Kenali Penyakit Kusta Lebih Dalam
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Kenali Penyakit Kusta Lebih Dalam

Kenali Penyakit Kusta Lebih Dalam

Di hari kusta internasional ini coba kita lebih memahami mengenai penyakit Kusta ini, Kusta sendiri merupakan penyakit dimana sudah ada dari jaman dahulu dan ditandai dengan adanya bercak putih di sekitar badan kamu.

Banyak sekali yang menyepelekan bercak putih ini karena kebanyakan kamu mengira bahwa kamu terkena penyakit kulit panu. Padahal kalau tidak ditangani sesegera mungkin kemungkinan terburuk kamu bisa mengalami kebutaan bahkan kecacatan.

Apa Itu Kusta?

source: health.kompas.com

Kusta sendiri adalah suatu penyakit dimana dapat menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernafasan atas, dan mata. Jika menyerang sistem syaraf maka dapat menyebabkan seseorang mengalami mati rasa atau kebas.

Kusta atau sering disebut lepra atau nama lainnya adalah morbus hansen ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh dan bisa saja bakteri itu muncul setelah menginfeksi tubuh selama dua hingga sepuluh tahun.

Ciri Penyakit Kusta

source: hellosehat.com

Penyakit ini sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu kusta kering atau pausi basiler (PB) dan kusta basah atau multi basiler (MB). Keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda sehingga kamu harus lebih teliti dalam melihat penyakit ini.

Kusta kering atau pausi basiler biasanya memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit panu yaitu bercak putih kering dan tidak muncul hanya di satu tempat. Selain itu jika kamu memeriksa di laboratorium hasil pemeriksaan bakteriologis menunjukkan simbol negatif dan penyakit ini tidak menular.

Sedangkan kusta basang atau multi basiler mempunyai ciri-ciri yang hampir sama dengan kusta kering namun dengan tepiannya berwarna kemerahan. Jika kamu sedang berkeringat bagian dari kusta basah ini tidak akan ikut berkeringat, dan bila disentuh mati rasa dan kusta basah ini sangat mudah menular kepada orang lain.

Dan dari kedua jenis kusta tersebut, ciri-ciri lainnya adalah

  • adanya penurunan berat badan secara signifikan
  • rambut rontok
  • persendian terasa nyeri
  • Berubahnya bentuk wajah
  • Otot melemah atau yang paling parah mengalami kelumpuhan
  • Muncul luka dan bisul, tapi tidak terasa sakit
  • Munculnya ruam

Pengobatan Kusta

Biasanya penyakit Kusta sangat disarankan untuk pergi ke dokter karena dokter yang lebih mengerti tentang obat-obatan dari penyakit ini. BIasanya akan diberikan antibiotik yang harus kamu minum dalam jangka waktu yang lama kira-kira enam bulan hingga dua tahun. Dan pengobatan kusta sendiri harus berdasarkan jenis kusta sehingga dokter dapat memperkirakan jenis obat, dosis antibiotik yang diperlukan, durasi waktu penyembuhan.

Jika dirasa diperlukan,setelah pengobatan akan dilakukan pembedahan dengan tujuan untuk menormalkan fungsi saraf yang rusak dan mengembalikan fungsi anggota tubuh.

Untuk mendukung pengobatan juga bisa dilakukan pengobatan herbal dengan memakai beberapa tumbuhan untuk memaksimalkan tingkat penyembuhan penyakit ini, diantara lain umbi bidara dan madu, lalu kencur dan daun ekor kucing, getah jambu mede, daun kaki kuda, daun sirsak dan masih banyak lagi.

Dan begitulah penjelasan mengenai penyakit kusta ini, semoga dengan penjelasan dari artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih mengenal mengenai penyakit ini. Yang penting jagalah kebersihan dan juga kesehatan kamu agar tidak terkena penyakit ini.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post