Empat Tips Belanja Pintar
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Empat Tips Belanja Pintar

Empat Tips Belanja Pintar

Kegiatan yang dinamakan shopping adalah sebuah hal yang menyenangkan, yang kurang menyenangkannya tentu saja adalah saat membayar, terutama waktu total belanjaan kita melebihi bujet belanja alias overbudget. Berikut beberapa tips agar kamu tetap bisa belanja tanpa khawatir overbudget :

1. Catat Sebelum Belanja
Sebelum kamu pergi belanja selalu biasakan catat barang apa saja yang harus dibeli. Hal ini untuk memudahkan saat kamu sampai lokasi belanja. Jadi berbekal catatan tersebut kamu langsung kumpulkan barang-barang yang akan dibeli.

Dengan cara ini berarti kamu belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan. Jika memang masih ada bujet lebih setelah membeli kebutuhan wajib, sesekali kamu boleh belanja barang sesuai keinginan.

2. Lihat Katalog Toko
Di zaman digital saat ini, sebagian besar toko ternama pasti memiliki website atau channel sosial media. Hal tersebut memudahkan kamu untuk melihat produk apa yang saja yang masih tersedia untuk dijual. Tidak itu saja, biasanya akan dilengkapi informasi detil barang tersebut. Informasi barang ini bisa berupa penjelasan fungsi, cara pemakaian, ukuran barang, harga, dsb.

Nah, kalau sudah tahu informasi barangnya kamu bisa bandingkan antar toko. Barang mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet kamu.

Kalaupun kamu ingin belanja kebutuhan bulanan di supermarket, biasanya mereka rutin membagikan katalog belanja yang tersedia di tokonya. Kalau sudah begitu, tinggal bandingkan dengan katalog supermarket lain saja. Tentu menyenangkan bukan, kalau kita memiliki beberapa pilihan.

3. Ingat Jadwal Diskon Tertentu
Namanya persaingan bisnis itu pasti ketat. Itu sebabnya para produsen, toko, dan pebisnis selalu memberikan promosi kepada konsumen termasuk diskon. Diskon ini bisa berasal dari toko tempat kita belanja atau dari alat bayar yang kita gunakan.

Bicara soal diskon, hal ini sebenarnya bisa terlihat polanya. Untuk skala waktu tahunan biasanya diskon ada di awal dan akhir tahun untuk menghabiskan stok barang. Ada juga diskon untuk merayakan hari-hari besar seperti Imlek dan Lebaran.

Untuk skala waktu bulanan, pemberian diskon sering diberikan pada saat tanggal gajian 25-28 tiap bulannya. Kalau bicara minimarket, supermarket, dan hipermarket diskon banyak diberikan pada akhir pekan (Jumat, Sabtu, dan Minggu). Biasanya mereka akan mengeluarkan katalog belanja.

4. Manfaatkan Loyalty Program

Prinsip konsumen adalah raja selalu berlaku. Para pelaku bisnis terus berupaya memberikan layanan tambahan kepada pelanggannya. Salah satu caranya adalah membuat loyalty program. Biasanya toko-toko akan memberikan penawaran terbatas khusus untuk konsumennya yang loyal. Hal ini sudah banyak ditemui dalam keseharian kita.

Namun, sekarang loyalty program tidak hanya berlaku di satu toko atau satu grup bisnis tertentu. Saat ini telah hadir gabungan loyalty program seperti GetPlus. Program seperti ini telah populer di beberapa negara sebelumnya. Hal ini memberikan kesempatan pada brand untuk menawarkan pelanggannya lebih banyak pilihan di luar loyalty program -nya.

Dengan GetPlus, kamu bisa mendapatkan poin dari setiap belanja harian kamu yang bisa ditukar dengan berbagai voucher belanja menarik dari merek-merek terkenal seperti MAP, Sodexo, CT Corps, Boga Group dan IKEA.

Untuk anggota baru, kamu akan mendapatkan bonus poin 20.000, dan kalau kamu ajak temen kamu, kamu akan dapat poin 10.000 untuk setiap teman yang berhasil kamu ajak jadi anggota. Masih ada lagi nih, buat para pengguna kartu kredit BCA, GetPlus memberikan ekstra poin 50% untuk anggota yang menukarkan poin Rewards BCA-nya menjadi poin GetPlus. Promosi ini berlaku sampai Mei 2019.

Yuk, mulai sekarang kita pastiin kita selalu dapat reward lebih dari belanja kita dengan nerapin tips belanja pintar!

Related Post