Kenali 7 Hal Penyebab Tanah Longsor
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Kenali 7 Hal Penyebab Tanah Longsor

Kenali 7 Hal Penyebab Tanah Longsor

Setiap akhir dan awal tahun intensitas hujan akan selalu tinggi karena memang pada waktu tersebut adalah musim hujan. Curah hujan yang tinggi ini terkadang membuat kita kerepotan untuk beraktifitas di luar rumah. Apalagi buat kamu yang bekerja di kantor yang harus masuk kantor tepat waktu.

Efek dari musim hujan ini bisa kamu lihat dari berita-berita yang ada di televisi nasional di mana banyak daerah yang terkena bencana tanah longsor. Yang paling baru adalah kejadian tanah longsor di daerah Puncak, Bogor dan kawasan jalan menuju bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab tanah longsor sehingga sering terjadi dewasa ini. Kurio akan membahas 7 penyebab tanah longsor.

1. Penumpukan Material

Image result for pembangunan perumahan

source: kompasiana.com

Hal ini dapat terjadi buat kamu yang berada di daerah pemukiman yang sedang melakukan perluasan wilayah. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memperluas wilayah pemukiman dan salah satunya adalah dengan menimbun lembah atau memotong tebing.

Tanah yang digunakan untuk menimbun lembah ini harus sampai kering dan tidak pada saat musim hujan, karena jika tanah tersebut basah karena efek hujan membuat timbulnya retakan dan membuat permukaan tanah menjadi turun.

2. Kelebihan Beban

Image result for rumah lereng

source: republika.co.id

Hal ini sering ditemui di kawasan lereng gunung. Biasanya dengan banyaknya perumahan yang ada di sekitar lereng membuat tanah yang berada di lereng tersebut tidak dapat menahan beban dari rumah tersebut sehingga akhirnya longsor.

Tidak hanya rumah, kendaraan yang sering lewat di daerah lereng juga berpotensi membuat tanah menjadi longsor jika volume mobil yang melewati lereng tersebut tinggi.

3. Curah Hujan Tinggi

Image result for hujan deras

source: megapolitan.kompas.com

Musim yang negara kita miliki ada dua yaitu musim hujan dan musim panas. Pada saat musim panas otomatis kondisi tanah di sekitar kita akan menjadi kering. Dari tanah kering ini akan membentuk pori-pori tanah dan selanjutnya menjadi sebuat retakan.

Dan transisi dari musim panas ke musim hujan akan membuat tanah kering tersebut tidak dapat beradaptasi. Retakan-retakan dalam tanah kering tersebut akan terisi oleh air hujan yang turun yang menyebabkan terjadinya pergeseran tanah sehingga membuat terjadinya erosi tanah.

4. Lahan Pertanian di Lereng

Image result for lahan pertanian lereng gunung

source: kompasiana.com

Lahan pertanian ataupun perkebunan yang tidak ditata dengan baik dapat memperbesar kemungkinan daerah tersebut untuk mengalami tanah longsor. Tanaman pertanian dan perkebunan memiliki akar yang kecil sehingga tidak cukup kokoh untuk menjaga struktur tanah tetap kuat

5. Erosi

Image result for erosi

source: tribunnews.com

Biasa disebut juga pengkikisan tanah. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari erosi ini, salah satunya adalah aliran sungai yang terus mengkikis tebing yang ada disekitarnya. Hal yang memperbesar kemungkinan untuk terjadi longsor adalah jika tebing tersebut tidak memiliki banyak pohon untuk menahan tanah tersebut.

6. Penggundulan Hutan

Image result for penggundulan hutan

source: tekno.tempo.co

Fungsi hutan bukan hanya sebagai penghasil oksigen terbesar saja. Karena pohon-pohon yang berada di lereng ataupun perbukitan mempunyai akar yang berfungsi sebagai tempat menyimpan air sehingga dapat memperkuat struktur tanah.

Jika hutan-hutan tersebut digunduli dengan banyak cara, maka otomatis tidak ada yang dapat menjaga kekuatan struktur tanah tersebut dan mengakibatkan tanah longsor.

7. Banyaknya Mata Air

Image result for mata air gunung

source: news.okezone.com

Jika kamu melihat banyaknya mata air yang berada di daerah lereng gunung, maka besar kemungkinan daerah tersebut merupakan daerah yang rawan longsor. Karena volume air yang terlalu tinggi dapat membuat menjadi basah dan tidak kuat menahan daya dari air-air tersebut.

Jika kamu yang tinggal berada di daerah yang berpotensi tanah longsor disarankan untuk lebih berhati-hati dan waspada karena curah hujan yang tinggi beberapa hari ini.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post