Bytes of The Week Minggu Ini: Surat Suara Tercoblos Capres 01 Hingga Foto Lubang Hitam
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Bytes of the Week, Curators' Desk Bytes of The Week Minggu Ini: Surat Suara Tercoblos Capres 01 Hingga Foto Lubang Hitam

Bytes of The Week Minggu Ini: Surat Suara Tercoblos Capres 01 Hingga Foto Lubang Hitam

jokowi maruf
Kesibukan sepanjang minggu kadang membuat kita ketinggalan informasi. Supaya kamu tetap #UpdateTerus kami sajikan 4 berita terhangat yang sepanjang minggu ini menarik perhatian masyarakat luas. Berikut ini ringkasannya:

Kronologi Penemuan Surat Suara Tercoblos Capres 01 di Malaysia

Ketua Panwaslu Luar Negeri, Yaza Azzahra, mengungkapkan kronologi penemuan surat suara yang sudah tercoblos gambar Jokowi-Ma’ruf dan juga calon anggota DPR dari Partai Nasdem, Davin Kirana. Yaza mengaku bukan dia yang menemukan lokasi itu pertama kali.
Yaza sedang mengawal pergerakan Kotak Suara Keliling saat mendapatkan informasi dari anggota Sekber 02 tentang dugaan penimbunan surat suara. Di lokasi penemuan sudah ada tim Padi, BPN 02.
Yaza pun memastikan surat suara itu resmi, valid, yang akan dikirimkan kepada calon pemilih di wilayah Bangi, Selangor, Kajang. Pemilihan di kota-kota di wilayah itu baru akan dilakukan pada Minggu, 14 April 2019.

Tiga Pelajar SMA Jadi Tersangka Penganiayaan Audrey

Polresta Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu malam, telah menetapkan tiga tersangka masing-masing berinisial FZ, TP dan NN (siswa SMA) dugaan kasus penganiayaan seorang pelajar SMP di Kota Pontianak.
Penetapan tersebut, setelah dari hasil pemeriksaan yang ketiganya mengakui penganiayaan, tetapi tidak melakukan pengeroyokan dan merusak area sensitif seperti informasi yang beredar di media sosial.
Kapolresta menambahkan, dari hasil visum oleh pihak Rumah Sakit Mitra Medika tidak ada perlukaan atau memar terhadap area sensitif korban, dan itu juga diperkuat dari keterangan ketiga tersangka dan sembilan saksi yang diperiksa, yang membantah melakukan hal itu.
Ia mengimbau, masyarakat tidak mempercayai informasi yang menyesatkan di medsos, seperti pelaku melakukan pengeroyokan maupun sampai merusak area sensitif korban itu.

Mengapa Ada Banyak Versi Elektabilitas Prabowo & Jokowi?

Pemilu 2019 akan terlaksana dalam hitungan hari. Lembaga survei kian gencar mengumumkan tingkat elektabilitas atau kedipilihan kandidat calon presiden dan wakil presiden Indonesia. Tak sedikit yang mempertanyakan, mengapa lembaga survei yang satu dan yang lain punya angka yang berbeda-beda.
Dalam sebuah survei publik, perbedaan hasil dapat dipengaruhi metodologi survei-nya seperti jumlah sampel, metode pengambilan sampel, periode pengambilan sampel, dan margin of error. Margin of error menggambarkan jumlah kesalahan pengambilan sampel survei. Semakin besar persentase margin of error, semakin jauh suatu sampel tersebut dapat mewakili populasinya.
Namun, margin of error yang lebih rendah juga tidak menjamin suatu survei lebih kredibel daripada hasil survei lainnya. Perilaku responden dapat juga dipengaruhi oleh faktor eksternal perilaku kandidat pada masa pengambilan sampel yang dapat mengubah persepsi responden.

Kenalan dengan Katie Bouman, Ilmuwan Cantik Penemu Lubang Hitam Pertama

Lubang hitam atau black hole untuk pertama kalinya dalam sejarah ditangkap dalam sebuah gambar melalui teleskop. Dilansir dari laman NASA, hal ini merupakan sebuah prestasi bersejarah oleh jaringan internasional teleskop radio yang disebut Event Horizon Telescope (EHT).
Salah satu ilmuwan yang terlibat dalam peristiwa bersejarah itu adalah Katie Bouman, perempuan cantik berusia 29 tahun yang mengembangkan algoritma program komputer yang memungkinkan didapatnya foto tersebut. Foto luar biasa itu berupa lingkaran cahaya debu dan gas berusia 500 juta triliun km dari bumi.
Selain Katie, ada 200 ilmuwan terlibat dalam proyek menangkap lubang hitam dengan menggunakan teleskop di lokasi mulai dari Antartika ke Chili.