Asal Mula Lahirnya Piala Presiden Esports 2019
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Asal Mula Lahirnya Piala Presiden Esports 2019

Asal Mula Lahirnya Piala Presiden Esports 2019

Kata esports (olahraga elektronik) semakin terkenal di Indonesia sejak Agustus 2018. Pasalnya, Indonesia yang saat itu sebagai tuan rumah Asian Games menambah cabang olahraga baru yang dipertandingkan yakni esports. Saat itu ada enam games esports yang dilomakan yakni Arena of Valor, Clash Royale, Hearthstone, League of Legends, Pro Evolution Soccer dan Star Craft II.

Waktu beranjak, bulan berganti bulan, gaung esports masih terasa di Indonesia. Pasalnya di akhir Januari 2019 ada turnamen esports lagi yang digelar.

Turnamen ini bertajuk Piala Presiden Esports 2019. Event ini dikerjakan oleh Indonesia Esports Premier League (IESPL). Adapun games yang dipertandingkan hanya satu Mobile Legends saja.

IESPL adalah sebuah Organisasi Liga Esports pertama yang ada di Indonesia. IESPL diprakarsai oleh Giring Ganesha selaku Presiden IESPL. Dalam Piala Presiden Esports 2019, Giring juga berposisi sebagai Ketua Organizing Comittee.

Giring menjelaskan sesuai dengan namanya, Piala Presiden Esports 2019 merupakan ide dari Presiden Indonesia Joko Widodo yang disampaikan melalui Ketua Bekraf Triawan Munaf. “Idenya ini sejak tahun 2017. Tapi mungkin karena masih repot baru bisa dieksekusi sekarang. November (2018) mulai pitchingnya dan 2019 mulai (turnamen),” ungkap Giring kepada rekan media saat konferensi pers.

Giring berharap dengan adanya kompetisi esports ini dapat mennyaring atlet-atlet esports yang ada di Indonesia. “Dengan begitu mereka (atlet esports) dapat punya masa depan yang cerah dan juga bisa terkenal seperti artis atau atlet-atlet yang lain,” ungkapnya.

Angky Trijaya, Wakil Organizing Committee Piala Presiden Esports menambahkan event ini juga menjawab keinginan para komunitas esports yang ada di Indonesia. Dia juga bilang ke depannya Presiden Jokowi juga menginginkan adanya acuan standarisasi untuk bahas esport di Indonesia. “Kami akan undang para ahli untuk bahas ini dan akan dibantu oleh 7 kementerian,” ujar Angky.

Acuan standarisasi ini diperlukan karena masih ada sebagian masyarakat yang menganggap kalau main game itu hanyalah buang-buang waktu dan jelek untuk kesehatan.

 

Related Post