Beda AC Standar, AC Low Watt, dan AC Inverter Biar Kamu Ngga Salah Pilih
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Beda AC Standar, AC Low Watt, dan AC Inverter Biar Kamu Ngga Salah Pilih

Beda AC Standar, AC Low Watt, dan AC Inverter Biar Kamu Ngga Salah Pilih

Lagi nyari AC, tapi masih bingung mau pilih yang mana buat dipasang di rumah? Memang seiring dengan posisi AC yang sudah seperti kebutuhan dibanding sekedar gaya hidup di Indonesia, membuat semakin banyak pabrikan yang menawarkan beragam AC.

Sebelum kamu nentuin pilihanan, ada baiknya lho kamu simak perbedaan mendasar antara AC standar, AC Low Watt, dan AC inverter biar ngga salah pilih dan ngga nyesel di kemudian hari. Yuk, simak perbedaannya.

Seturut laju evolusinya, perkembangan AC berjalan seiring dengan upaya pabrikan untuk menekan konsumsi listrik dari perangkat elektronik ini.

AC Standar

Dapat dikatakan inilah teknologi awal AC modern. AC jenis ini memiliki cara kerja kompresor ON/OFF. Dikatakan demikian karena kompresor akan menyala (ON) hingga suhu pada ruang sesuai dengan keinginan pengguna. Saat suhu ruang tercapai, kompresor akan otomatis mati (OFF). Kompresor baru akan menyala lagi saat suhu ruang berubah naik pada derajat tertentu. Seperti halnya perangkat elektronik lain, kebutuhan listrik tinggi diperlukan tiap kali kompresor menyala kembali dari keadaan yang sebelumnya benar-benar mati. Hal inilah, yang tanpa disadari, membuat AC standar memiliki konsumsi listrik tinggi.

AC Low Watt

Muncul kemudian menjadi alternatif yang ditawarkan terkait tingginya konsumsi listrik, sesuai namanya, AC ini mampu menghadirkan konsumsi listrik yang lebih rendah. Hal ini berkat cara kerjanya Cara kerjanya sendiri dengan membatasi daya listrik saat melakukan pengoperasian.

Tapi, daya listrik yang rendah ini mempengaruhi lamanya waktu yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan. AC memang menawarkan batasan watt dengan tujuan untuk menghemat daya listrik, akan tetapi ruangan yang tak kunjung terasa sejuk sering membuat pengguna kurang puas dengan AC jenis ini.

AC Inverter

Muncul belakangan, AC inverter hadir menjadi solusi mengenai tingginya konsumsi listrik. Kata inverter di belakangnya merujuk pada teknologi yang diterapkan pada kompresor AC ini. Seperti halnya pada AC standar, kompresor AC inverter pun menyala aktif hingga suhu ruang mencapai yang diinginkan.

Namun tak seperti AC standar, kompresor ini tak lantas mati begitu suhu ruang yang diinginkan tercapai. Kompresor AC inverter tetap aktif menyala namun dengan laju putaran melambat. Ketika suhu ruang berangsur naik hingga derajat tertentu, kompresor ini bergerak mempercepat laju putarannya. Minus kebutuhan listrik besar untuk berulangkali menyalakan kompresornya, kerja unik kompresor yang tak pernah benar-benar mati inilah salah satu yang menjadikan AC inverter lebih hemat listrik.

Nah, buat kamu yang lagi pilih-pilih AC buat di rumah, AC dengan teknologi inverter ini bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya AC inverter dikenal irit dan ngga bikin kantongmu jebol tiap bulannya.

Salah satu produk yang populer dari AC berteknologi inverter dan hemat listrik ini adalah LG. Pasalnya, LG menjadi pabrikan yang menguasai 69% pangsa pasar AC inverter di Indonesia.

Produk terbaru yang dapat kamu pilih dari LG adalah AC LG DUALCOOL with Watt Control. Bersanding dengan teknologi unggul inverter yang membuatnya 70% lebih hemat listrik dibanding AC standar, AC inverter terbaru LG ini juga punya fitur unik dengan kemampuan pengaturan besaran daya listrik.

Melalui remote control, kamu dapat memilih untuk menyalakannya dengan daya listrik 100%, 80%, 60% hingga hanya dengan 40% kebutuhan daya listrik seharusnya. Inilah yang membuat yang membuat AC terbaru LG ini dikatakan dapat memberi tingkat penghematan listrik lebih optimal.

Tak perlu lagi memilih antara menggunakan AC dengan mengerjakan aktivitas lain yang membutuhkan perangkat elektronik lain dengan pertimbangan terbatasnya kapasitas listrik rumah. Cukup turunkan kapasitas daya listrik AC ini dan kamu dapat melakukannya bersamaan.

Penghematan listrik lebih optimal juga dapat terjadi dengan memanfaatkan rotasi suhu Indonesia di sepanjang hari. Saat suhu sekitar cenderung sejuk seperti pada malam hari atau menjelang tidur malam misalnya, menyalakan AC LG terbaru ini dengan daya listrik di bawah kebutuhannya akan memberikan kenyamanan setara dengan mengaturnya aktif dengan daya listrik 100%.

Buat kamu yang ingin  tahu detail lebih lengkap AC LG DUALCOOL with Watt Control beserta dengan fitur pendukung lain, ketersediaan varian kapasitas pendinginan dan promo-promo lainnya, kamu bisa cek di sini.

Related Post