home Inside Kurio 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

Jika kamu adalah orang yang punya smartphone berkapasitas baterai 5000mAh tapi baterai cepat habis padahal nggak ngapa-ngapain, bisa jadi kamu melakukan beberapa kebiasaan buruk ini. Yap, bahkan kebiasaan ini bisa menyebabkan smartphone-mu rusak secara bertahap.

Demi mencegah smartphone cepat rusak, sebaiknya kamu mulai mengubah beberapa kebiasaan buruk ini. Dilansir dari pcmag.com, berikut ini kebiasaan yang bikin baterai smartphone cepat habis. Yuk, disimak!

Menyalakan mobile data saat terkoneksi wi-fi

Tenang, banyak yang nggak sadar sedang melakukannya, kok. Padahal, ngapain juga? Ada baiknya kamu membiasakan diri untuk mematikan mobile data ketika menggunakan wi-fi, begitu pula sebaiknya.

Soalnya, mobile data akan terus mencari sinyal internet ketika dinyalakan meskipun wi-fi sedang beroperasi.

Smartphone menyala terus

It means … layar smartphone kamu nyala terus! Fyi, tenaga baterai smartphone yang mengalir ke layar sangatlah besar. Menggunakan smartphone berarti kamu membuat layar menyala. Layar yang menyala tanpa “istirahat” bisa membuat daya terkuras, lho. Dan buat mata juga nggak bagus lihat layar melulu.

Brightness yang ketinggian

Selain bisa merusak mata, kecerahan layar yang terlalu tinggi juga menghabiskan daya baterai. Sebaiknya atur brightness smartphone yang sesuai dengan situasi. Misalkan lagi di dalam ruangan yang lampunya cukup terang, brightness nggak usah sampai full.

Jangan charge pas 0%!

Kalau cuma sekali-sekali, sih, nggak papa. Yang bahaya itu kalau tiap mau nge-cas, baterai sampai benar-benar habis. Mulai sekarang coba biasakan charge smartphone saat baterai sudah 20%. Di bawah 20%, umumnya smartphone tidak bisa membuka aplikasi bermemori besar.

Pakai adapter dan USB cable palsu

Hmmm, ini yang bikin baterai tidak mengisi daya secara maksimal. Masalahnya, kalau pakai kabel dan adapter kw kita nggak tahu apakah dibuat sesuai dengan standar brand smartphone yang dipakai.

Beli aksesoris smartphone terpercaya dan asli? Yuk, cek di Eraspace.com ! Mau belanja gadget tapi untung terus? Daftarkan dirimu di member Eraclub. Enaknya jadi member, kamu bisa dapet penawaran menarik untuk belanja gadget.

Dapatkan juga poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.

Belanja gadget di Eraspace.com barang orisinal, harga bersaing, dan pastinya bergaransi!