi. Kurangi juga makanan kaleng yang mengandung pengawet dan kadar gula tinggi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, kamu perlu mengganti camilan yang mengandung minyak dengan kacang-kacangan karena mengandung protein dan lemak sehat.

Rutin Olahraga 30 Menit Sehari

Beli sepatu udah, siapin waktu juga udah, biasanya rasa malas yang bikin niat olahraga tertunda. Bukan lamanya, tapi konsistensinya itu yang penting. Kalau cuma 30 menit tapi day by day, nggak cuma kurus, lho. Jantung juga makin sehat.

Saat olahraga, gunakan Huawei Watch GT2. Mau indoor atau outdoor, Huawei Watch GT2 cocok banget buat kamu yang punya tekad kuat olahraga tiap hari. Huawei Watch GT 2 mendukung pengenalan 15 modus olahraga, yakni 7 olahraga indoor seperti bersepeda, berenang, rowing machine, elliptical, free training, walkingrunning dengan threadmill. Nah, Huawei Watch GT2 juga dilengkapi dengan ketahanan terhadap air dengan tingkat resistensi 5 ATM. Artinya, jam bisa dipakai untuk berenang di air tawar hingga kedalaman 50 meter selama maksimal sepuluh menit.

Selain itu ada pula 8 mode outdoor yang bisa dikenali seperti berlari, berjalan, panjat tebing, cross country running, hiking, cycling, dan triathlon. Biar olahragamu nggak asal-asalan, jam ini juga bakal ngasih saran dengan mengeluarkan suara apakah tracking atau berenangnya sudah benar, sehingga aktivitas olahraga bisa lebih efektif.

Kurang-kurangin Lemak di Badan

Sebenarnya ini lanjutan dari saran yang di atas. Nggak ada cara lain menghilangkan lemak secara alami selain olahraga. Tubuh membutuhkan gizi yang seimbang, termasuk juga kandungan lemak. Tapi kebanyakan lemak bahaya banget, sob.

Menurut American Heart Association, kegemukan meningkatkan gangguan detak jantung stroke, gagal jantung, dan pembekuan darah. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghilangkan beberapa kilogram berat tubuh Anda akan menjaga jantung untuk tetap sehat.

Biar olahraga nggak angot-angotan, kamu bisa ngajak teman-teman dan olahraga bareng. Saat niat jogging sendirian, pastikan kamu bawa smartphone andalan dan earphone bluetooth Huawei Freebuds. Buka casingnya, dan Huawei Freebuds otomatis connect dengan ponsel pintarmu.

Bersama Huawei Freebuds, dengerin podcast idamanmu hingga 3 jam untuk sekali pengisian daya. Saat panggilan masuk, kamu cukup menyentuh bagian luar Freebuds karena sudah dilengkapi dengan Built-in G-Sensor yang menyederhanakan setiap operasi menjadi ketukan ganda yang elegan & efisien. Kepoin variasi bluetooth Huawei lainnya di sini.

Tidur cukup, Tidur Berkualitas

Kurang tidur tidak hanya membuat anda menguap sepanjang hari, tetapi juga membahayakan kesehatan jantung dan konsentrasi berkurang. Tidur 6-8 jam sehari jadi kunci menjaga kesehatan jantung. Ngomongin kualitas tidur, Huawei Watch GT2 juga memiliki fitur untuk mendeteksi kualitas tidur penggunanya melalui aplikasi True Sleep. Jam pintar ini bisa mendeteksi apakah pengguna sedang tidur ayam atau REM sleep, light sleep, atau deep sleep.

Kelola Stress Sedini Mungkin

Hindari cara menghilangkan stress dengan cara-cara yang tidak sehat misalnya, minum alkohol. Alihkan pada kegiatan-kegiatan yang mengandalkan fisik seperti traveling atau hiking. Untuk menjaga kesehatan jantung, Huawei Watch GT2 juga mampu membaca tingkat stres penggunanya.

Bahkan perangkat lunak True Seen 3.5 yang memiliki fitur pemantauan denyut jantung selama 24 jam penuh. Kerennya lagi, selain memantau denyut jantung, Huawei Watch GT 2 juga dapat memberi saran saat denyut jantung tidak wajar terdeteksi. Mengingat jantung adalah organ yang punya fungsi penting dalam tubuh, Watch GT2 setidaknya bisa mengingatkan kamu kalau jantung ada gangguan atau penyakit tertentu.

Huawei Waych GT2 Sporty

Dengan harga 2,7 sampai 2,9 juta rasanya Huawei Watch GT2 ini worth it banget buat di beli. Pengen Huawei Watch GT2 jadi sobat setia aktivitasmu sehari-hari? Kamu bisa punya Huawei Watch GT2 ini dengan belanja di Erafone.com atau mampir langsung ke retail di Erafone, Urban Republic, dan toko Huawei terdekat. Nikmati belanja gadget dari brand berkualitas dan bergaransi dengan harga bersaing!

Related Post