7 Syarat Menjadi Jurnalis Profesional Versi Kurio
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 7 Syarat Menjadi Jurnalis Profesional Versi Kurio

7 Syarat Menjadi Jurnalis Profesional Versi Kurio

Dunia jurnalistik adalah dunia yang penuh tantangan. Seorang jurnalis dituntut aktif mencari fakta suatu kejadian untuk disampaikan secara utuh ke masyarakat. Jurnalis harus peka akan kejadian disekitarnya dan mengikuti perkembangan isu yang sedang hangat di masyarakat.

Namun perkembangan media sosial, kini banyak sekali masyarakat yang menjadi “jurnalis dadakan”. Masyarakat kini terbiasa menulis tanpa data dan fakta yang akurat dan merekam suatu kejadian melalui handphone dan menyebarkannya di media sosial. Padahal jika tidak hati-hati hal ini mempunyai potensi untuk menyebarkan berita hoax di masyarakat.

Jika kamu memiliki passion menjadi seorang jurnalis Kurio telah merangkum 7 hal yang diperlukan untuk menjadi seorang jurnalis yang professional. Berikut rangkumannya.

1. Terbuka dan Berwawasan Luas

Jika kamu berhadapan dengan narasumber yang memiliki berbagai macam latar belakang, tentu kamu tidak ingin terlihat “bodoh” karena tidak mengetahui apa yang sedang dia katakan.

Mempunyai pikiran terbuka dan berwawasan luas adalah syarat mutlak untuk menjadi seorang jurnalis agar kelak kamu mampu berkomunikasi dengan berbagai macam narasumber dari berbagai macam latar belakang.

2. Rapih

Mungkin kalau kamu sering melihat film-film di televisi maupun di bioskop, jurnalis identik dengan penampilan yang berantakan, celana jeans robek. Seorang jurnalis di era sekarang dituntut untuk selalu terlihat rapi dan sopan. karena hal ini akan membuat kamu disegani orang.

3. Pandai Berkomunikasi

Seorang jurnalis harus pandai berbicara dan terampil menulis agar mampu menyampaikan informasi dengan baik, benar dan tepat. Jangan sampai ada kesalahan dalam penyampaian informasi dari narasumber bisa bahaya.

4. Kritis

Seorang jurnalis tidak boleh langsung mempercayai informasi dari seorang narasumber. Cek dan ricek terlebih dahulu informasi yang didapat. Klarifikasi dengan sumber yang lain untuk mendapatkan informasi yang akurat.

5. Peka dengan Lingkungan

Seorang jurnalis harus peduli dengan isu-isu yang ada di sekitar lingkungannya. Ia tak boleh cuek dengan ketimpangan yang terjadi di lingkungan terdekatnya. Problem sosial di masyarakat bisa ia suarakan lewat tulisan, video, dan medium lainnya.

6. Taat Dengan Kode Etik

Jurnalis harus menaati peraturan-peraturan yang tertera di kode etik jurnalistik. Sebagai contoh seorang jurnalis sejati tak kan pernah mau menerima amplop yang diberikan oleh narasumber.

7.  Menjaga Kepercayaan

Jurnalis harus menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pembaca. Ketika jurnalis melanggar kode etik jurnalistik atau menyebarkan berita tanpa klarifikasi dari narasumber yang utuh maka pembaca akan kehilangan kepercayaan dan karyanya tak akan dibaca dibaca orang lagi.

Itu lah rangkuman 7 syarat menjadi jurnalis yang professional menurut Kurio. Bagaimana menurutmu?

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post