18 Kemenangan Beruntun Pep Guardiola
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 18 Kemenangan Beruntun Pep Guardiola

18 Kemenangan Beruntun Pep Guardiola

Pelatih legendaris Barcelona yang kini menangani Manchester City Pep Guardiola kembali menunjukkan tajinya. Pertandingan melawan Huddersfield pekan kemarin mencatatkan rekor tersendiri bagi klub.

Hingga pekan 13 The Citizens  berhasil mengumpulkan 37 poin dan mengkokohkan diri di puncak klasemen sementara Premier League. City menjadi tim pertama dengan meraih 11 kemenangan dalam 11 laga tandang awal.

Selain itu, City juga menjadi tim pertama yang meraih 18 kemenangan beruntun di semua ajang. Atas catatan ini Pep Guardiola sebagai pelatih berprestasi di era sepakbola modern. Berikut ini adalah sejarah perjalanan karir sang maestro Manchester City tersebut.

Legenda Barcelona

Related image

source: independent.co.uk

Memulai karir sepak bola dari Akademi Barcelona. Pada musim 1990/1991 Guardiola masih di antara tim Barcelona B dan terkadang ikut latihan tim utama Barcelona. Memulai debut perdana sebagai tim utama Barca pada 16 Desember 1990 melawan Cadiz.

Separuh karir professionalnya dihabiskan di Barcelona yang kemudian menjadikan dirinya legenda Barca. Nomer punggung empat menjadi pilihannya di Barcelona. Kemampuannya adalah kecepatannya dalam bereaksi dan tahu harus kemana memberikan operan dengan opsi yang terbaik. Selain itu Guardiola sangat jarang melakukan tackle karena kemampuannya dalam mengambil posisi untuk merebut bola sangat baik.

Dia mendapat masa kejayaannya saat menjadi pemain Barcelona dengan berhasil memenangkan 6 piala liga Spanyol (1990-91, 91-92, 92-93, 93-94, 97-98 dan 98-99) Piala Eropa (91-92), Piala Winners’ Cup (96-97) dan Piala Copa Del Rey (96-97 and 97-98) sebelum pada tahun 2001 dia meninggal Barcelona dan memulai karir di klub lain seperti Brescia, AS Roma, Al- Ahly dan Dorados de Sinaloa.

Kembali Ke Barcelona

Image result for guardiola pelatih barcelona

source: bola.net

Pada saat menjadi pemain, Guardiola sudah mempersiapkan masa pensiunnya dengan mengambil lisensi kepelatihan. Dan saat dia memasuki masa pensiun, dia dipercaya menangani Barcelona B.

Tentu kita masih ingat dengan pelatih Barcelona sebelumnya, Frank Rijkaard, yang sudah memperoleh banyak piala bersama Barcelona. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu kemampuannya untuk membawa Barcelona untuk terus mencetak kemenangan mulai menurun. para penasehat presiden Barcelona saat itu, Joan Laporta, yaitu Johan Cruyff, Txiki Begiristain, dan Evarist Murtra mulai memperdebatkan kemungkinan Guardiola menjadi pelatih tim utama.

Saat menangani tim Barcelona B, Guardiola berhasil menciptakan tim yang haus akan kemenangan. Dia menerapkan formasi 4-3-3 yang fleksibel karena pada saat menyerang bisa berubah menjadi 3-4-3. Hasil racikan taktiknya terbukti positif karena Barcelona B dalam 21 pertandingan tak terkalahkan di kandang dan berhasil menjuarai Divisi Tercera ( Divisi III) dan naik ke Divisi Segunda B.

Dari hasil torehan prestasi tersebut, akhirnya para petinggi Barcelona tidak ragu untuk menjadikan Guardiola kandidat pelatih Barcelona. Dan terbukti dia diangkat menjadi pelatih menggantikan Frank Rijkaard pada tahun 2008

Di tangan Pep Barcelona berhasil menjadi tim paling menakutkan sekaligus tim dengan permainan paling indah di dunia. Gelar yang diraih selama masa dia melatih Barcelona yaitu piala La Liga ( 2009, 2010, 2011), Copa Del Rey (2009, 2012), Piala Super Spanyol (2009, 2010, 2011), Liga Champions (2009, 2011), Piala Super UEFA (2009, 2011), Piala Dunia Antarklub (2009,2011). Guardiola mengundurkan diri dari Barcelona pada April 2012 untuk istirahat sejenak dari dunia kepelatihan.

Merantau Ke Bayern Munchen

Image result for guardiola pelatih bayern

source: sidomi.com

Pep kembali menjalani karir sebagai pelatih di Jerman. Keinginan Jupp Heynckes yang pensiun di akhir musim 2012/13 membuat Bayern Munchen bergerak cepat untuk mencari pengganti yang sepadan. Akhirnya 16 Januari 2013 Pep resmi menjadi pelatih Bayern Munchen.

Pep berhasil menyulap Bayern Munchen tak kalah menakutkannya seperti era Jupp Heynckes. Untuk membantu menerapkan filosofi sepak bolanya ke tim, Pep membeli mantan pemain yang dulu dia poles di Barcelona yakni Thiago Alcantara. Dengan bantuan Thiago, Pep berhasil membangun filosofi permainannya yang fokus dalam passing  atau gaya sepak bola yang sering disebut sebagai Tiki-Taka.

Dengan kemampuannya dia berhasil menjuarai berbagai piala antara lain menjuarai Bundeliga 2013/2014 dan 2014/2015, DFB Pokal 2013/2014, UEFA Super Cup 2013 dan FIFA World Cup 2013.

Image result for gelar guardiola city bayern

source: sports.detik.com

Dan sekarang dia sudah merantau kembali ke tempat yang menurutnya menantang yaitu Premier League bersama Manchester City. Meskipun pada awal musim 2015/2016 dan 2016/2017 dia harus mengakui kekuatan Leicester City dan Chelsea yang kala itu keluar sebagai juara, tetapi musim ini dia sudah mengubah Manchester City sebagai tim yang haus akan gelar juara dengan melihat catatan kemenangan beruntun.

Musim 2017/2018 sudah memasuki pertengah musim dan kita belum tahu kejutan apalagi yang akan diberikan Pep, apakah dia berhasil menjuarai piala Liga Inggris dan mengalahkan rivalnya Jose Mourinho? Kita pastikan saja nanti ketika akhir musim siapa yang akan menjuarai piala Liga Inggris. Nah, Masih banyak lagi kisah bola yang dapat kamu lihat tiap minggunya dan bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post