Jelajahi 4 Wisata Anti-Mainstream di Papua Barat Ini
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Jelajahi 4 Wisata Anti-Mainstream di Papua Barat Ini

Jelajahi 4 Wisata Anti-Mainstream di Papua Barat Ini

Apa yang terlintas di benakmu jika mendengar Papua? Hmm, Raja Ampat? Bener, sih, tapi Papua nggak cuma Raja Ampat, lho! Banyak banget keajaiban alam yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Papua.

Well, mumpung masih muda, Papua harus masuk target life kamu, nih. Karena sejatinya, Papua adalah Tanah Surga. Keindahan alam Papua yang terkenal hingga ke mancanegara membuat kesan liburan ke Papua harus merogoh kocek sampai bolong. Caranya, cabut aja ke Sorong, Papua Barat.

Berikut 4 spot di Sorong yang hits tapi murah meriah. Yuk, dikepoin!

Pantai Batu Lubang 

Pantai Batu Lubang merupakan salah satu tempat wisata di Sorong, Papua. Pasir berwarna putih, kontras berdampingan dengan ombak yang berbuih diikuti batu karang berserakan.

Bahkan, pantai ini bisa dikatakan sebagai Tanah Lot-nya Sorong. Wisata Pantai Batu Lubang yang terletak di balik bukit menjulang dan menyimpan keindahan tersendiri. Ombaknya yang tinggi, sangat cocok bagi pemilik hobi selancar. 

Tampa Garam

Bosan dengan sensasi ‘kopi senja’ di pantai Papua? Mampirlah ke Tampa Garam. Letaknya antara Kota Sorong dan Pantai Tanjung. Daerah ini merupakan perkampungan masyarakat yang rata-rata membangun rumah mereka di atas air.  

Sehingga pemandangan yang dihasilkan adalah perpaduan antara budaya masyarakat, rumah apung di atas laut dan matahari terbenam. Cocok banget, nih, buat foto-foto konten di media sosial.

Pulau Doom 

Mengunjungi Sorong, tak lengkap bila tak mengetahui unsur sejarahnya. Nah, makanya kamu wajib banget mampir ke Pulau Doom, nih. Dahulu pulau ini adalah bekas pusat pemerintahan Belanda di wilayah Timur Indonesia pada masa Perang Dunia II.

Menariknya lagi,  di Pulau Doom juga terdapat pemandangan laut yang indah dan  rumah-rumah tua peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini. Bekas peninggalan tersebut dilestarikan sebagai objek wisata sejarah. Selain karena keindahannya, Pulau Doom juga terkenal bebas polusi. Kendaraan utama di daerah ini adalah becak. 

Pulau Um

Pernah berkhayal bersantai di pulau di tengah-tengah laut? Jika ya, berarti kamu harus menyediakan waktu ke Pulau Um. Pulau ini luasnya sangat kecil. Cuma butuh waktu 15 menit untuk mengitari pulau ini dengan kaki telanjang.

Satu hal yang bisa dijanjikan oleh pulau ini. Ketenangan ala pantai perawan yang ingin bersembunyi dari keramaian dunia bisa kamu rasakan saat bersantai di Pulau Um. Dari Kota Sorong, tersedia angkutan umum menuju Makbon dengan tarif Rp 15.000 one way. Perjalanan sejauh 40 kilometer tersebut akan ditempuh dalam waktu sekitar 2 hingga 3 jam. 

Tiba di Makbon, Anda masih harus melanjutkan perjalanan menuju Pulau Um dengan menggunakan longboat sewaan; maklum, belum tersedia transportasi umum menuju ke sana. Untuk menyewa longboat ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 300.000 untuk berkendara selama 30 menit hingga tiba di Pulau Um. Harganya nggak kaku, lho. Kalau pintar-pintar menawar kamu bisa dapat harga lebih murah. 

Liburan ke Sorong emang anti bikin kantong bolong! Apalagi kalau terbang pakai AirAsia. Yap, sekarang kamu menikmati penerbangan murah langsung Jakarta – Sorong AirAsia.

Selain penerbangan dengan harga terjangkau, dapatkan juga 15 kg free bagasi. Ditambah bagasi kabin 7 kg, kamu nggak perlu khawatir bawa banyak bawaan berlibur ke Sorong. Pastinya terbang dengan AirAsia bikin biaya tiket pesawat nggak over budget. Cek di sini untuk cek jadwal dan booking penerbanganmu.

Related Post