Gejala Seseorang Menderita Bipolar
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Gejala Seseorang Menderita Bipolar

Gejala Seseorang Menderita Bipolar

Bipolar merupakan kondisi di mana seseorang mengalami perubahan mood atau suasana hati secara drastis. Sebagai contoh, seseorang yang tadinya merasa bahagia dan senang selang beberapa jam kemudian merasa sedih dan depresi.

Nama lain dari bipolar adalah manik depresif. Karena itu, gejala  muncul pada penderita ini akan tergantung kepada suasana hati yang dia alami. Seperti contoh kasus yang masih hangat yakni seorang wanita melakukan tabrak lari dengan mobil SUV yang terjadi di daerah Senayan, Jakarta pada Selasa (21/11) lalu, di mana sang pengendara diduga menderita bipolar.

Bipolar terdiri dari dua tipe gejala yaitu gejala fase mania dan gejala fase depresi. Fase mania biasanya ditandai dengan secara signifikan naiknya suasana hati seseorang hingga merasa gembira dan sangat semangat. Bicara mereka juga akan sangat cepat dan mendadak mempunyai ide-ide yang sangat rumit.

Kebalikan dari fase mania, fase depresi merupakan penurunan secara drastis suasana hati seseorang sehingga merasa sangat sedih bahkan dikhawatirkan menyebabkan seseorang menyakiti dirinya sendiri atau bahkan bunuh diri. Berikut gejala-gejala lain dari orang yang mengindap bipolar:

1. Terlalu Banyak Muncul Ide

Penderita bipolar akan memikirkan banyak sekali ide yang saking terlalu banyaknya hingga tidak bisa mereka kontrol. Namun mereka tidak akan mengakui ataupun mengetahui bahwa mereka tidak bisa mengontrol pemikiran mereka tersebut. Fase ini disebut fase manic (mania).

2. Tidak Dapat Menyelesaikan Banyak Hal

Biasanya penderita bipolar mempunyai banyak sekali ide yang mereka rencanakan dan langsung mereka kerjakan. Namun pada saat memulai proyek tersebut, mereka kesulitan untuk menyelesaikannya karena mood yang naik turun secara drastis sehingga membuat pekerjaan jadi menumpuk. Hal ini disebut fase hypomania.

3. Terlalu Mudah Terluka

Hal ini yang bisa menggangu hubungan relasi antar teman satu kantor. Karena disaat mereka terluka akan suatu hal maka si penderita akan merasa terluka sepanjang hari dan tidak bisa mengendalikannya.

4. Banyak Bicara

Mungkin terdengar aneh karena banyak orang yang memang suka banyak bicara. Tapi khusus untuk seseorang yang mengalami bipolar maka dia akan berbicara tanpa arah yang jelas. Biasanya ketika dia berbicara tentang topik A, di tengah pembicaraan dia akan membahas topik B. Dan jangan menyelak pembicaraan ketika mereka berbicara karena dia akan menghentikan anda berbicara dan melanjutkan pembicaraannya.

5. Bermasalah Dalam Pekerjaan

Menyambung dengan poin kedua tadi, naik turunnyan mood ketika dia dalam fase manic tentu akan menghilangkan produktivitasnya dalam bekerja. Selain karena memburuknya hubungan antar rekan kerja di kantor, dengan mood yang naik turun juga bisa mengganggu suasana kantor. Namun tinggi-rendahnya tingkat masalah dalam pekerjaan personal tergantung dari sejauh mana hal ini telah mengganggu kehidupan penderita secara pribadi.

6. Ketergantungan Alkohol

Sering kali orang yang terkena bipolar akan ketergantungan alkohol karena dengan alkohol bisa menimbulkan efek yang berbeda-beda. Jika dalam fase manic dengan minum alkohol akan membuat dirinya lebih kalem dan tidak terlalu mengebu-gebu, tapi kalau dalam fase depresi dia akan dibuat seolah-olah alkohol dapat menyelesaikan semua masalahnya.

7. Gangguan Tidur

Dalam fase depresi biasanya penderita bipolar akan lebih banyak tidur, tetapi berbeda dengan fase manic karena mereka akan tidur lebih sedikit tapi mereka tidak menyadarinya. Disarankan bagi penderita bipolar untuk dapat mengatur waktu istirahatnya agar tidak mengganggu kesehatannya.

Itulah beberapa gejala dari orang yang mengidap bipolar. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal tentang bipolar. Masih banyak lagi tips, artikel dan informasi yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

 

Related Post