Cara Baik Mendidik Anak untuk Para Ibu Generasi Millenial
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Cara Baik Mendidik Anak untuk Para Ibu Generasi Millenial

Cara Baik Mendidik Anak untuk Para Ibu Generasi Millenial

Senang rasanya jika kita melihat anak kecil yang sedang bermain. Mereka terlihat lucu dan menggemaskan, apalagi dengan tingkah laku khas anak-anak yang sangat polos membuat kita tertawa.

Begitu juga jika kamu yang sudah menikah dan memiliki anak pasti mempunyai kenikmatan tersendiri ketika melihat anak kamu tumbuh berkembang. Pada hari anak internasional ini, Kurio akan memberikan tips bagaimana cara baik mendidik anak untuk kamu para ibu dari generasi millenials. Berikut ulasannya:

1. Jangan Ketergantungan Dengan Gadget

Jika kamu sedang mengurus anak coba fokus dengan anak kamu. Jangan memegang gadget jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak karena kebanyakan jika kamu sudah memegang gadget dan berselancar di dunia maya, maka fokus kamu akan teralihkan.

Jangan sia-siakan waktu bermain dengan anak untuk bermain media sosial di ponsel. Karena jika  kamu sibuk dengan gadget maka sang anak pun akan merasa tidak diperhatikanAkan sangat berbahaya jika kamu tidak mengawasi dengan benar anak kamu, mereka bisa saja mendadak menghilang karena berjalan-jalan tanpa kamu ketahui yang kelak akan kamu sesali.

2. Jangan Marahi Anak Jika Bandel

Pasti saat kita masih anak kecil pernah bandel. Faktor yang membuat seorang anak kecil bandel itu karena mereka penasaran akan suatu hal, untuk menarik perhatian kamu ataupun marah karena tidak dituruti kemauannya. Banyak orang tua, yang biasa mereka lakukan adalah memarahi anaknya padahal sebenarnya itu tidak baik untuk perkembangan anak.

Jika anak tumbuh di dalam lingkungan yang sering memarahinya, dia akan berkembang menjadi orang yang pemarah karena dia dibesarkan dengan cara jika berbuat salah harus dimarahi. Ada baiknya jika mereka bandel, kamu ajak anak tersebut ngomong baik-baik dan katakan bahwa apa yang dia lakukan itu salah dan tidak boleh.

Kalaupun kamu benar-benar marah dengan kenakalan anak kamu, cukup berikan mimik yang menunjukkan bahwa kamu marah. Pasti nanti dengan sendirinya mereka mengerti kalau kamu sedang marah.

3. Jangan Membenarkan Jika Berbuat Salah

Image result for anak bandel

Jika anak berbuat salah, tanyakan terlebih dahulu apa alasan berbuat seperti itu. Edukasi anak kamu bahwa apa yang dia perbuat itu salah dan berikan solusi apa yang seharusnya dia perbuat dalam situasi seperti itu.

Dengan melakukan hal itu, maka anak kamu akan belajar dengan sendirinya bahwa apa yang dia perbuat itu salah dan dari hal tersebut kamu bisa menasihati tanpa memarahi. Nantinya anak kamu tidak akan melakukan hal yang sama.

4. Membaca Bareng Anak

Seperti yang kita tahu bahwa kesadaran warga Indonesia dalam membaca buku sangat kurang, sehingga jika kamu ingin memperbaiki generasi muda Indonesia mulailah dengan mendekatkan anak kamu dengan buku.

Buat mereka senang membaca meskipun hanya buku dongeng. Temani saat membaca dan minta mereka ceritakan ke kamu apa yang baca sehingga membuat anak kamu antusias bercerita tentang hal yang baru saja dia ketahui dari membaca.

Jika anak kamu belum bisa membaca, ajaklah untuk memegang buku bergambar karena biasanya anak akan lebih tertarik dengan buku bergambar dan berwarna-warni. Bacakan buku tersebut untuk anak kamu sehingga mereka dengan antusias mendengar cerita kamu. Berawal dari sana mereka akan penasaran untuk mencoba membaca sendiri.

5. Ajak Anak Kamu Mengikuti Aktifitas Kamu

Image result for baca bareng anak

Jika kamu seorang ibu rumah tangga, ajak anak kamu ikut berpartisipasi dalam kegiatan kamu di rumah. Karena namanya anak kecil, mereka pasti selalu penasaran dengan apa yang kamu lakukan sehari-hari.

Mulailah dengan hal yang kecil misalkan jika kamu sedang mencuci piring, ajaklah anak kamu untuk mengelap piring-piring yang sudah kamu cuci. Berikan sedikit penghargaan baik berupa makanan kecil maupun ciuman hangat untuk dia karena sudah membantu pekerjaan kamu sehingga mereka semakin semangat.

6. Jangan Pernah Bosan Untuk Menjawab Pertanyaan

Image result for jawab pertanyaan anak

Anak kecil identik dengan pertanyaan diajukan bertubi-tubi ke kamu sebagai orang tua, dan di sini kesabaran kamu diuji untuk dapat menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan. Jika kamu tidak mengetahui jawabannya, ajak dia untuk mencari tahu jawaban bersama-sama. Bisa juga minta waktu kepada anak kamu untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan pastikan kamu menepati janji karena anak pasti akan terus menagih.

7. Batasi Penggunaan Gadget

Image result for anak main handphone

Anak kecil dengan umur  5-10 tahun mereka masih penasaran dengan segala hal yang ada di sekelilingnya. Umur di mana mereka sangat suka bermain dan hal yang dipikirkan hanyalah bermain.  Sedangkan jika kita membiarkan anak kita terus-terusan menggunakan gadget, ilmu mereka untuk bersosialisasi dengan anak sepantarannya akan terhambat.

Bukan berarti sang anak tidak boleh belajar menggunakan gadget tapi batasi waktu penggunaannya. Biarkan mereka bermain dengan teman-temannya karena bagi anak kecil, bermain merupakan jalan lain dari belajar. Bimbinglah anak kamu saat menggunakan gadget agar dapat menggunakan sesuai kebutuhan dan umurnya.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu menjadi orang tua yang lebih baik untuk anak-anak kamu. Karena anak merupakan titipan Tuhan yang harus kita jaga dan kita rawat sehingga menjadi orang berguna kelak dewasa. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post