4 Cara Agar AC Mu Tetap Awet dan Hemat Listrik
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 4 Cara Agar AC Mu Tetap Awet dan Hemat Listrik

4 Cara Agar AC Mu Tetap Awet dan Hemat Listrik

Jika tak cermat, penggunaan AC dapat berimbas pada tingginya biaya pemeliharaan dan listrik bulanan. Pasalnya, AC yang tak bekerja secara optimal akan berimbas pada beban kerja AC yang berlebih sehingga dinginnya tidak maksimal dan ujungnya biaya listrik akan lebih boros.

Untuk menhindari hal ini, maka ada baiknya kamu simak 4 cara agar AC tetap awet dan bisa bekerja secara optimal. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Taruh unit Outdoor di Posisi yang Benar

Penempatan AC outdoor bisa mempengaruhi tingkat keawetan AC. Sebaiknya tempatkan AC outdoor di tempat yang agak lapang dan terbuka agar sirkulasi udara panas bisa keluar tidak memutar di tempat yang sama. Pemasangan outdoor unit harus lebih rendah minimal 30 cm antara nepel (sambungan pipa) indoor dan outdoor. Hal ini bertujuan agar oli mesin akan selalu kembali ke outdoor unit sebab oli kompresor akan ikut bersirkulasi bersama refrigran. Selain itu, direkomendasikan untuk menggunakan pipa sambungan antara unit indoor dan outdoor sepanjang 5 meter. Ini untuk memberikan ruang pertukaran udara dari luar dan dalam ruang.

  1. Servis AC Secara Berkala

Jangan lupa untuk membersihkan debu yang ada AC indoor secara periodik. Tak perlu panggil teknisi, karena kamu bisa lakukan sendiri. Caranya amat mudah. Tinggal copot saringan udara, bersihkan dengan lap atau air mengalir, lalu pasang kembali. Lalu untuk pemakaian normal idealnya kamu menyervis AC mu tiga bulan sekali oleh teknisi. Saat AC diservis, teknisi akan membersihkan filter lainnya dari debu dan perawatan penting lainnya.

  1. Pastikan Ruangan Tertutup Baik

Kompresor AC akan bekerja hingga mencapai suhu ruang yang kamu atur sebelumnya. Dengan ruangan tak tertutup baik, membuat kerja kompresor lebih berat karena suhu ruang tak dapat tercapai. Beratnya kerja kompresor ini tentu saja akan berpengaruh pada semakin tingginya konsumsi listrik. Kebiasaan meninggalkan ruangan dalam keadaan pintu terbuka saat menggunakan AC jadi harus dihindari.

  1. Pilih AC Inverter

Untuk yang baru akan memakai AC ataupun yang berencana mengganti unit AC sebelumnya, direkomendasikan menggunakan AC inverter. Teknologi ini merupakan inovasi dari AC standar yang dapat memberikan penghematan listrik jauh lebih besar.

Salah satu produk yang berkualitas adalah AC LG DUALCOOL with Watt Control. Termasuk dalam alasannya, LG menjadi merek AC inverter paling populer di Indonesia yang menguasai 69% pasar.

Sementara mengenai produknya sendiri, AC LG DUALCOOL with Watt Control ini mewarisi generasi sebelumnya pada kemampuannya menghemat listrik hingga 70% dibanding AC standar. Nah, sebagai pengembangannya LG menambahkan fitur Watt Control yang memberi kemampuan pengaturan besaran daya listrik. Pengguna bisa memilih menggunakan dengan daya listrik 100%, 80%, 60% hingga hanya 40% dari kebutuhan daya listrik seharusnya.

Jadi tak perlu lagi pusing dengan kapasitas listrik rumah, saat ingin menikmati hembusan sejuk AC sambil melakukan aktivitas lain yang menggunakan perangkat elektronik secara bersamaan. Kamu jug dapat melakukan penghematan listrik lebih optimal saat suhu sekitar cenderung sejuk ataupun menjelang tidur malam. Berlipat kan hematnya? Nah, untuk info lebih detailnya kamu bisa cek di sini.

Related Post