7 Penyebab Kamu Kekurangan Gizi
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 7 Penyebab Kamu Kekurangan Gizi

7 Penyebab Kamu Kekurangan Gizi

Banyak orang yang suka tidak sadar bahwa dirinya mengalami malnutrisi. Malnutrisi adalah kondisi dimana tubuh kita mengalami kekurangan gizi dan tubuh kita mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius karena tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Malnutrisi sendiri sebenarnya tidak terjadi dalam waktu singkat, melainkan akibat dari akumulasi dalam jangka waktu lama tapi tanda-tanda tersebut pasti tidak akan kamu sadari. Berikut adalah 7 penyebab kamu kekurangan gizi versi Kurio.

1. Diet Yang Berlebihan

 

Terkadang kita tidak pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki, termasuk tubuh kita. Karena ada beberapa saat kita merasa tubuh kita gemuk dan ingin menghilangkan lemak yang ada dengan cara diet.

Sebenarnya diet merupakan kegiatan yang positif, khususnya buat kamu yang mengalami masalah obesitas. Akan tetapi diet pun tidak dapat sembarangan diterapkan begitu saja. Kamu perlu konsultasi dengan dokter ahli gizi tentang diet yang cocok buat kamu karena tidak semua jenis diet cocok dengan tubuh kita.

2. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

 

Banyak sekali masyarakat, baik orang tua maupun anak muda yang gemar mengkonsumsi alkohol. Buat mereka, selain karena gaya hidup, buat mereka minum alkohol itu menyenangkan.

Padahal jika kamu mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menggangu proses pencernaan kamu dan peyerapan nutrisi bagi tubuh. Dan masalahnya terkadang para peminum alkohol lupa untuk makan karena merasa sudah cukup kenyang. Padahal kenyang yang mereka rasakan adalah gas yang dihasilkan oleh alkohol itu sehingga tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam badan.

3. Kondisi Ekonomi Yang Tidak Memadai

 

Kalau kamu sering melihat di televisi mengenai berita-berita di negara lain yang mengalami kekurangan gizi, pastilah penyebab utamanya karena faktor ekonomi.

Tidak bisa kita pungkiri jika mereka berada di garis ekonomi yang rendah, uang yang dihasilkan hanya cukup untuk bertahan hidup sehingga mereka hanya makan makanan yang dapat membuat mereka kenyang tanpa mempedulikan kebersihan serta juga gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

4. Mengalami Gangguan Pencernaan

 

Tidak sedikit masyarakat yang mengalami gangguan pencernaan. Salah satu contohnya adalah anoreksia nervosa dimana seseorang yang mengidap anoreksia seringkali memuntahkan kembali apa yang telah dia makan.

Karena memuntahkan kembali makanan yang dia makan maka otomatis tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi sehingga tidak jarang para pengidap anoreksia ini memiliki tubuh yang sangat kurus.

5. Kekurangan Yodium

 

Yodium merupakan suatu zat yang terkandung dalam garam yang sering kita gunakan untuk memasak. Dan kekurangan yodium pun merupakan salah satu penyebab orang kekurangan gizi.

Kurangnya tubuh kita mengkonsumsi Yodium dapat membuat tubuh kita rentan terkena penyakit, salah satunya adalah penyakit Gondok. Padahal fungsi yodium sendiri adalah untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid. Selain itui juga Yodium berfungsi untuk mencegah kita dari keterbelakangan mental dan juga stroke.

6. Kekurangan Karbohidrat

 

Sebenarnya hal ini hampir sama dengan diet berlebihan karena ada salah satu jenis diet yang tidak mengkonsumsi karbohidrat atau disebut diet keto. Mengkonsumsi sedikit karbohidrat dan memperbanyak mengkonsumsi lemak dirasa cukup efektif dalam mengurangi tingkat keasaman dalam tubuh dan juga berat badan.

Padahal peran dari karbohidrat itu sendiri adalah untuk menyerap glukosa yang ada di dalam karbohidrat sehingga tubuh lebih memiliki tenaga. Efek samping dari diet ini sendiri antaran lain dapat menyebabkan kamu sakit kepala, mual, sembelit dan juga bau nafas.

7. Kondisi Gigi Yang Tidak Bagus

 

Kamu semua pasti pernah merasakan yang namanya sakit gigi kan? Kondisi dimana diantara gigi kamu ada yang bolong sehingga banyak makanan yang masuk dalam bolongan tersebut dan membuat kamu sakit gigi.

Biasanya kalau kita sedang dalam posisi sakit gigi pasti membuat kamu malas untuk makan. Karena biasanya sakit gigi yang sudah parah bisa membuat kamu pusing kepala sehingga kamu tidak berniat untuk makan. Padahal kalau hal itu terjadi bisa menghambat proses masuknya gizi ke dalam badan kamu lewat makanan.

Di hari gizi dan makanan ini adalah saat dimana kita harus peduli dengan keadaan tubuh kita sendiri. Tidak peduli seberapa sibuknya kamu saat bekerja karena gizi yang masuk ke dalam badan kamu adalah energi yang dikeluarkan untuk kepentingan kamu bekerja.

Itulah 7 penyebab kamu kekurangan gizi versi Kurio. Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post