5 Cara Bikin Konten Vlog Jadi Lebih Menarik
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 5 Cara Bikin Konten Vlog Jadi Lebih Menarik

5 Cara Bikin Konten Vlog Jadi Lebih Menarik

Video blog atau yang biasa disingkat dengan vlog menjadi tren menikmati informasi yang beken belakangan ini. Apalagi semenjak kemunculan Youtube dan beragam channel media sosial lain yang bermunculan.

Tidak harus menggunakan kamera profesional, setiap orang punya peluang jadi vlogger. Tinggal pikirin, deh, mau konten apa dan dibungkus kayak gimana. Berikut ini 5 tips yang bisa bikin vlog jadi makin menarik.

  • Durasi Sesuai

Ini soal durasi. Sebaiknya durasi konten vlog nggak terlalu panjang atau terlalu pendek. Kecuali yang kamu bikin memang lagu atau musik aransemen gitu. 

Sebaiknya durasi vlog yang kamu buat berkisar 10-20 menit. Jika terlalu panjang, umumnya viewers akan merasa bosan. Tapi bukan berarti kamu nggak boleh bikin konten sepanjang 1-2 jam. Sah-sah aja. Apalagi kalau kamu sendiri sudah jadi content creator terkenal. Ide mampir bentar, langsung aja eksekusi, sob!

  • Bikin Thumbnail Menarik

Ibarat buku butuh cover yang menarik, video di YouTube dan Instagram juga butuh thumbnail yang menarik supaya mentrigger orang mau nonton. Sebaiknya thumbnail image dipilih berdasarkan adegan menarik yang diambil dari video yang kamu rekam. Nah biar makin mudah, kreasikan karyamu menggunakan aplikasi edit video di iPad yang bisa dibawa kemana-mana. Coba cek iPad 6, yang mana sudah bisa digunakan dengan Apple Pencil, segala ide di kepala bisa langsung tercipta!

  • Manfaatkan Action Camera

Enaknya jadi vlogger, kamu nggak butuh kamera yang gede banget. Apalagi kalau konten vlog kamu wawancara. Biasa orang yang diwawancara bakal gelagapan ngelihat kamera profesional.

Memakai action camera bisa jadi pilihan untuk ngevlog, karena ukurannya yang kecil cenderung praktis dan enak dipegang sambil jalan-jalan. GoPro Hero 7 Black bisa jadi action cam andalanmu di segala situasi. 

GoPro Hero 7 Black, juga dilengkapi dengan lcd monitor yang memudahkan kamu dalam pengambilan gambar. Rekam momen menyenangkanmu dengan GoPro Hero 7 Black. Jalanan terjal di pegunungan, nggak jadi masalah buat action camera yang satu ini.

Dibekali fitur Hypersmooth bikin rekaman perjalanan di gunung, lari-lari di pantai atau medan berat lainnya bakalan smooth abis. Yang lebih seru lagi, GoPro Hero 7 Black juga udah dibekali fitur TimeWrap. Jadi nggak usah lagi tuh, ngedit video dijadiin timelapse. Cek ragam action cam GoPro di Eraspace.com.

  • Pakai Gimbal Kece

Pengen jadi Youtuber modal dengkul doang? Wait, maksudnya modal dengkul ini minimalis gitu. Bisa, lho, bikin vlog modal smartphone doang.

Nah, biar gambarnya nggak shacking, kamu wajib pakai gimbal kece, DJI Osmo Mobile 3, sob! Asli, ini gimbal akan membantu kamu merekam banyak momen keren. Tinggal koneksikan dengan bluetooth, gimbal ini bisa langsung digunakan.

Begitu “dikawinkan” dengan ponsel pintar, kamu akan dimanjakan dengan beragam fitur. Antara lain Timelapse dan hyperlapse yang langsung bisa pakai tanpa edit berlama-lama. 

Selain itu fitur Creative Story memungkinkan kamu untuk melakukan beragam creative editing untuk video dengan sejumlah musik preset, transisi video, dan filter. Tugasmu hanya memilih template yang menyenangkan.

Selain fitur gimbal, kalau kamu beli paket lengkap DJI Osmo Mobile 3, kamu bakal dapetin mini tripod yang bisa digabungkan dengan gimbal kece ini. Jadinya ya nggak usah bawa tripod gede modal smartphone aja, bisa langsung dipakai.

  • Pakai Smart Lamp Philips Hue

Yang ini, penting banget buat latar belakang warna di vlog kamu. Biar mood di video bisa langsung sampai ke viewers, dibutuhkan warna yang mendukung. Untuk kebutuhan warna, kamu bisa memakai Philips Hue.

Dengan Philips Hue, nikmati sensasi permainan 16 juta kombinasi warna yang bisa kamu mainkan dari ponsel pintarmu. Philips Hue juga dapat mempercantik dan menyempurnakan suasana ruangan hingga 20000 jam lebih.

Kamu juga bisa mengganti warna di Philips Hue lewat 700 aplikasi, contohnya Hue Disco yang membuat lampu bisa memberikan warna cahaya yang disesuaikan irama musik. Dengan mengandalkan koneksi internet, lampu cerdas Philips ini bisa dihubungkan ke berbagai aplikasi yang ada di ponsel pintarmu.

Saat malas bergerak, kamu tetap bisa memainkan warna dari Philips Hue dengan fitur perintah suara lewat Google Home dan alat perintah suara lainnya. Bahkan kamu bisa memerintah Philips Hue untuk menghidupkan atau menonaktifkannya lewat suara. Cekharga  lampu pintar Philips Hue di Eraspace.com.

  • Jangan Lupa Rehat Sejenak

Terkadang, saat lagi asyik membuat konten, kita jadi suka lupa waktu dan membiarkan tubuh bekerja terus menerus, padahal sebenarnya kesehatan adalah yang utama. So, jangan biarkan dirimu terlalu lelah dan selalu meluangkan waktu untuk istirahat. Saat sedang di perjalanan, kamu bisa menggunakan Xiaomi 8H Travel Pillow yang akan membuatmu tetap nyaman hingga mengurangi tekanan dan kelelahan.

Related Post