7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Olahraga Panahan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Olahraga Panahan

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Olahraga Panahan

thumbnail

Buat para generasi millenials yang masih berusia muda perlu kita apresiasi karena sekarang banyak dari mereka yang sudah sadar akan pentingnya berolahragaa. Banyak dari mereka yang mempunyai kegemaran masing-masing dalam berolahraga.

Salah satunya adalah olahraga panahan. Banyak stigma yang mengatakan panahan merupakan olahraga berat dan hanya untuk kaum pria saja. Tetapi perlahan stigma tersebut mulai menghilang dan banyak teman-teman perempuan kamu yang memilih panahan sebagai olahraga mereka.

Namun tahukah kamu ada 7 hal yang harus kamu ketahui tentang olahraga panahan. Dan disini Kurio akan 7 hal tersebut lebih mendalam.

1. Membuat Percaya Diri

Kenapa dengan panahan dapat membuat percaya diri? Karena dalam olahraga ini dibutuhkan kepercayaan diri dalam menarik busur panah dan melepaskannya ke sasaran yang dituju. Jika kamu melakukannya secara ragu-ragu maka hasil yang didapatkan tidak akan maksimal.

2. Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Ternyata mengajarkan olahraga ini kepada anak juga dianjurkan bagi para orang tua. Karena jika anak gemar dengan olahraga ini sejak dini maka akan melatih untuk mengembangkan sifat perilaku dari sang anak.

Sifat positif untuk perkembangan anak antara lain membuat anak untuk belajar tidak terlalu emosional, fokus kepada suatu hal, serta mampu meningkatkan keteguhan mental mereka guna menembak sesuai target.

3. Busur Panah Banyak Jenisnya

Image result for jenis busur panah

source: papatembak.com

Buat kita yang orang awam pasti menganggap bahwa semua busur panah itu jenisnya sama. Tapi ternyata banyak sekali jenis busur panah dengan berbagai kegunaannya yang berbeda-beda.

Busur tradisional biasanya terbuat dari kayu atau bambu dan jarak untuk memanahnya hanya bisa digunakan sejauh 40 meter. Yang kedua adalah busur standard yang terbuat dari laminasi kayu dan jarak memanahnya sekitar 30-40 meter. Sedangkan yang terakhir adalah busur yang terbuat dari logam carbon ataupun magnesium alloy dan bisa menembak sejauh 70-80 meter.

4. Tiga Srikandi

Image result for tiga srikandi

source: beritagar.id

Jika kamu pecinta film Indonesia pasti tau dengan film ini. Film yang diperankan oleh para pemeran terbaik tanah air seperti Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari, Tara Basro dan juga Reza Rahadian ini merupakan film yang menceritakan tentang olahraga panahan.

Tiga atlet wanita Indonesia itu berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade sehingga dijuluki sebagai Tiga Srikandi. Selain itu dengan munculnya film ini semakin meningkatkan gairah kaum Hawa untuk mempelajari olahraga ini.

5. Banyak Komunitas

Seiring dengan naiknya peminat olahraga memanah ini banyaknya anak muda yang akhirnya membangun sebuah komunitas untuk olahraga ini. Tidak hanya di Jakarta saja, komunitas ini juga tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia. Jadi tidak heran kalau olahraga ini sedang marak ditekuni banyak anak muda.

6. Tidak Menguras Dompet

Untuk olahraga yang satu ini tidak perlu mengeluarkan budget yang sangat mahal. Yang dibutuhkan dari olahraga ini adalah busur, panah dan sasaran.

Untuk busur dan panah kamu dapat membuat sendiri dengan menggunakan ranting dan serat kayu versi tradisionalnya. Bisa juga dengan menggunakan pipa, lalu untuk sasarannya kamu bisa menggunakan tembok ataupun pohon yang kamu gambar seperti sasaran panah. Tapi jika kamu ingin membelinya juga tidak terlalu mahal.

7. Dapat Dinikmati Siapa Saja

Kerennya dari olaraga panahan ini bisa dinikmati buat siapa saja. Baik pria maupun perempuan dapat menggeluti olahraga ini. Dan buat teman-teman kamu yang memiliki fisik tidak sempurna pun masih dapat melakukan olahraga ini.

Seperti yang dilakukan oleh Im Dong Hyun, seorang penyandang tuna netra, dapat memecahkan rekor dunia di Olimpiade 2012. Jadi dengan olahraga ini tidak menghambat siapapu orangnya dan bagaimana pun keadaannya untuk dapat mencetak prestasi.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post