Bukan Sekadar 'Mainan', Ini 5 Alasan Kamu Harus Pakai Drone
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Bukan Sekadar ‘Mainan’, Ini 5 Alasan Kamu Harus Pakai Drone

Bukan Sekadar ‘Mainan’, Ini 5 Alasan Kamu Harus Pakai Drone

Menghasilkan video dengan beragam angle kamera menjadi idaman banyak content creator. Karena angle yang beragam membuat konten menarik untuk dilihat dan tidak membosankan. Action camera jenis drone jelas bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan menggunakan drone, kamu memang bisa membuat video dengan cakupan luas yang dapat memperlihatkan pemandangan indah dari angkasa karena memang dibekali dengan kemampuan ‘bird eye‘. Tapi apakah drone hanya untuk itu?

Berikut 5 alasan mengapa kamu sebaiknya memiliki drone. Yuk, disimak!

Memantau keamanan di tempat tinggal

Di dalam militer, drone memang sudah jamak digunakan untuk memantau area-area perbatasan dan konflik. Nah, dengan action cam drone, kamu dapat memantau situasi dan kondisi daerah sekitar tempat tinggalmu.

Bahkan, perusahaan Airobotics mempunyai cita-cita untuk membuat drone yang bertugas sebagai perangkat keamanan, namun berisfat otomatis, tanpa pilot manusia yang menghabiskan banyak dana.

Nggak cuma patroli, drone ini juga mampu melakukan inspeksi keamanan reguler, dan melakukannya tiap jam. Berbagai hal yang bisa dilakukan meliputi pemindaian temperatur dan memonitor fasilitas yang ada di daerah yang ingin diamankan. Asal jangan dipakai buat stalking gebetan atau mantan aja, sob.

Dapat menganalisis daerah dengan peta 

Memiliki akses informasi yang akurat dan tepat waktu di lapangan adalah kunci untuk mengidentifikasi dan meminimalkan masalah yang terjadi di daerah atau kota tempat kamu tinggal. Dengan drone kamu bisa melihat situasi terkini daerah yang datangi dan langsung membandingkannya dengan Live Map.

Dengan drone kamu bisa membanding bagaimana pembangunan di daerahmu dan perubahan-perubahan alam seperti apa yang terjadi di tempat tinggalmu.

Memudahkan fotografi Arsitektur yang Lebih Keren

Fotografi arsitektur adalah sebuah cabang tersendiri dalam dunia fotografi. Jika ingin memotret pemandangan gedung bertingkat di daerah perkotaan, dahulu orang harus naik ke gedung tinggi atau memotret dari helikopter.

Saat ini sudah banyak fotografi arsitektur yang dimudahkan dengan keberadaan drone. Tidak perlu ‘berlelah-lelah’ menaiki gedung tinggi atau menyewa pilot helikopter, kamu bisa memotret arsitektur dengan genggaman remote.

Bisa jadi kurir atau penanganan bencana

Kedengarannya memang aneh. Tapi di dunia ini sudah ada yang melakukannya. Hal ini sudah dilakukan perusahaan seperti Zipline dan juga Matternet.

Matternet bahkan mengantar sampel darah masyarakat desa untuk diperiksa laboratorium di kota. Selain itu, drone memang sangat baik soal penanganan bencana, karena drone bisa mengakses daerah yang rusak karena gempa bumi ataupun banjir.

Selain itu, banyak industri jasa pengiriman logistik yang menaruh masa depannya di drone. Berbagai perusahaan e-commerce serta ekspedisi seperti Amazon dan UPS bahkan sudah melakukan uji coba.

Bahkan, menurut Techcrunch, drone sudah jauh lebih efisien ketimbang truk dalam hal kecepatan dan efisiensi bahan bakar.

Selfie dengan angle yang lebih keren

Selfie dengan smartphone atau action cam sudah terlampau mainstream. Coba, deh, selfie pakai drone. Apalagi di bagian belakangnya ada panorama gunung atau pulau. Bakalan keren abis, tuh, selfie kalian.

Lagi butuh drone dengan spesifikasi keren tapi compact buat dibawa travelling? Coba lirik DJI Mavic 2! DJI Mavic 2 terbagi dalam dua pilihan yakni DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom. DJI Mavic 2 Pro sendiri adalah drone pertama yang menggunakan kamera Hasselblad.

Meski penampakan dan tampilannya cenderung mirip dengan DJI Mavic generasi sebelumnya, Mavic 2 Pro ini sudah dibekali banyak pembaharuan. Kamera yang disematkan pada DJI Mavic 2 Pro tersebut dilengkapi sensor 1 inchi dengan kualitas 20 mp. Selain itu Mavic 2 Pro juga dilengkapi sensor CMOS dengan bukaan diafragma f/2,8 -f/11.

Kamu butuh pencitraan yang lebih kreatif dan komposisi gambar yang lebih dinamis? Ada DJI Mavic 2 Zoom, yang siap mengakomodir kebutuhan kontenmu. Dengan Mavic 2 Zoom, kamu bisa lebih dekat dengan subjek dengan menggabungkan dua kali optical zoom (24-48 mm) dengan dua kali digital zoom untuk mensimulasikan lensa telefoto 96 mm.

Mavic 2 Zoom juga dilengkapi dengan hybrid auto-focus, yang menggabungkan phase and contrast detection untuk akurasi fokus lebih tinggi, yakni dengan peningkatan kecepatan fokus hingga 40 persen lebih cepat. Jadi selfie atau wefie dengan teman-teman saat traveling jadi keren maksimal! Cek ragam drone DJI di sini!

 

 

 

 

Related Post