7 Anak Berkebutuhan Khusus Yang Berprestasi
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 7 Anak Berkebutuhan Khusus Yang Berprestasi

7 Anak Berkebutuhan Khusus Yang Berprestasi

Mempunyai anak adalah impian bagi orang yang telah menikah. Mereka menginginkan keturunan yang lucu dan dapat mereka banggakan. Tetapi sebagai seorang manusia, tidak ada yang sempurna.

Misalnya ada anak yang terkena down syndrome, yaitu suatu keadaan terdapat kelainan kromosom pada janin yang mengakibatkan keterbelakangan fisik dan mental pada saat lahir.

Meski memiliki keterbatasan fisik dibanding anak pada umumnya, hal itu tidak dapat menghentikan seseorang untuk dapat berprestasi dalam meraih kesuksesan. Hal itu pun sangat tergantung dari lingkungan sekitar dan peranan orang tua dalam mendidik anak.

Berikut contoh 7 anak down syndrome yang memilki prestasi di bidangnya masing-masing.

1. Angela Bachiller

Image result for Angela Bachiller

source: abc.es

Seseorang yang terkena down syndrome ternyata dapat bekerja di dunia politik seperti orang lain pada umumnya. Itulah prestasi yang diraih oleh seorang wanita bernama Angela Bachiller.

Awal mula berkarier sebagai asisten administratif untuk Social Welfare and Family selama kurang lebih tiga tahun sebelum akhirnya pada tahun 2013 dia terpilih sebagai sosok pertama dengan down syndrome yang terpilih sebagai anggota dewan di Valladolid, Spanyol.

2. Tim Harris

Image result for Tim Harris

source: cbsnews.com

Buat kamu yang tinggal di Amerika ataupun suka liburan ke negara tersebut pasti tidak asing dengan restauran Tim’s Place. Tim Harris yang memiliki down syndrome sejak kecil tidak patah arang dalam mewujudkan mimpinya memiliki restauran.

Sempat terpilih sebagai Homecoming King dan Student of The Year ketika di SMA. Tom Harris tetap melanjutkan studinya dan bekerja keras sehingga dia bisa membangun restauran Tim’s Place. Selain itu juga Tom mendirikan yayasan Tim Big’s Heart yang membantu penyandang disabilitas dapat memulai bisnisnya sendiri.

3. Madeline Stuart

Image result for madeline stuart

source: today.com

Di saat banyak wanita bermimpi untuk menjadi seorang model profesional, teman kita yang satu ini sudah lebih dulu berkecimpung di dunia model walaupun dia merupakan anak down syndrome.

Madeline Stuart berjuang dengan menurunkan beberapa kilogram dari berat badannya dan berusaha mengejar mimpinya untuk menjadi seorang model profesional.

Dan hal itu berhasil dia perlihatkan dengan berjalan di New York’s Fashion Week dan juga menjadi fashion brand dari EverMaya. Dengan ini Madeline berhasil membuktikan bahwa keterbatasan bukan menjadi halangan.

4. Katie Higgins

source: liputan6.com

Yorkshire, Inggris pada tahun 1990 menjadi saksi kelahiran seorang Kattie Higgins. Sebelum lahir sang ibu yaitu Marry Higgins sudah diberitahu oleh dokter bahwa bayi dalam kandungannya berpotensi terkena down syndrome tetapi sang ibu tetap melahirkan Kattie ke dunia.

Bermula dari tempat untuk menghilangkan rasa sedih dan depresi karena kehilangan sang kakak yang terkena kanker, bersama ibunya Kattie mendaftar kelas zumba bersama Amanda Laycock

Melihat bakat lebih yang dimiliki oleh Kattie, sang pengajar Amanda Laycock akhirnya memberikan sebuah kelas khusus dimana Kattie berperan sebagai pengajar dalam kelas itu.

5. Michael Rosihan Yacub

Image result for Michael Rosihan Yacub,

source: wanitaindonesia.co.id

Seorang pemuda dari Indonesia berhasil membuat sebuah prestasi di bidang olahraga. Michael Rosihan Yacub menunjukkan bahwa terkena down syndrome tidak berpengaruh pada keinginannya untuk berprestasi.

Meskipun dengan IQ sebesar 35 ternyata Michael mampu mencatatkan namanya di MURI sebagai satu-satunya pegolf paling muda dengan down syndrome dan mampu bertanding dengan para pegolf normal, padahal golf merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi.

6. Noelia Garella

Image result for Noelia Garella
source: dailymail.co.uk

Memberikan pengetahuan kepada anak-anak sejak dini dapat dilakukan siapa saja termasuk Noelia Garella. Sebagai seorang down syndrome, Noelia berhasil menjadi guru down syndrome pertama di taman kanak-kanak Argentina.

Dengan gelarnya sebagai seorang sarjana di bidang ekonomi dan manajemen organisasi di bidang pariwisata dan lulus mengajar untuk prasekolah di tahun 2007, dia mengajar di sebuah penitipan anak di kota Cordoba.

7. Stephanie Handojo

Image result for Stephanie Handojo

source: republika.co.id

Satu lagi anak bangsa yang berhasil membuat harum nama Indonesia meski terbatas kemampuannya. Jejak prestasi yang dibuat oleh Stephanie sudah menyebar kemana-mana.

Pada tahun 2010 Stephanie berhasil menjadi juara 1 di renang gaya dada 50 meter Pekan Olahraga Nasional Special Olympic Indonesia, lalu gaya dada 50 meter Special Olympics World Summer Games 2011 Athena.

Tidak hanya berhenti di bidang olahraga saja, Stephanie berhasil mencatatkan namanya di Musium Rekor Indonesia karena berhasil bermain piano sebanyak 22 lagu pada tahun 2009. Dia pun menjadi pembawa obor Olimpiade London 2012.

Hari Down Syndrom sedunia ini diadakan sebagai bentuk kepedulian global dan juga untuk meningkatkan kesadaran akan down syndrome. Buatlah lingkungan yang nyaman agar mendukung anak-anak down syndrome untuk dapat berkembang selain itu peran sebagai orang tua juga sangatlah penting untuk mengarahkan bakat dari anak-anak tersebut.

Dan masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post