Cerdas Kelola Keuangan Jelang Lebaran
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Cerdas Kelola Keuangan Jelang Lebaran

Cerdas Kelola Keuangan Jelang Lebaran

Perayaan terbesar di Indonesia yakni Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah semakin dekat. Jatuh pada 4-5 Juni 2019, Lebaran tinggal kurang dari 2 bulan lagi, lho.

Umumnya, menjelang dan saat Lebaran, belanja masyarakat meningkat: tambahan untuk buka puasa, sahur, THR asisten rumah tangga, bayar infal, mudik, dll. Agar tidak keteteran atau bahkan sampai minus, sebaiknya kamu mulai berhitung dari sekarang, pemasukan dan rencana pengeluaranmu pada masa jelang dan selama Lebaran. Berikut tipsnya:

  1.      Hitung semua pemasukan

Langkah awal yang musti kamu lakukan adalah menghitung potensi pemasukan menjelang Lebaran. Kalau kamu bekerja sebagai karyawan kantoran saja relatif lebih mudah karena potensi pemasukannya paling tidak ada tiga kali lagi, yakni gajian bulan April, gajian Mei dan Tunjangan Hari Raya (THR) yang kemungkinan akan diberikan pada pertengahan bulan Mei. Kalau kamu ada side job, kamu juga bisa masukkan upah side job dalam daftar masukan kamu.

Selanjutnya, jumlahkan potensi pemasukan, setelah itu kurangi dengan pengeluaran rutin 2 bulan (Mei dan Juni). Angka yang keluar tersebut adalah dana yang bisa kamu gunakan untuk Lebaran.

  1.  Belanja harian pakai poin loyalty program

Selain gaji dan THR, Lebaran ini kamu bisa juga manfaatkan poin loyalty program yang kamu miliki untuk ditukar dengan reward yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Coba deh kamu cek jumlah poin kamu, dan kamu liat reward apa yang bisa kamu pakai untuk belanja harian.

  1.  Bagi-bagi tugas dengan anggota keluarga   

Dari sekian banyak pengeluaran jelang dan saat Lebaran, beberapa diantaranya bisa ditekan asal kamu mau melakukan effort lebih. Misalnya Lebaran ini kamu tidak perlu pakai jasa infal, sebab tugas rumah tangga bisa dibagi-bagi dengan anggota keluarga. Hal ini bukan hanya mengurangi pengeluaran tapi juga dapat jadi kegiatan yang seru bersama keluarga, lho!

  1. Dine-out pakai poin loyalty program

Pengeluaran lainnya yang bisa ditekan adalah jatah makan di luar. Makan di luar bisa menghabiskan banyak biaya, jadi kenapa nggak manfaatkan poin loyalty program yang kamu miliki untuk tetap bisa makan di luar tanpa harus keluar uang.

  1. Jadi anggota GetPlus!

Bicara loyalty program sekarang ada GetPlus, loyalty program yang memungkinkan anggota dapat poin dari setiap transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama. Dengan GetPlus, kamu bisa mendapatkan poin dari setiap belanja harian kamu, dan kamu bisa tukar poinnya dengan berbagai voucher belanja menarik dari merek-merek terkenal seperti MAP, Sodexo, CT Corps, Boga Group dan IKEA.

Untuk anggota baru, kamu akan mendapatkan bonus poin 20.000, dan kalau kamu ajak temen kamu, kamu akan dapat poin 10.000 untuk setiap temen yang berhasil kamu ajak jadi anggota. Jadi, yuk rayakan Lebaran dengan memanfaatkan loyalty program! Let’s get more, let’s GetPlus!

Related Post