Instagram TV Vs Youtube
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Instagram TV Vs Youtube

Instagram TV Vs Youtube

Instagram baru saja meluncurkan fitur baru bernama IGTV. IGTV adalah salah satu fitur dari Instagram yang memungkinkan kita untuk menonton video berdurasi 15 detik hingga 60 menit. Sebelumnya maksimal kita hanya bisa membuat video di IG Stories paling lama hanya 60 detik, nah sekarang bisa sampai satu jam. Lalu kenapa IGTV ini dikaitkan dengan Youtube? Sekarang Kurio jelaskan alasan kenapa IGTV ini dikaitkan dengan Youtube atau bahkan bisa menjadi kompetitor terbesar Youtube untuk masa yang akan datang.

1. Video Akan Mendominasi Ke Depannya

Saat ini banyak sekali masyarakat yang gemar mengabadikan moment tak hanya dalam bentuk foto namun juga video. Hal itu terbukti dari bagaimana teman-teman sekeliling kamu yang lebih gemar mengupdate Instagram Stories mereka ketika sedang melakukan suatu kegiatan dibandingkan foto.

Meningkatnya pemakaian video untuk membuat sebuah konten juga dapat dilihat juga dari boomingnya aplikasi Tik Tok. Sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Siti Badriah yang berjudul Lagi Syantik populer di masyarakat Indonesia karena berawal dari viralnya lagu tersebut di aplikasi Tik Tok. Jadi tidak salah jika banyak kemunculan aplikasi baru dengan menggunakan fitur video yang dapat mengancam Youtube dan salah satunya adalah IGTV

2. Lebih Mudah Dalam Cara Pemakaian

Sebelumnya Instagram terkenal sebagai sebuah sosial media dimana kita dapat membagikan aktivitas keseharian kita lewat fitur unggah foto dan storiesnya. Sedangkan Youtube sendiri merupakan sebuah platform untuk mempermudah kita menonton video-video kesukaan kita tanpa perlu membuat sebuah akun. Dengan lebih dari 80% genenerasi milenials yang memiliki akun instagram dan aktif dalam akun mereka lebih mempermudah instagram untuk mengupdate fitur mereka.

Bisa kita lihat dengan keberhasilan Instagram dalam menambahkan fitur IG Stories dan mayoritas pengguna Instagram pasti memakai fitur tersebut tanpa harus repot-repot untuk mengupload video tersebut, jika user melihat sesuatu yang unik tinggal memakai handphone dan mendokumentasikan momen tersebut ke dalam IG Stories mereka. Hal itu yang tidak dimiliki oleh Youtube karena jika kita ingin membuat sebuah video maka kita harus mengupload video tersebut terlebih dahulu ke PC dan setelah itu baru bisa mengupload ke akun Youtube mereka.

3. Monetize

Mengenai monetize, untuk sekarang ini Youtube sudah unggul sangat jauh karena mereka sudah membuat rules tentang pembagian keuntungan bagi para konten kreator sehingga dapat membuat mereka lebih termotivasi dalam membuat konten. Tetapi jika kita lihat dari segi potensi yang dimiliki oleh IGTV ini, untuk ke depannya fitur ini juga memiliki potensi yang dapat mengancam keberadaan Youtube.

Umur dari IGTV ini baru lah beberapa jam sehingga sedikit tidak adil jika kita bandingkan dengan Youtube yang sudah bertahun-tahun merajai ranah streaming video. Tapi dengan banyaknya para konten kreator yang kreatif dalam memaksimalkan fitur yang ada dalam suatu aplikasi tidak menutup kemungkinan fitur IGTV ini akan melesat ke atas mendekati keberadaan Youtube.

4. Iklan Berbayar

Jika kamu sering lihat video di Facebook, pasti kamu sering merasakan ketika asik menonton terkadang terpotong beberapa detik oleh video iklan. Hal itu juga sering terjadi ketika kamu menonton video di Youtube. Dan untuk iklan berbayar tersebut sang konten kreator memilki keuntungan karena baik Facebook maupun Youtube memiliki angka presentase penghasilan yang didapat dari iklan tersebut untuk dibagikan juga kepada sang konten kreator.

Dengan adanya fitur Instagram TV ini akan memunculkan potensi-potensi yang bisa saja dikembangkan. Mungkin untuk sekarang kamu semua belum terbiasa dengan melihat video secara vertikal dan lebih nyaman dengan melihat video secara horizontal karena terkesan seperti menonton televisi dengan smartphone.

Tetapi seperti quotes dari para pujangga-pujangga cinta ” Cinta datang karena terbiasa” maka nantinya jika kamu telah terbiasa dengan menonton video secara vertikal di IGTV maka otomomatis kenaikan pengguna Instagram dan memakai fitur Instagram TV hanya tinggal masalah waktu.

 

 

Related Post