5 Tempat Liburan Anti Mainstream di Indonesia
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 5 Tempat Liburan Anti Mainstream di Indonesia

5 Tempat Liburan Anti Mainstream di Indonesia

Natal dan Tahun Baru adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Liburan kali ini kamu bisa explore tempat-tempat keren yang ada di Indonesia. Kali ini Kurio berikan 5 tempat liburan anti mainstream di Indonesia. Tempatnya ngga jauh-jauh kok masih ada di seputaran Pulau Jawa, penasaran? Yuk langsung aja kita simak.

1. Taman Nasional Baluran

Image result for taman nasional baluran

source: balurannationalpark.web.id

Buat kamu yang pecinta alam, Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang cocok untuk kamu coba explore. Taman Nasional ini berada di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk masuk kesana kamu harus menggunakan mobil dan kamu bisa merasakan sensasi offroad karena jalannya yang berbatu dan lagi berada di tengah-tengah hutan tropis.

Kamu juga bisa menemukan banyak sekali binatang yang berada di habitat aslinya karena di taman nasional ini hewan-hewannya dilindungi oleh pemerintah. Disana juga terdapat pantai yang indah bernama Pantai Bima. Selain itu kamu bisa melihat Taman Nasional Baluran melalui ketinggian jika kita naik ke Menara Pandang.

Kerennya adalah kita juga bisa berkemah di area itu karena ada dua area berkemah disana yaitu area Pantai Perengan yang dekat dengan pos penjaga ataupun area Camping Ground yang bersebelahan dengan sungai.

2. Taman Pelangi Yogyakarta

Image result for taman pelangi jogja

source: phinemo.com

Yogyakarta identik dengan destinasi wisata di tanah air, banyak wilayah yang bisa kamu jelajahi di kota ini, salah satunya adalah Taman Pelangi. Bagi kamu yang aktif berselancar di sosial media, tempat ini sangat instagrammable banget karena banyak terdapat lampion-lampion berwarna cantik disini.

Di tempat ini kamu akan mendapatkan suasana yang tenang dan damai. Selain itu terdapat alunan lagu yang menemani kamu di tempat ini sehingga kamu makin betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Dengan harga tiket masuk Rp 10,000 di hari biasa dan Rp 15,000 di akhir pekan, tempat ini bisa jadi salah satu destinasi yang kamu datangi di Yogyakarta karena masih satu kompleks dengan Monumen Jogja Kembali.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Image result for Gumuk Pasir Parangkusumo

source: travel.kompas.com

Jika kamu pikir padang pasir yang luas hanya berada di Jazirah Arab yang hanya bisa kamu tonton di televisi. Sekarang kamu bisa merasakannya di Indonesia lho. Satu lagi tempat wisata keren di Jogjakarta yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo.

Terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta kamu bisa merasakan hamparan padang pasir yang luas, tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Orang akan mengira bahwa pasir yang ada disana merupakan pasir dari pantai, padahal pasir tersebut merupakan suatu proses alami dari pasir vulkanik Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang terbawa oleh arus Sungai Opak dan mengendap dalam waktu yang lama.

Banyak orang yang menggunakan daerah ini sebagai tempat untuk foto pre wedding mereka karena tempatnya yang indah. Dengan fasilitas umum yang lengkap juga kamu dapat menambah list tempat liburan kamu di Jogja ini.

4. Sanghyang Heuleut

Image result for Sanghyang Heuleut

source: jejakpiknik.com

Buat kamu yang berencana liburan ke tempat yang tidak jauh dari Jakarta, sebagai contoh Bandung. Ada satu tempat anti mainstream untuk kamu berlibur disana, namanya Sanghyang Heuleut.

Dulunya tempat ini dikeramatkan oleh para warga sekitar karena mitosnya merupakan tempat mandi bagi para bidadari yang sedang turun ke bumi, namun sekarang ini sudah diperbolehkan karena Sanghyang Heuleut merupakan kolam alami yang aliran air berasal dari Danau Citarum Purba.

Selain Sanghyang Heuleut, ada beberapa kolam lagi yang terletak di dekat sana seperti Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro. Lokasi kedua tempat tersebut kamu harus trekking naik turun gunung selama kurang lebih satu setengah jam karena jaraknya sekitar tiga kilometer. Tapi pemandangan dan kesegaran air danau alami membayar segala upaya kamu untuk pergi kesana.

5. Pantai Gunung Payung

Image result for pantai gunung payung

source: merdeka.com

Beberapa titik pantai di Bali sudah mulai terlalu ramai seperti Pantai Kuta. Sehingga kamu mulai tidak merasa nyaman untuk sekedar melihat laut disana. Sekarang ada pantai lain di Bali yang keren, namanya Pantai Gunung Payung

Pantai ini sendiri terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Kalo kamu ke pantai ini serasa pantai ini milik pribadi karena saking sepinya. Jika ramai pun hanya para pelancar yang bermain disana, karena ombak di pantai tersebut cukup tinggi sehingga menjadi tempat favorit para peselancar.

Bagi kamu yang ingin merencanakan liburan, 5 tempat liburan anti-mainstream di Indonesia versi Kurio itu bisa juga kamu rekomendasikan juga buat teman-temanmu.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post