6 Manfaat Menanam Pohon
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 6 Manfaat Menanam Pohon

6 Manfaat Menanam Pohon

Bagi kamu yang tinggal di ibukota akan jarang merasakan asrinya tumbuhan hijau karena banyaknya pembangunan di ibukota sehingga harus mengorbankan hilangnya pepohonan di sekitar kita.

Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari pepohonan ataupun tumbuhan hijau bagi kita semua. Oleh karena itu perlunya gerakan untuk menanam pohon. Menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon yang dengan besar tetapi mulai dari menanam tunasnya terlebih dahulu karena dari gerakan kecil ini manfaatnya akan kita terima di masa depan. Berikut 7 manfaat dari menanam pohon.

1. Menghasilkan Oksigen Untuk Bernafas

source: nationalgeographic.co.id

Fungsi utama dari pohon adalah untuk menghasilkan oksigen yang berguna untuk manusia bernafas.  Kamu pasti pernah merasakan ketika sedang berjalan dan sinar matahari sedang terik-teriknya, jika kamu menemukan pohon pasti kamu akan berteduh untuk sementara.

Pada saat berteduh di bawah pohon kamu akan merasa sejuk, itu dikarenakan efek oksigen yang dihasilkan oleh pohon tersebut.

2. Menyerap Karbonmonoksida

source: kompasiana.com

Selain menghasilkan oksigen untuk hidup manusia, manfaat dari pohon juga adalah untuk menyerap karbon dioksida atau CO2. Karena memang berkebalikan dengan manusia, pepohonan bernafas dengan menyerap CO2 dan melepaskan oksigen (O2)

Membutuhkan 96 batang pohon untuk menyerap CO2 yang dihasilkan oleh satu orang dalam waktu satu tahun. Selain itu, pohon juga berfungsi untuk menyerap bau dan gas polutan, serta menyaring partikular-partikular dari udara menggunakan daun dan kulit mereka.

3. Melindungi Tempat Tinggal Satwa

source: nasional.tempo.co

Kamu pasti pernah mendengar berita tentang banyaknya binatang liar yang tiba-tiba datang ke perumahan tanpa sengaja. Hal itu terjadi karena para satwa liar ini secara perlahan mulai kehilangan hutan yang menjadi tempat tinggal mereka untuk mencari makan sehingga mereka tersasar hingga ke pemukiman warga.

Dengan kamu menanam pohon, secara perlahan kamu berpartisipasi dalam mengembalikan ekosistem satwa liar yang tinggal di lingkungan tempat  tinggal kita.

4. Sumber Makanan

source: youtube.com

Berbagai macam pohon buah-buahan maupun sayur-sayuran dapat tumbuh dengan baik tidak hanya di hutan tapi juga perkarangan rumah kamu dengan luas tanah yang cukup. Untuk membuktikan, kamu dapat melempar biji buah tertentu seperti nangka atau papaya. Atau bisa juga menancapkan batang singkong di tanah.

Asal rajin disiram, biji tersebut akan tumbuh menjadi tunas pohon dan batang singkong dapat tumbuh menjadi pohon dalam waktu beberapa pekan berikutnya. Hal ini pernah dikisahkan di lirik lagu Kopi Susu milik Koes Plus. Lirik  tersebut berbunnyi “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman,”.

Dari hasil pohon tersebut dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu sehari-hari, baik itu untuk dikonsumsi oleh keluarga maupun menjadi sumber ekonomi keluarga dengan cara menjualnya.

5. Tempat Menyimpan Air 

source: rappler.com

Bagaimana bisa pohon dapat menjadi tempat menyimpan air? Karena pada saat hujan turun pasti akan masuk ke dalam tanah. Pohon yang ada di sekitar akan langsung menjadi tempat penyimpanan air yang diresap oleh tanah melalui akar-akar pohon.

Jika tidak ada pohon yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air maka air tersebut akan langsung terbuang begitu saja baik ke sungai maupun ke laut dan dapat menyebabkan mahluk hidup yang ada di sekitar kekurangan sumber air.

6. Membuat Indah Lingkungan

source: metro.tempo.co

Bayangkan jika daerah sekeliling kamu hanya terdiri dari tanah yang hanya berwarna coklat? Pasti terlihat membosankan kan. Tapi jika banyak terdapat tumbuhan di sekitar kamu pasti akan membuat kamu lebih tenang melihat pemandangan sekitar yang asri dan indah.

Maka tidak heran jika masyarakat perkotaan pada saat liburan ramai-ramai pergi ke daerah pegunungan hanya untuk sekedar refreshing,  melihat pemandangan tumbuh-tumbuhan serta menghirup oksigen yang diproduksi oleh tumbuhan.

Semoga 6 manfaat dari menanam pohon ini dapat memicu kamu untuk menanam pohon dan tumbuh-tumbuhan. Atau paling tidak menjaga lingkungan di sekitar kamu, Menyambut hari gerakan sejuta pohon ini dengan menanam satu pohon, kamu sudah berpartisipasi dalam kelangsungan hidup anak cucu kelak di masa yang akan datang.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post