Mencapai Resolusi Keuangan Di Tahun Baru
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Mencapai Resolusi Keuangan Di Tahun Baru

Mencapai Resolusi Keuangan Di Tahun Baru

Lepas dari segala kegembiraanmu dalam menyambutnya kemarin, tahun baru menjadi momen tiap orang untuk membuat resolusi baru. Tak terkecuali mengenai resolusi keuangan. Mulai dari ingin renovasi rumah, kendaraan, perangkat elektronik ataupun menambah pundi investasi.

Ujung-ujungnya resolusi ini membawa kamu pada pikiran menambah penghasilan untuk mencapainya. Maka jangan heran bila kemudian beberapa kawan mulai menanyakan peluang kerja di kantor kamu. Atau, bila ada sebagian lainnya yang sibuk berpikir untuk mencari kerja maupun usaha sampingan.

Yang perlu diingat kembali, semua upaya ini berkaitan dengan pihak luar dan kondisi yang tidak dalam kendali kita.  Tak jarang, obsesi terlalu besar membuat sulit menerima kondisi yang dihadapi. Peluang berkarir di tempat lain tak kunjung datang, sementara usaha sampingan belum menunjukkan hasil jangan sampai berujung pada meninggalkan resolusi besar keuangan kamu ini. Apapun upaya kamu, jaga semangatnya.

Tapi disisi lain, ada baiknya segala upaya ini diimbangi dengan mencermati dan mengatur kembali pengeluaran bulanan kamu. Rinci kembali dan lihat tren masing-masing, apa saja pos biaya tetap yang harus dianggarkan dan biaya lain. Untuk mewujudkan hal ini lebih mudah karena benar-benar tak terkait dengan pihak luar.

Cobalah mulai dari salahsatu pos anggaran biaya tetap tiap bulan yang cukup besar. Biaya listrik bulanan contohnya. Bila kamu yakin telah berperilaku hemat listrik, ada baiknya juga mencermati satu persatu konsumsi listrik perangkat elektronik rumah. Mungkin memang sudah saatnya kamu mengganti perangkat elektronik yang lebih hemat listrik.

Saat ini semakin banyak beredar perangkat elektronik berteknologi inverter. Teknologi ini memang dipercaya punya kemampuan menghemat listrik lebih baik tanpa mengurangi kenyamanan. Menggantinya memang butuh biaya, namun ini bakal terkompensasi dengan penurunan biaya listrik tiap bulan. Tak perlu juga sekaligus menggantinya, sesuaikan saja dengan keuanganmu saat ini.

Untuk mulai menggantinya, yang perlu kamu tahu, salahsatu perangkat elektronik rumah yang berkontribusi besar pada tingginya tagihan listrik yaitu AC. Bahkan, kontribusinya bisa berkisar 30%-50% dari total tagihan listrik bulanan.

Di luar dari jumlah unit yang dimiliki, besarnya konsumsi listrik ini terkait cara kerjanya yang mengandalkan kompresor untuk mencapai dan mempertahankan suhu ruang. Dalam AC standar, kompresor menyala hingga suhu yang diinginkan tercapai. Setelahnya kompresor ini akan otomatis mati. Ketika suhu beranjak naik hingga derajat tertentu, kompresor kembali menyala. Demikian seterusnya yang tentu saja membutuhkan konsumsi listrik besar tiap kali kompresor kembali menyala.

Beda halnya dengan kompresor AC inverter. Saat suhu yang diinginkan tercapai, kompresor tidak lantas mati namun hanya memperlambat laju putarannya. Kompresor akan kembali mempercepat lajunya saat suhu beranjak naik hingga derajat tertentu untuk mengembalikan pada tingkat suhu sesuai pengaturan. Minus kebutuhan listrik untuk menyalakan kembali inilah salahsatu yang menjadikan AC inverter lebih hemat listrik.

Bila sudah siap mengganti dengan AC inverter, AC LG DUALCOOL with Watt Control bisa kamu masukkan dalam daftar incaran. Termasuk dalam alasannya, LG menjadi merek AC inverter paling populer di Indonesia dengan menguasai 69% pasar AC hemat listrik ini.

Yang tak kalah penting, AC LG DUALCOOL with Watt Control ini mewarisi kemampuan pendahulunya untuk menghemat listrik hingga 70% dibanding AC standar. Selain itu, pengembangan melalui adanya fitur Watt Control membuat kamu dapat mengatur besarnya daya listrik untuk mengaktifkan AC ini. Tersedia empat pilihan yang dapat diakses hanya dengan menekan tombol khusus pada remote control-nya. Mulai dari 100%, 80%, 60% hingga pengaturan untuk aktif menyala hanya dengan 40% dari kebutuhan daya listrik seharusnya. Untuk info lebih detailnya kamu bisa cek di sini.

Related Post