5 Kuliner Pedas di Lombok yang Siap Bikin Lidah ‘Terbakar’
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 5 Kuliner Pedas di Lombok yang Siap Bikin Lidah ‘Terbakar’

5 Kuliner Pedas di Lombok yang Siap Bikin Lidah ‘Terbakar’

Bumi Lombok dikenal sebagai tempat dengan pemandangan alam yang lengkap. Mulai dari Gili, Gunung Rinjani, sungai, hingga air terjun, semuanya ada di Lombok. Tapi menikmati keindahan alam di Lombok tanpa menjajal kulinernya bak makan sayur tanpa garam. 

Sebagai destinasi wisata yang terkenal hingga ke mancanegara, Lombok juga pernah menyabet penghargaan tempat wisata halal terbaik dan tempat wisata halal bulan madu terbaik dalam ajang Internasional World Halal Travel Award 2015. 

Untuk para pencinta makanan pedas, pastinya bakal betah lama-lama di Lombok. Soalnya, kuliner pedas di Lombok enak-enak dan mudah ditemui. Penasaran? Berikut 5 kuliner pedas khas Lombok yang siap menggoyang lidahmu. 

Plecing Kangkung

Sekilas kuliner ini nggak terlalu beda dengan Cah Kangkung di banyak restoran. Fyi, kangkung Lombok berbeda dengan kangkung pada umumnya. Ukuran batang yang sedikit lebih besar membuat kangkung lebih renyah saat dikunyah. 

Sensasi ‘kriuk’ ketika makan Plecing Kangkung disajikan dengan paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya begitu menggetarkan lidah. Saking nikmat dan pedasnya, setiap orang yang makan Plecing Kangkung pasti menangis di tempat. Tertantang?

Sate Bulayak

Bagi penikmat sate garis keras, nggak afdol kalau nggak menikmati makanan yang satu ini. Jika sate ayam atau kambing terasa mainstream, di Lombok ada Sate Bulayak yang terbuat dari daging sapi. Sapi-sapi di Lombok dibiarkan liar di alam. Makanya daging sapi di Lombok bisa empuk banget!

Uniknya, Sate Bulayak disajikan bersama lontong yang dibungkus dengan daun lontar yang diikat secara spiral. Yang bikin nagih itu Sate Bulayak disajikan bersama sambal khas suku Sasak, suku asli Lombok. Serunya lagi, sate bulayak disantap tanpa menggunakan sendok maupun garpu. Jadi, hajar aja langsung pakai tangan!

Nasi Balap Puyung

Tenang, kamu nggak disuruh balapan, kok, saat menikmati kuliner yang satu ini. Katanya, sih, orang yang sebelumnya nggak suka pedas bisa jadi suka karena makan Nasi Balap Puyung. Rasanya pedas dan gurih dari suwiran ayam bakalan bikin ketagihan. 

Campuran suwiran ayam atau ayam goreng pedas, udang rebon, dan abon serta belut kering pastinya bikin kamu `menelan liur` sebelum mencoba, hehehe.. Tertarik?

Ayam Taliwang

Kuliner yang satu ini juga sudah lama jadi makanan favorit banyak turis. Ayam Taliwang terkenal dengan rasa gurih dan pedas yang maknyus banget! Rahasianya terletak pada pemilihan ayam kampung.

Ayam kampung yang dipilih harus yang masih muda. Saat dimakan dengan sajian bakar atau goreng, Ayam Taliwang mudah sekali lepas dari tulangnya. Juaralah pokoknya! Sensasi pedas Ayam Taliwang, bisalah diadu sama pedasnya mulut tetangga. Hehehe..

Sate Rembiga

Masih dari dunia persatean, nih. Sambil menikmati keindahan alam Lombok, jangan lupa mencicipi Sate Rembiga yang rasanya nggak kalah gokil dengan Sate Bulayak. Nama Rembiga diambil dari Desa Rembiga yang sangat terkenal di Lombok. 

Di sana, sapi dibiarkan liar mencari pangan. Makanya Sate Rembiga ini empuk banget. Rasanya gurih, manis, dan… pedas! Udah jauh-jauh ke Lombok tapi nggak nyobain Sate Rembiga, nyeselnya pasti sampai seumur hidup. 

Pulau Lombok memang surganya kuliner pedas. Cocok, nih, buat Arek Suroboyo. Penasaran dengan sensasi kuliner pedas Lombok yang menggugah selera?

Yuk, terbang ke Lombok bareng AirAsia! Terbang dari Surabaya ke Lombok dari harga 476 ribu rupiah, kamu bisa menikmati pemandangan alam Lombok dan menikmati beragam kuliner pedasnya. 

Selain harga penerbangan terjangkau, kamu juga mendapat 15 kg free bagasi. Ditambah bagasi kabin 7 kg, kamu nggak perlu khawatir bawa banyak bawaan berlibur ke Lombok. Terbang pakai AirAsia, liburan nyaman dan nggak bikin biaya tiket pesawat over budget. Booking tiket-mu sekarang juga di sini!

Related Post