Siaga Penyakit Difteri
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Siaga Penyakit Difteri

Siaga Penyakit Difteri

Penyakit Difteri kembali muncul di Indonesia. Banyak kasus tercatat di beberapa daerah sepanjang tahun ini. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan adanya imunisasi yang sudah masuk program kesehatan pemerintah Indonesia.

Difteri merupakan infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Namun, terkadang juga dapat mempengaruhi kulit. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2016 sudah terjadi 7,097 kasus Difteri dan 342 kasus diantaranya berasal dari Indonesia.

Lebih lanjut lagi, sejak tahun 2011 hingga 2016 telah terjadi 3,353 kasus difteri dimana 110 kasus diantaranya meninggal dunia. Dan berdasarkan statistik 90% kasus Difteri tersebut berasal dari masyarakat yang tidak memiliki riwat imunisasi Difteri yang lengkap. Dan Indonesia menempati urutan kedua, setelah India, sebagai negara yang memiliki kasus Difteri terbanyak.

Kenali Gejala Difteri

Image result for difteri

source: vemale.com

Penyakit Difteri sendiri mempunyai gejala yang hampiri miripi dengan flu. Biasanya rentang waktu bakteri masuk ke tubuh hingga muncul gejalanya sekitar 2-5 hari. Berikut gejala-gejala Difteri:

  • Terdapat lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi amandel dan tenggorokan.
  • Demam
  • Suara serak
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit Bernafas
  • Lemas dan Menggigil
  • Flu
  • Jiika menyerang kulit menyebabkan luka seperti borok

Komplikasi Difteri

Bakteri ini jika tidak dilakukan pengobatan secepatnya dan penghentian penyebarannya secara dapat membuat penderita terkena komplikasi yang serius. Diprediksi 1 dari 5 penderita usia balita dan lansia di atas 40 tahun meninggal akibat komplikasi Difteri. Beberapa komplikasi diantaranya meliputi:

  • Pernafasan.

Matinya sel-sel akibat toksin yang diproduksi bakteri Difteri menyebabkan terbentuknya membran abu-abu yang dapat menghambat pernafasan dan juga dapat luruh lalu masuk paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru yang membuatnya tidak bekerja secara maksimal dan turun drastis. Dan efeknya adalah dapat menyebabkan gagal nafas

  • Jantung

Toksin Difteri juga berpotensi masuk hingga ke jantung dan menyebabkan miokarditis atau peradangan otot jantung. Hal ini dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, gagal jantung hingga kematian

  • Saraf

Toksin Difteri dapat menyebabkan penderita mengalami masalah dengan sulit menelan, kelumpuhan pada diafragma yang dapat membuat pasien tidak bisa bernafas hingga membutuhkan alat bantu pernafasan, dan juga pembengkakkan pada saraf tangan dan kaki.

  • Difteri Hipersotik

Komplikasi ini bentuk difteria yang sudah sangat parah. Selain gejala yang hampir sama dengan difteri biasa, difteri hipertoksik dapat memicu pendarahan yang parah dan gagal ginjal.

Pencegahan Dengan Imunisasi

Image result for imunisasi

source: hellosehat.com

Langkah pencegahan yang sangat efektif untuk penyakit ini adalah dengan vaksin. Pencegahan difteri tergabung dalam vaksin DTP meliputi difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk rejan. Vaksin DTP termasuk dalam imunisasi wajib bagi anak-anak di Indonesia. Pemberian vaksin dilakukan 5 kali pada saat anak berusia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, satu setengah tahun, dan lima tahun

Untuk selanjutnya dapat diberikan booster dengan vaksin sejenis (Tdap/Td) pada usia 10 tahun dan 18 tahun. Vaksin Td dapat diulangi setiap 10 tahun untuk memberikan perlindungan yang optimal. Dengan adanya imunisasi ini dapat melindungi kamu dari Difteri seumur hidup.

Dengan kamu lebih mengenal mengenai virus Difteri ini, kamu dapat melakukan tindakan pencegahan dan langsung pergi ke dokter untuk diperiksa. Jangan sampai penyakit menghambat kamu untuk berkumpul dengan keluarga tercinta karena sehat itu mahal.

Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio. Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.

Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post