Coba Cek, Ini 5 Tanda Kamu Pintar Mengatur Keuangan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Coba Cek, Ini 5 Tanda Kamu Pintar Mengatur Keuangan

Coba Cek, Ini 5 Tanda Kamu Pintar Mengatur Keuangan

Selain memiliki penghasilan, tanda orang mandiri adalah memiliki kemampuan mengatur keuangan. Alih-alih punya penghasilan yang besar, percuma kalau kamu selalu merasa kekurangan. Makanya, mengelola keuangan termasuk lesson life yang sangat berharga.

Pengen tahu apakah kamu termasuk orang yang boros atau justru cerdas mengatur uang? Menukil dari businessinsider.sg, seenggaknya ada 5 tanda yang bisa kamu lihat apakah kamu termasuk pandai mengatur uang atau termasuk ‘boros-boros club’ nih. Check it out!

Tahu Jumlah Penghasilan

Kalau kamu sudah bekerja pastinya terima gaji, dong? Tapi penghasilan dan gaji itu dua hal yang berbeda. Gaji bisa menjadi salah satu sumber penghasilan, tapi penghasilan nggak cuma gaji. Bisa juga dari iseng-iseng kerja freelance, bisnis onlineshop, atau bunga investasi yang kamu tanam.

Tahu Jumlah Pengeluaran

Nah, sebenarnya ini prinsip mengelola keuangan yang dasar banget. Intinya, pengeluaran jangan lebih besar dari pemasukan. Sesederhana itu! Kalau kamu merasa selalu kurang di penghujung gajian rasanya harus kamu harus lebih mawas diri. Artinya ada yang nggak balance antara pemasukan dan pengeluaranmu.

Bisa Bayar Tagihan Tiap Bulan

Punya utang itu sah-sah aja. Selama kamu tahu mana utang produktif dan mana utang konsumtif. Misalnya, cicilan rumah. Karena harga properti terus mengalami kenaikan, artinya kamu sedang memiliki utang produktif. Hindari membeli produk yang makin lama valuasinya makin menurun dengan berutang. Selain bunganya mahal, kalau barang itu ternyata nggak butuh-butuh amat bakalan nggak ikhlas bayarnya.

Punya Tabungan

Menurut banyak pakar ekonomi, paling tidak kamu menyisihkan 10-20 persen dari penghasilan untuk ditabung. Karena hidup kan nggak cuma sehari, seminggu, atau sebulan doang. Kita nggak tahu keadaan darurat apa yang bakal menimpa kita. Selain itu, kita juga harus menyisihkan dana untuk pensiun dan investasi. Untuk menabung, diperlukan kemauan berkata ‘enggak’ buat sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Bisa Beli Sesuatu yang Kamu Inginkan

Beli hal yang diinginkan itu mudah. Yang jadi persoalan, apakah setelah membeli barang tersebut kamu akan kekurangan? Saat kamu bisa membeli sesuatu yang kamu pengen tapi penghasilan masih cukup dan punya tabungan, artinya kamu punya manajemen keuangan yang baik. Saat keadaan darurat, kamu juga memiliki dana yang cukup untuk mengatasi masalah jika diperlukan.

Pengen belanja gadget tapi penghasilan bulanan nggak ludes? Ikutan Hujan Hadiah Erafone.com aja! Menjelang akhir tahun, Indonesia memasuki musim penghujan. Tapi nggak cuma awan yang menurunkan hujan. Erafone juga bikin Hujan Hadiah, lho! Di Hujan Hadiah Erafone, kamu berkesempatan mendapat bonus merchandise menarik, mulai dari tumbler sampai tote bag kece!

Kamu juga berkesempatan dapet tambahan diskon sampai 500 ribu rupiah dengan transaksi menggunakan Kartu Kredit tertentu dan dapatkan cicilan 0% hingga 24 bulan untuk setiap pembelian gadget di Erafone stores! Promo Hujan Hadiah Erafone berlaku hingga 8  Desember. Yuk, kapan lagi belanja gadget dapat merchandise keren? Belanja di Erafone.com, barang berkualitas harga bersaing dan pastinya bergaransi!

 

Related Post