Bandung Lautan Api, Tau Ngga Sejarahnya? Ini 7 Faktanya!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Bandung Lautan Api, Tau Ngga Sejarahnya? Ini 7 Faktanya!

Bandung Lautan Api, Tau Ngga Sejarahnya? Ini 7 Faktanya!

Bandung yang sekarang dikenal sebagai kota destinasi pariwisata mempunyai sejarah menarik pada masa penjajahan dahulu. Dalam pelajaran sejarah, kita mengenal istilah Bandung Lautan Api yang merupakan julukan kota Bandung atas kejadian yang terjadi saat itu.

Peristiwa ini terjadi pasca proklamasi kemerdekaan di tahun 1945 dimana terbakarnya kota Bandung dalam usaha tetap menjaga kemerdekaan Indonesia. Dalam jangka waktu tujuh jam, 200 ribu warga Bandung merelakan rumah dan harta benda mereka untuk dibakar dan akhirnya terpaksa meninggalkan kota Bandung.

Dari peristiwa “Bandung Lautan Api” banyak fakta-fakta yang terjadi dalam kejadian pada saat itu. Dan kali ini Kurio beberkan 7 fakta tentang peristiwa ini:

1. Bandoeng Djadi Laoetan Api

Image result for bandoeng djadi laoetan api

source: kompasiana.com

Ternyata julukan peristiwa ini datang dari seorang wartawan Harian Suara Merdeka bernama Atje Bastaman, yang sekaligus menjadi saksi dari peristiwa pembakaran Bandung.

Saat itu sekembalinya Atje ke Tasikmalaya, ia langsung membuat tulisan mengenai peristiwa ini dengan judul “Bandoeng Djadi Laoetan Api” tetapi karena kurangnya ruang tulisan, judul diperpendek menjadi ” Bandoeng Laoetan Api”.

2. Istilah Bandung Lautan Api

Image result for bandung lautan api

source: regional.liputan6.com

Istilah Bandung Lautan Api muncul pada saat Komandan Polisi Militer di Bandung bernama Rukana sedang berbincang dengan A.H. Nasution dan Sutan Syahir. Dari perbincangan mereka bertiga, muncul gagasan dari Rukana “Mari kita bikin Bandung Selatan jadi lautan api”

3. Otak Dibalik Bandung Lautan Api

Image result for komandan divisi III A.H. NASUTION

source: nusantaranews.co

Sekutu yang terdiri dari tentang Inggris dan NICA Belanda membuat ultimatum kepada masyarakat Bandung untuk segera meninggalkan kota karena mau dipakai untuk markas melawan kemerdekaan.

Pada saat itu A.H. Nasution selaku Komandan Divisi III (atau saat ini bernama Kodam III Siliwangi) menjadi penggagas untuk meninggalkan kota Bandung dengan kondisi terbakar. Dia juga yang memberi komando agar masyarakat secepat mungkin meninggalkan kota Bandung

4. Dua Pahlawan di Balik Peristiwa Bandung Lautan Api

Image result for Mohamad Toha

source: wikipedia.com

Pahlawan yang menjadi akar dari keberhasilan peristiwa Bandung Lautan Api ini adalah dua sosok ini. Mereka adalah Mohamad Toha dan Mohamad Ramdan. Karena dari berbagai sumber sejarah, Mohamad Toha adalah sosok yang membawa dinamit untuk meledakkan gudang senjata yang saat itu dijaga tentara Jepang.

Dari peristiwa itu kedua sosok ini dianggap sebagai seorang pahlawan dan sampai dijadikan menjadi nama jalan untuk menghormati jasa mereka.

5. Strategi Bumi Hangus Paling Tepat

Image result for operasi bumi hangus

source: sebandung.com

Operasi Bandung lautan api yang pada saat itu disebut juga sebagai operasi bumi hangus merupakan sebuah keputusan yang dianggap sangat tepat pada saat itu. Karena selain untuk mencegah menjadikan kota Bandung sebagai markas strategis militer oleh pasukan Sekutu dalam Perang Kemerdekaan Indonesia, kekuatan TRI dan juga milisi rakyat tidak sebanding dengan kekuatan pasukan Sekutu dan NICA yang besar.

6. Aksi Lanjutan

Image result for perang gerilya bandung

source: nasional.tempo.co

Meskipun banyak masyarakat yang menyelamatkan diri pasca kejadian Bandung Lautan Api, api perjuangan para Tentara Republik Indonesia atau disingkat TRI tidak pernah padam. Hal itu terbukti dari gerakan TRI bersama pasukan milisi rakyat melakukan perlawanan dengan cara gerilya dari luar daerah Bandung.

7. Lahirnya Lagu “Halo-halo Bandung”

Image result for lagu halo halo bandung

source: youtube.com

Jika kamu akrab dengan lagu “Halo-halo Bandung” sejak kecil, maka kamu harus tahu bahwa lagu itu diciptakan setelah peristiwa Bandung Lautan Api meskipun sampai sekarang kita masih belum mengetahui siapa pencipta dari lagu tersebut.

Demikian 7 fakta tentang peristiwa Bandung lautan api, nggak hanya ngomong, sebaiknya kita mengerti arti dari sejarah ini. Mengutip tagline dari presiden pertama kita bapak Soekarno yaitu Jas Merah, Jangan Sekali-Sekali Melupakan Sejarah, karena sejarah adalah bagian dari masa lalu negara kita.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post