7 Alasan Kenapa harus Keluar dari Zona Nyaman
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 7 Alasan Kenapa harus Keluar dari Zona Nyaman

7 Alasan Kenapa harus Keluar dari Zona Nyaman

Biasanya kita terlalu terpaku pada gagasan kalau perubahan itu harus total, harus besar. Akibatnya kita membebani diri sendiri dengan ekspektasi-ekspektasi nggak masuk akal yang dapat berubah 180 derajat dalam semalam. Padahal perlu diingat, kita ini manusia, bukan Ksatria Baja Hitam yang berubahnya cepat banget. Mental go big or go home malah membuat stuck dalam kondisi yang ya, B aja.

Padahal sebenarnya ya, keluar dari zona nyaman itu bukan soal membuat perubahan drastis secara tiba-tiba dan mengharapkan hasil yang terbaik. Keluar dari zona nyaman itu lebih kepada membebaskan diri dan membuka diri pada kesempatan yang ada diluar sana.

Misalnya nih, untuk kamu yang ingin mengubah bentuk badan, badan ideal itu tidak bisa didapat dalam waktu singkat, memaksakan dengan diet ekstrim malah bisa membahayakan jiwa. Yang berhasil biasanya mereka yang pelan-pelan mengubah gaya hidup, dan yang pasti menghargai proses.

Dalam karir juga, banyak yang bertahan dalam pekerjaan yang sebenarnya nggak bikin bahagia. Itu bisa jadi salah satu tanda-tanda kalau kita sedang terjebak pada zona nyaman loh. Karena mind set-nya “Bisa aja kalo gue pindah kantor, kantor gue bakal lebih parah daripada ini.”

Takut salah, takut gagal, itu dia keladi yang bikin kita menyabotase diri sendiri.  Pada akhirnya pupus deh kesempatan untuk berkenalan dengan orang baru, menjelajahi tempat baru, sampai menemukan hal yang benar-benar kita sukai.

Lantas, apa cara terbaik untuk menghadapi ketakutan? Ya hadapin aja. Tapi ingat ya, jangan memaksakan kehendak kalau semuanya bisa berubah tiba-tiba.

Yuk perlahan keluar dari zona nyaman. Karena akan ada beberapa hal luar biasa yang akan kamu temukan:

1. Sadar akan kekuatan diri sendiri

Keluar dari zona nyaman artinya terbuka akan hal-hal baru yang mungkin benar-benar asing buat kita. Pede aja, perkara hasil, usaha yang sudah kita lakukan nggak akan bohong kok.

2. Melihat dari perspektif lain

Pindah divisi, atau tinggal di tempat yang nggak familiar bisa bikin seseorang melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Hal ini akan membukakan mata terhadap keragaman, karena duniamu tidak berputar di situ-situ aja

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam petualangan keluar dari zona nyaman, pasti kita akan dihadapkan dengan orang-orang baru, jangan ragu untuk mencari teman di lingkungan yang baru. Nggak hanya menambah koneksi, berkenalan dengan orang-orang baru juga dapat menambah kepercayaan diri.

4. Akan menemukan siapa saja yang benar-benar peduli

Tinggal jauh dari teman dan keluarga secara otomatis akan menghilangkan beberapa orang yang “beracun”. Orang-orang yang benar-benar peduli dengan Anda pasti akan tetap menghubungi. Entah itu setiap beberapa bulan hanya untuk menanyakan kabar, atau mereka yang secara konstan mengubungi lewat Whatsapp tiap hari. Tau kan akhirnya mana yang betulan teman sejati, dan mana yang bukan?

5. Kepuasan adalah pembunuh kreativitas

Salah satu untuk menjadi kreatif kan berpikir “outside the box” kalau masih bertahan pada box yang sama, kayanya nggak bagus deh untuk berpikit kreatif. bisasanya kita lebih kreatif pas dihadapkan dengan lingkungan dan tantangan baru,

6. Penyesalan itu akan selalu ada, tapi dapat dicegah

Siapa sih yang mau menghabiskan hidupnya hanya untuk berandai-andai? Jangan sampai itu terjadi di hidupmu ya, memang risiko yang harus dihadapi begitu keluar dari zona nyaman itu banyak sekali, tapi daripada menyesal karena tidak mencobanya, lebih baik hadapi saja risiko-risiko yang menghadang.

7. Hal-hal luar biasa tidak akan bisa didapatkan dari zona nyaman

Pasti sering mendengar cerita-cerita sukses figur publik atau bahkan orang-orang terdekat kan? Meski pun jalan hidupnya berbeda, tapi pasti ada satu kesamaan, yaitu sama-sama keluar dari zona nyaman dan menghadapi ketakutan mereka.

Tunggu apa lagi? Yuk, keluar dari zona nyaman dan hadapi tantanganmu!