4 Hidden Paradise Labuan Bajo yang Sayang Jika Terlewatkan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips 4 Hidden Paradise Labuan Bajo yang Sayang Jika Terlewatkan

4 Hidden Paradise Labuan Bajo yang Sayang Jika Terlewatkan

Apa yang terlintas di benakmu kalau dengar Labuan Bajo? Pantai Pink dan Pulau Komodo? Itu sudah mainstream. Sebagai destinasi wisata bagian timur Indonesia favorit, Labuan Bajo menyimpan banyak keindahan alam lainnya. 

Selain keindahan alam, banyak spot di Labuan Bajo yang juga menawarkan keindahan dan keragaman budaya. Jika Labuan Bajo membuatmu rindu, kamu harus mampir ke 4 tempat ini. Keren, nih, buat konten media sosialmu. Check this out!

Gua Rangko

Bayangkan, saat ini kamu berenang di dalam gua yang airnya biru dan jernih. Rasanya pasti adem banget! Kalau begitu, kamu wajib ke Gua Rangko. Gua Rangko disebut juga sebagai gua rahasia. 

Gua Rangko yang berada di Desa Rangko ini menawarkan panorama keindahan alam yang bakalan bikin kamu nggak berhenti kagum. Kamu bisa menikmati pemandangan batu stalakmit dan stalaktitnya hingga danau mata air yang berwarna biru jernih. Dijamin kamu nggak bakal tahan untuk diam di rumah, dan ingin segera terbang ke Labuan Bajo!

Medan untuk sampai ke Desa Rangko cukup berat. Makanya jangan sendirian ke sini. Karena selain sepi, sendiri itu emang nggak enak.

Air Terjun Cunca Rami

Selain pantai, di Labuan Bajo juga terdapat air terjun yang bikin kamu betah berlama-lama. Salah satu destinasi air terjun yang sayang jika dilewatkan adalah Air Terjun Cunca Rami, nih. 

Jika kamu sudah mantap ingin pergi ke Air Terjun Cunca Rami, kamu harus siap menjadi ‘Ninja Hatori’. Karena lokasi air terjun ini letaknya 35 km dari Labuan Bajo. Selain itu, kamu juga harus melewati hutan, sawah, dan sungai selama 40 menit. Tapi usahamu untuk sampai ke tempat ini terbayar dengan keindahan air terjun setinggi 70 meter yang indah banget!

Kampung Todo

Liburan ke Labuan Bajo terasa kurang lengkap tanpa mengenal kebudayaannya. Jika kamu memang mencari destinasi yang anti mainstream seperti Wae Rebo, mampirlah ke Kampung Todo. Walaupun ambience nya terasa mirip, menjangkau Kampung Todo relatif lebih mudah dibandingkan ke Wae Rebo.Dengan menggendarai kendaraan pribadi, kita hanya kan menempuh jarak 45 km dari Kota Ruteng. Sesampainya di sana kamu akan disambut rumah-rumah warga yang berbentuk kerucut. 

Konon katanya, Kampung Todo didirikan oleh seorang raja dari Sumatera ini dulunya merupakan pusat pemerintahan dari Kerajaan Manggarai. Di kampung ini, kamu juga akan melihat bebatuan yang tersusun melingkar. Menurut kepercayaan warga setempat, batu tersebut adalah tempat penjaga Kampung Todo.

Sawah Lingko

Di Labuan Bajo, ada pemandangan sawah yang unik banget, nih. Namanya Sawah Lingko. Jika umumnya sawah dibuat bertingkat, Sawah Lingko terlihat seperti jaring laba-laba. Sawah di daerah ini diolah dengan sistem pembagian sawah secara adat yang disebut Lingko. 

Dengan sistem ini, tanah dimiliki secara komunal untuk memenuhi kebutuhan beras bersama dilakukan secara pembagian oleh ketua adat setempat. Jika dilihat dari ketinggian, Sawah Lingko terlihat seperti jaring laba-laba besar atau disebut lodok dalam bahasa lokal.

Itu tadi beberapa wisata tersembunyi yang ada di Labuan Bajo. Tunggu apa lagi? Segera terbang ke Labuan Bajo dengan AirAsia! Nikmati penerbangan langsung Jakarta – Labuan Bajo dengan AirAsiaSelain harga penerbangan terjangkau, kamu juga bisa menikmati 15 kg free bagasi. Ditambah bagasi kabin 7 kg, kamu nggak perlu khawatir bawa banyak bawaan berlibur ke Labuan Bajo. Pastinya terbang dengan AirAsia bikin biaya tiket pesawat nggak over budget

Related Post