Tips Pilih AC Hemat Biar Kantongmu Ngga Jebol!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Tips Pilih AC Hemat Biar Kantongmu Ngga Jebol!

Tips Pilih AC Hemat Biar Kantongmu Ngga Jebol!

Bicara penggunaan AC di Indonesia yang beriklim tropis, terutama di perkotaan, sepertinya sudah bukan lagi soal gaya hidup. Hembusan sejuk AC seakan malah sudah berubah menjadi kebutuhan dengan hampir di setiap rumah tangga kita bisa melihat pendingin ruangan terpasang. Hal ini pula yang mendorong banyak produsen berlomba-lomba menyediakan AC dengan ragam penawarannya.

Mengingat perangkat elektronik ini memakan daya listrik banyak, ada baiknya kamu perlu simak beberapa hal berikut sebelum menjatuhkan pilihan.

Pertama, ketahui dulu kebutuhan kapasitas pendinginan sesuai dengan luas ruang. Menggunakan AC dengan kapasitas tak sesuai, beresiko penggunaan daya listrik yang tinggi. Bila kapasitas AC lebih kecil, tentu akan memperberat kerja kompresor. Sementara menggunakan kapasitas terlalu besar, membuat kita menanggung beban daya listrik pengoperasian lebih tinggi.

Rumus paling sederhana ini mungkin dapat kamu gunakan. Ukur luas ruang, panjang x lebar,  lantas kalikan dengan 500. Hasil perhitungan ini akan menemukan besarnya British Thermal Unit (BTU) yang menjadi ukuran kapasitas pendinginan AC. Informasi BTU ini biasa menempel pada badan AC. Contoh perhitungan untuk ruang 3m x 4m x 500 = 6,000 BTU. Maka sebaiknya AC yang kamu gunakan tidak kurang dari angka tersebut.

Kedua, perhatikan juga ketahanan produk yang termasuk pula jaminan garansi. Disamping garansi keseluruhan produk, perhatikan juga adanya garansi khusus pada hal lainnya.

Dalam memberikan udara sejuk, AC menumpukan kerja setidaknya pada tiga bagian. Kompresor yang bertindak sebagai motor, rangkaian PCB sebagai pusat kelistrikan dan kondensor sebagai pengubah udara dari luar menjadi sejuk dihembuskan dalam ruang.

Setidaknya kamu dapat memberi perhatian pada tiga bagian ini untuk AC yang akan kamu pilih. Bilapun tak soal garansi, perhatikan keseriusan pabrikan dalam pembuatannya.

Ketiga dan yang tak kalah penting adalah memastikan AC yang akan kamu beli berteknologi inverter. Soal ini tak perlu ditanya kenapa. Dari berbagai tautan dan uraian di mesin pencari pun akan dengan mudah kamu dapat mengenai keunggulan teknologi ini untuk pengoperasian AC hemat listrik jauh lebih besar.

Kabar baiknya, seluruh yang kamu perlukan ini ada pada AC inverter LG DUALCOOL with Watt Control. AC inverter terbaru LG ini mewarisi keunggulan generasi sebelumnya yang menjadi AC hemat listrik hingga 70% dibanding AC standar.

Inovasi berupa fitur Watt Control-nya memberikan pengguna opsi untuk menyalakan AC inverter ini dalam empat pilihan daya listrik. Mulai dari 100%, 80%, 60% hingga pilihan untuk menyalakan dengan hanya 40% dari kebutuhan daya listriknya. Setiap saat ingin mengubahnya, cukup tekan tombol khusus berlabel sama yang terdapat pada remote control-nya.

Kebisaan fitur Watt Control ini tentu membuka peluang lebih baik untuk menghemat listrik lebih optimal. Saat udara sekitar cenderung sejuk seperti malam hari menjelang tidur, menyalakan dengan daya listrik di bawah seharusnya akan memberikan kenyamanan yang setara dengan berjalan pada kapasitas 100%. Di sisi lain, tak perlu lagi galau antara menikmati AC namun ingin menyelesaikan tugas dengan menyalakan perangkat elektronik lainnya.

Soal ketahanan penggunaan pun tak perlu ditanya. Menyertai jaminan penggunaan produk, LG memberi garansi khusus bagi kompresornya yang panjangnya hingga 10 tahun. Sementara untuk PCB, garansinya pun ditetapkan sepanjang 2 tahun. Khusus bagian kondensor, LG menerapkan lapisan emas untuk melindunginya dari kemungkinan karat dan gangguan material merugikan lain. Maklum saja, tempatnya yang di unit luar AC membuatnya rentan terhadap hal ini.

Mengenai kapasitas pendinginan, AC LG DUALCOOL with Watt Control tersedia mulai dari ukuran terkecil AC ½ PK. Variasi terdapat pula pada kelengkapan fitur pendukung lain seperti air purifying untuk pendukung kesehatan.

Apalagi faktanya, LG menjadi merek AC inverter paling populer di Indonesia. Hal ini bila berkaca pada data survey yang menyebut penguasaan LG atas 69% pangsa pasar AC hemat listrik ini di Indonesia.

Nah, buat kamu yang butuh informasi detail bisa lihat infonya di sini.

Related Post