Jalan Panjang Kurio
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Inside Kurio Jalan Panjang Kurio

Jalan Panjang Kurio

Kurio Blog

Setelah diunduh lebih dari empat juta orang selama lima tahun terakhir, Kurio telah menemani para penggunanya sebagai salah satu aplikasi agregator baca berita yang memberikan kabar terkini dengan lebih cepat, mudah, dan lengkap.

Hakikatnya sebagai perusahaan teknologi, distribusi berita yang cepat sudah menjadi barang wajib untuk Kurio. Namun, di dunia yang sudah serba digital ini definisi ‘cepat’ menjadi dilema tersendiri.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah dengan menjadi yang paling cepat berarti memenuhi indikator ‘lebih baik’?

Jawabannya tentu bisa iya dan bisa tidak, tergantung dari mana konten tersebut berasal.

Maka dari itu untuk memberikan nilai lebih, Kurio selalu berusaha menyuguhkan pilihan berita yang faktual lewat sumber-sumber terpercaya yang telah dikurasi secara khusus oleh tim Editor Kurio. Contohnya dengan bekerja sama lewat publisher-publisher besar yang sudah terpercaya seperti: Kompas.com, Beritagar, Kumparan, Liputan 6, Tirto juga ratusan publisher lainnya.

Tapi memang poin pentingnya adalah ‘kurasi’. Sebuah langkah yang nantinya akan mengasosiasikan Kurio dengan kepercayaan dan kredibilitas dari para penggunanya.

Karena dengan Kurasi tersebut berarti konten yang hadir di Kurio bukanlah berita-berita yang sembarangan. Semua telah terfilter dengan kecanggihan sistem alogaritma dan sentuhan terakhir para Editor di dalamnya.

Lima tahun dengan jumlah pengguna empat juta orang mungkin bukan angka yang ‘masif’ jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Kurio bisa saja menggunakan jalan singkat seperti:

  • Memberikan push notifikasi dengan headline yang bombastis namun cenderung click bait,
  • Memperbanyak berita hoax yang sebagian adalah berita fiktif,
  • Dan yang paling populer tentu saja berita-berita seksi ala koran lampu merah.

Tapi Kurio tidak melakukannya.

Kurio memilih jalan panjang yang kurang populer. Kurio dengan sabar mengedukasi para penggunanya dengan menampilkan berita-berita yang berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan. Tidak sekadar cepat dan membuat riuh lalu dilupakan. Melainkan berita-berita yang mampu memberikan perspektif dan alternatif lain dari isu yang ada.

Dengan membaca Kurio kami berharap para pengguna Kurio memiliki ruang lebih banyak untuk menyebar kebaikan lewat konten-konten yang sudah dikurasi tersebut. Selaras dengan kampanye Kurio selama ini yaitu #bacabenartaubenar.

Jika diibaratkan dengan menjadi sehat, membaca konten-konten yang provokatif dan bombastis rasanya seperti mengonsumsi junk food yang membuat penasaran namun seperti yang kita semua tahu tidak ada keuntungan dari itu semua selain meresikokan kesehatan kita.

Dan Kurio selama lima tahun ini berusaha menjadi panganan yang lebih green dan organik, yang mana bukan favorit semua orang, tapi tak terbantahkan bahwa itulah asupan terbaik untuk tubuh.

Tentu saja itu semua butuh kesabaran dan proses yang panjang dan Kurio memilih jalan tersebut.

Kurio memiliki misinya sendiri. Ide berbisnis sekaligus merawat Indonesia lewat membaca seperti sebuah gambaran yang ideal. Namun dengan rewelnya media sosial yang di dalamnya sudah terkontaminasi kotornya berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dalam bubble argumentasi masing-masing. Membuat sebuah berita dengan cakupan fakta dan data menjadi tidak berarti.

Dan di sanalah tantangannya. Kurio berusaha tidak menjadi salah satunya. Kurio berdiri dengan keyakinan untuk menyajikan berita yang benar. Membuat penggunanya percaya bahwa masih ada kebenaran yang tersisa. Dan membaca konten yang benar adalah awal dari semuanya.

Tentu saja setiap harinya Kurio tetap bergerak seperti banyaknya start up lainnya. Kurio melakukan pengukuran growth dan penghitungan strategi ekspansi bisnis secara daily basis. Juga para engineer yang tanpa kenal lelah mengembangkan kebutuhan-kebutuhan sesuai user oriented.

Seperti mereka yang bosan dengan berita yang terlalu Jakarta sentris, Kurio menjawabnya dengan menghadirkan fitur geo location yang dapat membuat para penggunanya menyesuaikan berita berdasarkan lokasi yang mereka mau.

Dari sana setiap harinya orang-orang di balik layar yang mengembangkan Kurio sadar bahwa apa yang mereka kerjakan akan berpengaruh besar pada para penggunanya yang mempercayakan asupan informasi mereka terhadap Kurio. Dan itu menjadi tanggung jawab dan semangat tersendiri.

Namun, bukan berarti di ‘dapur’ Kurio selalu mengalami ‘good day’. Pastilah ada momen-momen kefrustasian dalam memilih berita-berita yang agar tetap sejalan dengan misi Kurio dan juga baik untuk business wise. Tantangan tersebut akan terus hadir dan kami akan terus berkembang dan berbenah setiap harinya.

Dan terima kasih untuk Anda yang masih menggunakan dan memilih Kurio sebagai bagian dari keseharian Anda.

Karena menjadi ‘sehat’ bukanlah pekerjaan satu malam. Pasti ada proses panjang yang tak mudah. Tetapi, pada akhirnya kita tahu akan berada ke mana akhir perjalanan ini semua.

Maka sekarang tanyakan lagi pada diri Anda, mana yang akan dipilih? Junkfood atau makanan organik?

Pilihan ada di tangan Anda!

Tak lupa segenap Tim Kurio mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri untuk Sahabat Kurio yang merayakan, semoga amal ibadahnya selama Ramadhan kemarin menjadi berkah untuk semua.

Mohon maaf lahir dan batin.

Happy Holiday!

Related Post