5 Tips Bikin Foto Petualanganmu jadi Keren
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 5 Tips Bikin Foto Petualanganmu jadi Keren

5 Tips Bikin Foto Petualanganmu jadi Keren

Rutinitas pekerjaan setiap hari di kota-kota besar pasti membuat jenuh. Jatah cuti pun menjadi hal yang ditunggu setiap tahunnya untuk liburan.  Tanggal kejepit dan jatah cuti menjadi kombinasi yang menarik agar durasi vakansimu semakin panjang.

Jika waktu dan durasi vakansi sudah ditentukan, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah agenda perjalanan (itinerary). Sehabis itu kita sudah bisa mempersiapkan bujet liburan. Soal bujet ini jangan lupa memasukan pengeluaran tak terduga apalagi bagi kamu yang bertipe petualang yang bermotto Lets Get Lost.

Meski persiapan liburan sudah matang, masih ada satu hal penting lain yang perlu diperhatikan  agar petualanganmu jadi menarik yakni dokumentasi momen indahmu saat bertualang. Foto yang bagus membut liburanmu semakin menyenangkan dan tentunya foto tersebut dapat dipamerkan di channel media sosial kalian.

Berikut 5 tips agar foto  petualanganmu biar tambah keren:

  1. Pencahayaan

 

Unsur terpenting dalam foto adalah cahaya, karena fotografi sejatinya adalah melukis dengan cahaya. Jadi sebaiknya, ketika sampai lokasi petualanganmu atau objek fotomu luangkan dulu beberapa menit untuk memahami pencahayaan di tempat tersebut.

Kamu harus tahu dari arah mana datangnya cahaya, karena seperti kita tahu kalau kita foto searah dengan sumber cahaya tersebut akan menyebabkan backlight. Sehingga objek foto kita akan menjadi gelap atau siluet. Kecuali jika kamera kita menggunakan flash dengan tingkat pencahayaan yang cukup terang.

 

  1. Perhatikan Pola dan Simetri

 

 

Salah satu hal yang membuat foto enak dipandang adalah dimensi objek foto yang memiliki keteraturan pola. Contohnya  ketika mengambil foto lautan. Batas antara laut dan langit itu merupakan garis horizon yang lurus. Ketika menemukan objek foto yang simetris usahakan untuk mengambil posisi diri di tengah dan menonjolkan simterinya.

 

  1. Angle

 

Cobalah mengambil foto dari sudut pengambilan yang berbeda. Karena walaupun objek foto sama jika anglenya berbeda maka hasil foto akan  terlihat berbeda.

Sebagai informasi, foto dari atas (high angle) itu membuat objek terkesan menjadi kecil. Begitu pula sebaliknya jika mengambil foto dari bawah (low angle) membuat objek terkesan menjadi lebih besar.

 

  1. Mengambil Beberapa Foto

 

Mendapatkan hasil foto yang baik itu tidaklah mudah. Tetapi dengan kita mengambil foto lebih banyak kemungkinan mendapatkan foto yang keren akan menjadi lebih besar. Seorang fotografer professional pun selalu mengambil foto yang banyak walaupun untuk objek yang sama. Dengan mengambil beberapa foto kalian akan mendapatkan ekspresi terbaik dan yang diinginkan dari sebuah objek foto.

Jadi sebaiknya ambil foto yang banyak dulu baru dipilih bukan tiap selesai foto langsung dicek hasilnya. Konsekuensinya kita harus memiliki kapasitas media penyimpanan foto yang cukup besar.

 

  1. Alat dan Perlengkapan

 

Kamera smartphone memang semakin canggih, sehingga kualitas foto yang dihasilkan juga sudah lumayan. Kalau mau lebih bagus lagi bisa juga menggunakan kamera SLR (single lens reflex) lengkap dengan flash dan juga tripod agar dapat mengambil  foto dengan varian lebih banyak dan keren.

Jika dua alat tersebut dirasamasih kurang, ada baiknya kamu mencoba mengambil foto dengan drone. Karena dengan drone kamu dapat mengambil objek foto lengkap dengan lanskap sekitarnya yang high angle.

Foto lanskap dari atas terliat jauh lebih menarik karena hal sudut pengambilan tersebut sangat jarang dilihat secara langsung sehari-hari. Kecuali kalau profesi kamu yang selalu menggunakan pesawat terbang.

Bagi kamu yang tertarik, perusahaan drone DJI akan merlisi dua produk drone terbarunya pada akhir tahun ini yakni Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom.

Mavic 2 Pro mengadopsi kamera Hasselblad  dengan sensor 1 inci berkualitas 20 megapiksel disematkan. Fitur lainnya, video berkualitas 4K diadopsi dengan baik dan apik untuk pembuatan video profesional. Seri premium ini dibanderol USD 1.449 .

Sedangkan Mavic 2 Zoom menggunakan sensor 1/2.3 inci dengan kualitas 12 megapiksel. Drone lipat ini memiliki kapabilitas optical zoom 24-48mm. Selain itu, digital zoom 2x juga dimiliki untuk merekam video 1080p pada jarak 49mm ke 96mm. Sedangkan pada 4K, frame rate-nya bisa mencapai 30fps.

Tambahan lainnya, Mavic 2 Zoom memiliki fitur “Dolly Zoom” dan “Super Resolution”. Untuk Mavic 2 Zoom dibanderol lebih murah, yakni USD 1.249.

Penasaran dengan produknya? Info lebih lengkap bisa cek di link ini https://bit.ly/2NDo3GC dan dapatkan bonus cashback hingga Rp 2 juta, cicilan 0% dan gratis ongkir hanya di Erafone.

Related Post