Cara Simple Jaga Lingkungan Hidup
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Cara Simple Jaga Lingkungan Hidup

Cara Simple Jaga Lingkungan Hidup

Efek Global Warming pelan-pelan sudah kita rasakan saat ini. Jika kita terus abai mengenai dampak dahsyatnya efek peningkatan suhu bumi maka planet yang kita pijak ini akan terancam tidak dapat ditempati anak cucu kita kelak.

Jadi sudah semestinya masyarakat khususnya anak muda mulai sadar tentang hal ini dan mulai melakukan gerakan untuk menjaga lingkungan dimana kita tinggal. Tak perlu dimulai dari hal yang besar tetapi mulai dari hal yang kecil dan selalu kita lakukan di kegiatan sehari-hari. Berikut 5 caran menjaga lingkungan hidup jaman now versi Kurio.

1. Membawa Botol Minum

source: runner.id

Kalian pasti tau kalo plastik merupakan zat yang paling sulit terurai jika menjadi sampah. Butuh waktu bertahun-tahun agar plastik terurai sehingga ada baiknya jika kita mengurangin penggunaan plastik.

Dengan kamu membawa botol minum sendiri, kamu dapat merasakan dua manfaat yaitu kamu menjadi lebih hemat tidak perlu membeli air minum di toko dan kamu berperan dalam menjaga lingkungan.

2. Membawa Tas Belanja

source: hipwee.com

Jika kamu berniat untuk berbelanja di toko swalayan, biasakan bawa sendiri tas belanja. Meskipun di swalayan menyediakan tas plastik tapi jika kamu membawa sendiri tas belanja maka kamu juga berperan dalam menjaga lingkungan mengurangi penggunaan plastik.

3. Membuat Bekal Sendiri

source: vemale.com

Apa hubungannya bekal makanan dengan menjaga lingkungan? Tau kah kamu jika makanan terutama dari restoran merupakan penyumbang sampah terbesar? Hal ini karena makanan sisa restoran dari pelanggan yang tidak habis makan.

Menurut Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jakarta pernah merilis data pada tahun 2011 mengatakan DKI Jakarta sehari menghasilkan 7500 ton sampah dimana 54% merupakan sampah makanan.

Dengan kamu membawa bekal sendiri sudah pasti kamu dapat menghemat uang jajan kamu, selain itu juga jika kamu membawa bekal maka porsi makanan dapat kamu ukur sesuai dengan kemampuan makan kamu. Jadi makanan tidak akan mubazir.

4. Memilah Sampah Daur Ulang

source: youtube.com

Budaya ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun oleh negara Jepang dimana mereka memisah antara sampah yang dapat didaur ulang dan juga sampah yang tidak dapat didaur ulang. Selain itu juga mereka membedakan antara sampah basah dan sampah kering.

Untuk di ibu kota gerakan ini sudah mulai dilakukan tetapi jumlahnya masih sedikit. Jika kamu peduli dengan lingkunganmu, kamu bisa saja menjadi pencetus melakukan gerakan ini di lingkungan sekitarmu. Sampah daur ulang itu dapat kamu jual kembali dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari sampah.

5. Bercocok Tanam di Perkarangan Rumah

source: merdeka.com

Kalau kamu suka dengan alam, tidak ada salahnya jika kamu mulai bercocok tanam di perkarang rumah kamu sendiri. Jika kamu suka dengan buah-buahan kamu bisa menanam pohon pisang, rambutan dsb. Karena dengan kamu tanam pohon, kamu sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan menambah jumlah penghasil oksigen yang biasanya diproduksi oleh tumbuhan.

Jika kamu tidak mempunyai halaman rumah, kamu masih dapat menanam tumbuhan dirumah kamu dengan memakai barang-barang bekas seperti ember kecil, bekas tempat cat sebagai media untuk bercocok tanam. Dengan begitu kamu juga berperan dengan memakai barang-barang bekas untuk bercocok tanam

Dan di hari lingkungan hidup ini, marilah kita semakin peduli terhadap lingkungan kita sendiri karena apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat untuk orang sekitar di masa yang akan datang. Semoga 5 cara menjaga lingkungan hidup jaman now versi Kurio ini dapat bermanfaat buat kamu.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post